Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERADABAN AWAL INDONESIA DAN DUNIA A. Peradaban Awal Indonesia B. Peradaban Awal Eropa C. Peradaban Awal Asia Afrika D. Peradaban Awal Amerika Kompetensi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERADABAN AWAL INDONESIA DAN DUNIA A. Peradaban Awal Indonesia B. Peradaban Awal Eropa C. Peradaban Awal Asia Afrika D. Peradaban Awal Amerika Kompetensi."— Transcript presentasi:

1 PERADABAN AWAL INDONESIA DAN DUNIA A. Peradaban Awal Indonesia B. Peradaban Awal Eropa C. Peradaban Awal Asia Afrika D. Peradaban Awal Amerika Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran

2 Kompetensi Dasar: Menganalisis keterkaitan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan dan sosial Menyajikan hasil analisis peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, dalam berbagai bentuk presentasi. Tujuan Pembelajaran: 1.Menganalisis perbandingan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan dan sosial. 2.Menyajikan hasil analisis perbandingan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan dan sosial, dalam bentuk presentasi.

3 A.Peradaban Awal Indonesia Ahli sejarah kebudayaan J.L.A Brandes, menyatakan bahwa penduduj Asia Tenggara daratan atau kepulauan umumnya Indonesia teleh memiliki 10 kepandaian yang meluas di awal tarikh Masehi sebelum datangnya pengaruh asing, yaitu sebagai berikut: 1.Telah dapat membuat figur boneka (seni arca) 2.Mengembangkan seni hias ornamen (seni batik) 3.Mengenal pengecoran logam 4.Melaksanakan perdagangan barter 5.Mengenal instrumen musik (gamelan) 6.Memahami astronomi 7.Menguasai teknik navigasi dan pelayaran 8.Menggunakan tradisi lesan dalam menyampaikan pengetahuan (seni wayang) 9.Menguasai teknik irigasi 10.Telah mengenal tata masyarakat yang teratur (sistem tata kota mocopat)

4 1.Perkembangan teknologi Melalui akal pikiran manusia menciptakan alat-alat untuk bertahan hidup, teknologi untuk keperluan praktis. Pada tingkat berikutnya teknologi juga merupakan ekspresi dari rasa keindahan, rasa keterkaitan kepada alam, dan ekspresi kegiatan kerokhanian yang terkait dengan kepercayaan. Pada mulanya teknologi sangat sederhana yang kemudian menjadi cikal bakal perkembangan teknologi hingga dewasa ini. a.Teknologi Peralatan Hidup Masa berburu: tradisi serpih bilah, tradisi alat tulang dan tradisi kapak genggam Sumatera dan persebarannya meliputi P. Sumatera, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua. Masa bercocok tanam (berkembang pesat): teknologi menggosok dan mengasah, mengolah bijih logam (bivalve dan a cire perdue). Benda-benda besi yang banyak ditemukan di Indonesia: mata kapak, mata pisau, mata sabit, bajak, mata panah, gelang besi dan sebagainya, b.Teknologi Pelayaran Nenek moyang bangsa Indonesia dikenal pandai mengarungi laut, memiliki kepandaian berlayar, banyak kita jumpai lukisan perahu pada goa di Sulawesi Tenggara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, juga di relief candi Borobudur.

5 Perahu nenek moyang kita adalah perahu bercadik, juga disebut dug-out canoe atau perahu lesung, pembuatnya memerlukan keahlian. Perkembangan berikutnya teknik pembuatan perahu papan dengan menggunakan teknik ikat, dan pasak. 2.Kepercayaan Penguburan, terbukti penguburan dan lukisan di dinding gua. Di gua Keplek, Gunung Sewu, Yogyakarta, penguburan terlipat (flexed) berasal dari masa Mesolithikum, dan di gua Braholo berasal dari masa awal neolithikum, penguburan membujur (extended). Penguburan dengan upacara tertentu ditemukan di tepi Timur Selat Malaka, di Gua Kepah, Sumatera Utara. Penguburan dengan bekal keperluan sehari-hari dijumpai di Gua Lawa, Sampung dan Gua Sodong, Jawa Timur dan di Bukit Karang, Sumatera Utara. Cap tangan dengan latar belakang cat merah mengandung arti lambang kekuatan untuk mencegah roh jahat. Cap tangan dengan jari tidak lengkap dianggap sebagai tanda berkabung. Masa bercocok tanam kepercayaan akan adanya kehidupan sesudah kematian semakin menonjol. Penguburan orang terkemuka di masyarakat dibekali dengan berbagai macam benda keperluan sehari-hari, seperti perhiasan dan periuk, ditemukan di kubur peti batu Kuningan, Jakarta, dan di Anyer, Plawanan, Melolo, lambanapu serta di Gilimanuk, Bali.

