Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM 2013 BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM 2013 BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN."— Transcript presentasi:

1 PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM 2013 BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2014

2 KOMPETENSI DAN INDIKATOR 1. Mampu menyusun RPL sesuai dengan kaidah-kaidah BK Merumuskan tujuan pelayanan BK secara operasional sesuai dengan materi dan jenis layanan yang digunakan. Mengembangkan materi pelayanan BK yang bermakna bagi peserta didik 2. Mampu melaksanakan layanan BK  Menyelenggarakan pelayanan BK sesuai tahapan kegiatan layanan yang dilakukan. Memilih dan mengembangkan sumber, bahan dan alat yang digunakan. 3.Mampu melaksanakan penilaian layanan BK Menyusun instrumen penilaian proses dan hasil pelayanan BK Melakukan penilaian pelayanan BK.

3 SKENARIO PEMBELAJARAN Paparan tentang tahapan pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling (persiapan, pelaksanaan, dan penilaian). Brainstorming tentang komponen, bentuk dan cara penyusun RPL. Berlatih menyusun RPL (merumuskan tujuan, menulliskan materi, menyusun langkah kegiatan, menyediakan sumber, bahan dan alat, serta menyusun instrumen penilaian) Presentasi hasil kerja kelompok Kesimpulan materi perencanaan layanan bimbingan dan konseling

4 PERSIAPAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

5 PENYUSUNAN RPL RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) Berisi informasi/gambaran kegiatan layanan yang akan dilakukan. Disusun sebelum kegiatan dilakukan. Disusun pada setiap kegiatan layanan yang dilakukan. Dijadikan acuan dalam pelaksanaan pelayanan.

6 Komponen Minimal RPL Tujuan Materi Kegiatan Sumber, bahan, dan alat Penilaian

7 Bagaimana Format RPL yang disusun selama ini ?

8 PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

9 BK Pola 17 Plus 4 bidang bimbingan : pribadi, sosial, belajar, karir. 10 jenis kegiatan layanan :orientasi, informasi, penempatan/ penyaluran, konseling perorangan, konseling kelompok, bimbingan kelompok, penguasaan konten, konsultasi dan mediasi, dan advokasi. 6 jenis kegiatan pendukung : aplikasi dan instrumentasi BK, konferensi kasus, himpunan data, kunjungan rumah, alih tangan, dan tampilan kepustakaan

10 BK Komprehensif A.Pelayanan Dasar B.Pelayanan Responsif C.Pelayanan Perencanaan individu D.Dukungan sistem

11 A. Pelayanan Dasar Pelayanan untuk seluruh siswa secara klasikal/kelompok, terjadwal yg menyangkut pengembangan pribadi, belajar, sosial dan karir Jadi sifatnya pemberian informasi, pengembangan diri, dan sebagainya.

12 B. Pelayanan Responsif Pelayanan terhadap siswa yang membutuhkan bantuan atau bermasalah. Jadi sifatnya insidental dan kuratif. Meskipun demikian tetap harus direncanakan dalam program. Ex; Konseling perorangan, konsultasi, alih tangan, dsb.

13 C. Perencanaan Individual Membantu siswa merencanakan masa depan. Memahami kelebihan dan kekurangan. Memahami tentang dunia karir,

14 D. Dukungan Sistem Berbagai kegiatan yang dilakukan guru untuk menunjang program BK Sarana dan prasarana yang menunjang demi kelancaran program Untuk lebih konkrit dapat dilihat implementasi program

15 PENILAIAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

16 16 PENGERTIAN - PENGERTIAN  Pengukuran adalah kegiatan yang sistematik untuk menentukan angka pada objek atau gejala  Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar  Evaluasi adalah penentuan nilai suatu program dan penentuan pencapaian tujuan suatu program

17 17 PENILAIAN Proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar”. Dengan penilaian ini dapat diketahui sejauh mana keberhasilan pelayanan bimbingan dan konseling yang diberikan dan dapat ditetapkan langkah-langkah tindak lanjut untuk memperbaiki dan mengembangkan program selanjutnya.

18 18 TUJUAN PENILAIAN Untuk mengetahui atau memperoleh gambaran tentang keefektifan dan efisiensi dari kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh Guru BK/Konselor. Hasil penilaian merupakan usaha, tindakan atau proses untuk menentukan derajat kualitas kemajuan kegiatan pelaksanaan program bimbingan dan konseling.

19 19 PRINSIP PENILAIAN 1.Sahih 2.Objektif 3.Adil 4.Terpadu 5.Terbuka 6.Menyeluruh dan Berkesinambungan 7.Sistematis 8.Beracuan Kriteria 9.Akuntabel

20 20 JENIS PENILAIAN Penilaian proses dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan layanan bimbingan dan konseling ditinjau dari prosesnya Penilaian hasil dimaksudkan untuk memperoleh informasi keefektifan layanan bimbingan dan konseling ditinjau dari hasilnya.

21 Penilaian proses dilakukan melalui analisis terhadap keterlibatan unsur- unsur sebagaimana tercantum di dalam RPL (SATLAN dan SATKUNG), untuk mengetahui efektifitas dan efesiensi pelaksanaan kegiatan. Penilaian Proses

22 PENILAIAN HASIL 1.Penilaian pelayanan konseling adalah usaha untuk mengetahui bagaimana pemahaman, perasaan, dan kegiatan yang akan dilakukan klien setelah mendapat layanan konseling 2.Penilaian hasil kegiatan pelayanan konseling dilakukan penilaian segera, penilaian jangka pendek, dan penilaian jangka panjang.

23 PENILAIAN SEGERA Penilaian pada akhir setiap jenis layanan dan kegiatan pendukung untuk mengetahui perolehan peserta didik yang dilayani.

24 Fokus penilaian segera diarahkan kepada diperolehnya informasi dan pemahaman baru (understanding), dicapaianya keringanan beban perasaan (comfort), dan direncanakannya kegiatan pasca konseling dalam rangka perwujudan upaya pengentasan masalah klien (action).

25 Penilaian Jangka Pendek Penilaian dalam waktu tertentu (satu minggu sampai dengan satu bulan) setelah satu jenis layanan dan atau kegiatan pendukung diselenggarakan untuk mengetahui dampak layanan/kegiatan terhadap peserta didik.

26 Penilaian Jangka Panjang Penilaian dalam waktu tertentu (satu bulan sampai dengan satu semester) setelah satu atau beberapa layanan dan kegiatan pendukung diselenggarakan untuk mengetahui lebih jauh dampak layanan dan atau kegiatan pendukung terhadap pe-serta didik.

27

28 TUGAS Mengerjakan LK 2.2 Diskusi kelompok menyusun RPL


Download ppt "PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM 2013 BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google