Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan II KELAS KATA DAN FRASE Matakuliah: G0012/BAHASA INDONESIA Tahun: 2004 Versi: 01/01.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan II KELAS KATA DAN FRASE Matakuliah: G0012/BAHASA INDONESIA Tahun: 2004 Versi: 01/01."— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan II KELAS KATA DAN FRASE Matakuliah: G0012/BAHASA INDONESIA Tahun: 2004 Versi: 01/01

2 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Menjelaskan kelas kata dan frase dan memberikan contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat  C 2

3 3 GARIS BESAR MATERI IPendahuluan 1.1. Tujuan Pembelajaran 1.2.Garis Besar Materi II Kelas Kata dan Frasa 2.1.Kelas Kata beserta contoh 2.2Pertindihan Kelas 2.3 Frasa beserta Contoh IIIKata-kata Baku X Kata-kata Sehari-hari 3.1. (Awalan "nge-" dan Akhiran "-in"—Lie Charlie) 3.2.Entri baru Bahasa Indonesia di era teknologi komunikasi IVTugas 4.1. Mencermati Frasa Numeralia 4.2. Membaca Kata Keterangan 4.3.Menentukan Frasa Kerja

4 4 IIKELAS KATA DAN FRASA 2.1. Kelas Kata Menurut Harimurti Kridalaksana, pembagian kelas dalam Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut: -Verba (Kata Kerja)- Ajektiva (Kata Sifat), -Nomina (Kata Benda)- Pronomina (Kata Ganti) -Numeralia (Kata Bilangan)- Adverbia (Kata Keterangan) -Interogativa (Kata Tanya)- Demonstrativa (Kata Tunjuk), -Artikula (Kata Sandang)- Preposisi (Kata Depan) -Konjungsi (Kata Sambung)- Kategori Fatis -Interjeksi (Kata Seru)

5 5 IIKELAS KATA DAN FRASA Contoh Kelas Kata Verba (Kata kerja): menulis, melukis, Ajektiva (Kata sifat): ayu, anggun, senyap Nomina (Kata Benda): kursi, rumah, motor Pronomina (Kata Ganti): aku, kamu, kita, dia, mereka Numeralia (kata bilangan): satu, sebelas, dua ribu, Adverbia (kata keterangan): tadi, besok Interogativa (Kata Tanya): apa, kapan Demonstrativa (Kata Tunjuk): Ini, itu, Artikula (Kata sandang): si, sang, para Preposisi (Kata Depan): di, pada, dari Konjungsi (Kata hubung): tetapi, karena Kategori Fatis: dalam ragam percakapan untuk menegaskan, mengukuhkan, percakapan Interjeksi (kata seru) : aduh, aduhai,

6 6 IIKELAS KATA DAN FRASA 2.2 Pertindihan Kelas Kata “mati” dalam satu kalimat bisa termasuk kelas kata benda, namun dalam kalimat lain bisa dikategorikan kelas kata kerja. 1. Ayam Mang Diman kemarin mati. (verba intransitif) 2. Mati bukan akhir segalanya. (nomina) 3. Itu harga mati. (verba intransitif)

7 7 IIKELAS KATA DAN FRASA 2.3. Kelas Frasa Frasa verbal: berjalan cepat Frasa ajektival: alangkah merdu Frasa nominal: banyak kesulitan Frasa pronominal: mereka semua Frasa numeralia: tiga belas Frasa interogativa: apa dan siapa Frasa demonstrativa: sini sana Frasa preposisional: dari, ke dan oleh

8 8 III KATA-KATA BARU X KATA-KATA BAKU 3.1. Bacalah kedua artikel berikut ini: a. Awalan "nge-" dan Akhiran "-in“ oleh Lie Charlie dalam: 12.htm b.Gapapa Klo Blom Tau oleh André Möller dalam: cetak/0506/18/Bahasa/ htm 3.2. Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut: -Apa pendapat Anda atas usulan untuk membakukan entri baru seperti yang selama sering dipakai dalam komunikasi di telepon selular maupun internet? Lebih praktis dan lebih hemat kata? -Bagaimana dengan entri-entri pengaruh dialek daerah: misalnya ngebetulin, ngerecokin? Perlukah mereka juga dibakukan?

9 9 IVTUGAS 4.1. Bacalah artikel berikut dan carilah frasa numeralia dalam paragraf ke /31/ htm

10 10 IVTUGAS 4.2. Kata/frasa yang dicetak tebal termasuk kelas kata/frasa apa: “Sungguh tidak mengerti. Mengapa bencana yang begitu besar memukul suku bangsa yang paling saya hormati,” kata Pramoedya Ananta Toer....“Aceh adalah suku bangsa pertama yang menyambut kemerdekaan republik Indonesia. Bukan hanya menyambut, tapi membelikan hadiah pesawat Dakota. Aceh tidak pernah kalah oleh siapa pun. Belanda mengakuinya. Orang-orang Aceh punya keberanian individu. Lainnya hanya pintar tawuran, keroyokan saja.” (Mendengarkan Pramoedya, Eka Budianta, hal 1)

11 11 IVTUGAS 4.3. Garisbawahilah frasa kerja dalam paragraf berikut: Itulah perubahan baik di Indonesia. Selama pemerintahan militer, rakyat tidak suka membaca. Takut. Beberapa kali terjadi, orang membaca bisa masuk penjar. Seorang karywan universitas di Yogya, divonis delapan tahun penjara ketika ketahuan mengadakan diskusi buku BUMI MANUSIA. Berkali-kali, pada masa Orde Baru koran dan majalah dilarang terbit: tak boleh ditulis, tak boleh dicetak, tak boleh dibaca. Buku-buku Pramoedya juga dilarang beredar dan dilarang dibaca. Padahal di negara lain menjadi bacaan wajib, karena kebenaran dan keindahnnya. (Mendengarkan Pramoedya, Eka Budianta, hal 5)

12 12 Penutup … Kelas kata adalah salah satu aspek tata bahasa Indonesia yang sentral. …Bila ingin memahami tata bahasa Indonesia-mau tidak mau – orang harus memahami terlebih dahulu kelas kata dalam bahasa Indonesia. (Harimurti Kridalaksana, Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia)


Download ppt "1 Pertemuan II KELAS KATA DAN FRASE Matakuliah: G0012/BAHASA INDONESIA Tahun: 2004 Versi: 01/01."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google