6 3.Perkembangan Kehidupan Kemasyarakatan dan Pemerintaha Masa berburu dan mengumpulkan makanan manusia purba berkelompok 10 sampai 15 orang. Besar kecilnya kelompok ditentukan oleh luasnya daerah yang dipergunakan untuk berburu dan mengumpulkan makanan. Alam masih ganasan dan labil, kira-kira ada 500 Pithecanthropus yang hidup. Kegiatan sosial pada malam hari mulai ada setelah ditemukannya api, untuk penerangan, penghangat, pengusir serangga atau binatang buas. Bahasa yang digunakan berupa bahasa isarat, kemampuan berbahasa lebih komplek baru dapat dilakukan oleh Homo sapiens. Masa bercocok tanam, mulai hidup menetap dalam perkampungan, di rumah- rumah yang sangat sdrhana. Ciri-ciri manusia yang hidup di Indonesia Barat ras Mongoloid, di Indonesia Timur ras Austromelanesoid. Sudah dikenal hidup dalam perkampungan semacam padukuhan, sistem ekonomi mulai berkembang, kepemilikan tanah merupakan faktor penting sistem ekonomi masyarakat pertanian. Gotong royong merupakan hal yang penting, menebang hutan, membakar semak, menanam benih, memetik hasil panen dan mnangkap ikan. Masa bercocok tanam mulai ada pemimpin, dipilih dari orang yang memiliki kelebihan khusus, tokoh yang paling berwibawa, disegani dan dihormati, disbut primus inter pares.

7 4.Pertanian Gejala bercocok tanam dimulai sjak 6000 tahun sebelum masehi, terkait dengan peralatan berupa gerabah berfungsi sebagai wadah untuk memasak hgasil tanaman. Di Gua Maros, Sulawesi Selatan, ditemukan sisa-sisa butir padi dan sekam dari kurun waktu 2160 – 1700 SM. Ditemukan bukti-bukti penanaman kacang- kacangan, serealia, juwawut dan padi gaga. Bercocok tanam dengan sistem berhuma, yaitu menanam dengan cara berpindah-pindah sesuai kesuburan tanah hutan. Untuk tanaman yang membutuhkan air dibuat pematang, di pegunungan dibuat sawah berundag (terasering) yang dilengkapi dengan irigasi. Bercocok tanam bersawah dilakukan pada masa perundagian, ditemukan alat-alat bercocok tanam mata bajak, sabit dan pengaturan air. Hasil pertanian disimpan untuk musim kering dan untuk diperdagangkan. Perdagangan dilakukan dengan cara barter, komuditas perdagangan seperti rempah-rempah, berbagai jenis kayu, dan hasil bumi lainnya.

8 5.Ilmu Pengetahuan a.Astronomi Masyarakat praaksara Indonesia telah memanfaatkan angin muson untuk pelayaran dan perdagangan (angin muson barat daya dan angin muson timur laut) Bintang Biduk Selatan dan bintang Pari untuk menunjukan arah Selatan, sedang bintang Biduk Utara untuk menunjukan arah Utara. Kehadiran Lintang Waluku timur sesudah matahari terbenam menandakan mulainya musim tanam, dan kehadiran Lintang Waluku di Barat setelah terbenamnya matahari tibanya musim kemarau. a.Ilmu Ukur (Geometri) Geo: bumi, mecro: ukuran, berarti ukuran bumi. Geometri ilmu yang membahas tentang hubungan antara titik, garis, sudut, bidang dan bangun-bangun ruang. Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, bilangan, besaran dan ilmu ukur menjadi bagian sehari-hari dan berkembang tahap demi tahap. Pada masa bercocok tanam sudah membuat variasi-variasi bieliung dengan penampang lintangnya dalam bentuk segi tiga, segi lima, setengah lingkaran.

9 Pada masa perundagian, ilmu ukur semakin banyak digunakan, manusia sudah membuat peralatan dari logam dengan berbagai ukuran dan bentuk seperti nekara, moko dan bejana. Ragam hias geometri: 1.Pola tangga (ladder), berupa garis sejajar horizontal 2.Lingkar tangen, lingkaran kecil dengan miring untuk menyambung dengan lingkaran berikutnya. 3.Meander, garis miring yang kadang-kadang disetilir sedemikian rupa sehingga sulit dikenali bentuk aslinya. Ragam hias geometri diteruskan hingga sekaran, tampak pada ragam his motif batik, baik motif geometris maupun non geometris. 1.Motif geometris (unsur ilmu ukur), antara lain: motif kawung, motif tumpul, motif lereng, motif pilin, motif swastika, motif ceplokan. 2.Motif non geometris, terdiri motif tumbuhan: bunga, daun, pohon dan binatang: naga, burung, kupu-kupu, dan garuda.

10 Uji Kompetensi: 1.Apa yang dimaksud primus interpares dan bagaimana pelaksanaan di Nusantara pada masa Praaksara? 2.Apa bukti-bukti yang menunjukan bahwa masyarakat Praaksara di Indonesia telah mengenal ilmu pengetahuan? 3.Kapan masyarakat Praaksara di Indonesia mengenal sistem barter? 4.Jelaskan bukti-bukti masyarakat Praaksara telah mengenal teknologi pelayaran!

