Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemilihan rute perjalanan (traffic assignment) Waktu perjalanan: 1 – (1-j)y t = t 0. 1 – y dengan t 0 = waktu perjalanan pada saat arus lalulintas sepi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemilihan rute perjalanan (traffic assignment) Waktu perjalanan: 1 – (1-j)y t = t 0. 1 – y dengan t 0 = waktu perjalanan pada saat arus lalulintas sepi."— Transcript presentasi:

1 Pemilihan rute perjalanan (traffic assignment) Waktu perjalanan: 1 – (1-j)y t = t 0. 1 – y dengan t 0 = waktu perjalanan pada saat arus lalulintas sepi (mendekati 0) j = parameter tingkat pelayanan, berhubungan dengan perubahan waktu perjalanan karena perubahan arus, tergantung: arus yang terjadi tercampur atau seragam y = derajat jenuh (Q/C)

2 Antara dua alternatif jalan Dengan metoda keseimbangan: jalan dengan waktu tercepat akan dipilih lebih dulu, akan tetapi jika arus lalulintas sudah semakin tinggi, sehingga waktu perjalanan bertambah, maka akan mulai dipilih rute alternatif, sehingga waktu perjalanan keduanya sama. Jika salah satu alternatif jalan tol: seberapa jauh nilai waktu para pemakai jalan tersebut.

3 Parameter tingkat pelayanan jalan Tergantung jenis arus lalulintas Arus tercampur: ada becak, andong, sepeda: j sekitar 0,9 ke atas Arus agak tercampur, ada sedikit kendaraan lambat: j sekitar 0,7 -0,8 Tidak ada kendaraan lambat, tetapi terdiri dari berbagai jenis kendaraan yang berbeda-beda kecepatannya: j sekitar 0,5 Arus seragam, di jalan tol: j sekitar 0,3

4 Contoh soal Ada dua alternatif untuk melakukan perjalanan dari A ke B. Alternatif 1, dengan: -Waktu perjalanan pada saat sepi = 24 menit -Kapasitas jalan untuk arah A ke B: 3000 kendaraan/jam -Parameter tingkat pelayanan: 0,3 Alternatif 2, dengan: -Waktu perjalanan pada saat sepi: 40 menit -Kapasitas jalan untuk arah A ke B: 2000 kendaraan/jam -Paremeter tingkat pelayanan: 1,0 Jika ada arus sebesar 3500 kendaraan/jam dari A ke B, hitung pembagian arus yang melalui alternatif 1 dan 2 dengan metoda keseimbangan.


Download ppt "Pemilihan rute perjalanan (traffic assignment) Waktu perjalanan: 1 – (1-j)y t = t 0. 1 – y dengan t 0 = waktu perjalanan pada saat arus lalulintas sepi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google