11 B.Peradaban Awal Eropa Di Eropa terdapat dua peradaban awal atau peradaban kuno yaitu Yunani dan Romawi. 1.Peradaban Kuno Yunani Wilayah Yunani terdiri dari beberapa kepulauan di Laut Aegea dan Laut Ionia, di Selatan Semenanjng Balkandi Benua Eropa. a.Bangsa Yunani berasal dari bangsa Indo Jerman (Hellasi dan Hellena), yang terdiri dari suku: 1)Bangsa Doria menempati Jazirah Peloponesos yang beribu kota di Sparta. 2)Bangsa Ionia menempati Jazirah Attica yang beribu Kota di Delphi. 3)Bangsa Aeolia menempati Yunani Utara beribu kota di Olimpia. Kebudayaan yang dikembangkan bangsa Yunani adalah kebudayaan Hellas, yaitu percampuran kebudayaan di Pulau Kreta dan Mycena.

12 Bangsa Yunani hidup terpecah-pecah dalam beberapa polis atau negara kota, ini disebabkan: 1.Wilayah Yunani pegunungan, sehingga menyulitkan tranportasi dan komunikasi 2.Bangsa Yunani terbawa oleh kebiasaan bangsa Hellas yang suka hidup mengelompok dan mengembara. Bangsa Yunani memiliki rasa persatuan yang kuat sebagai bangsa, karena: 1.Adanya kesatuan bahasa yaitu bahasa Yunani 2.Sama-sama memuja dewa Zeus, sebagai dewa tertinggi 3.Adanya olimpiade, empat tahun sekali, sebagai penghormatan dewa Zeus. 4.Memiliki ceritera kepahlawanan karya Homerus yang berjudul Illiad dan Odysscy. 5.Ada Kesatuan upacara nujum yang terkenal di Delphia

13 b. Peradaban Pulau Kereta Peradaban Yunani dimulai dari Pulau Kereta, di perairan laut Tengah bagian Timur. Sumber peradaban Pulau Kereta diperoleh dari buku karya Homerus yang berjudul Illyas dan Odyssea, dan hasil penggalian sisa bangunan kota kuno di Knosos. Masyarakat Pulau Kereta sudah mengenal tulisan Minos, nama ini berasal dari nama raja besar yaitu raja Minos. Pada abad 15 SM Kerajaan Kereta mengalami kemunduran dan runtu, karena faktor-faktor berikut: 1)Kemunduran perdagangan di Pulau Kereta akibat lepasnya daerah koloni perdagangan 2)Tumbuh baerkembangnya kerajaan Mycena di Romawi ( 1400 SWM), semula koloni Kreta 3)Adanya gempa bumi yang dahsyat 4)Gelombang penyerbuan bangsa Hellas (Indo German)

14 c.Kerajaan Mycena dan Perang Kroya Kehancuran Kerajaan Kreta berakibat pusat perdagangan berpindah ke Kerajaan Mycena dengan pusat perdagangan di Troya (daerah Asia Kecil), di Selat Hellepons, di pintu masuk ke Laut Tengah. Pada tahun 1180 SM, Troya diserbu bangsa Yunani. Perang Troya ini diabadikan oleh Homerus dalam bukunya dengan judul Illiad, yang menceritakan Putri Helena seorang permasuri Raja Menelaus dari Yunani yang dibawa lari Pangeran Paris dari Troya (24 buku dan sajak) d.Perang Yunani – Persia (492 – 448 SM) Raja Darius dari Persia berusaha memperluas kekuasaan ke polis-polis kecil di Yunani. Athena memberi bantuan pada polis-polis itu dan dianggap tantangan bagi Persia. Raja Darius wafat digantikan oleh Xarxes dan pada th 480 SM, Persia kembali menyerbu kembali dari darat dan laut. Sparta dipimpin Raja Leonidas tidak dapat membendungnya. Namun pasukan Yunani dari Athena dipimpin Temistokles berhasil menghancurkan angkatan laut

15 4.Kehancuran Kerajaan Kreta berakibat pusat perdagangan berpindah ke Kerajaan … a.Mycena Pada tahun 1180 SM, Troya diserbu bangsa Yunani. Perang Troya ini diabadikan oleh Homerus dalam bukunya dengan judul Illiad, yang menceritakan Putri Helena seorang permasuri Raja Menelaus dari Yunani yang dibawa lari Pangeran Paris dari Troya (24 buku dan sajak) Raja Darius dari Persia berusaha memperluas kekuasaan ke polis-polis kecil di Yunani. Athena memberi bantuan pada polis-polis itu dan dianggap tantangan bagi Persia. Raja Darius wafat digantikan oleh Xarxes dan pada th 480 SM, Persia kembali menyerbu kembali dari darat dan laut. Sparta dipimpin Raja Leonidas tidak dapat membendungnya. Namun pasukan Yunani dari Athena dipimpin Temistokles berhasil menghancurkan angkatan laut

16 Persia di Teluk Salamis, sehingga Xarxes dan pasukannya kembali ke Persia. Berkat ketangguhan dan persatuan pasukan Sparta-Ayhena sebagian pasukan Persia dapat dihancurkan di Palatae, sehingga polis-polis di Asia kecil terbebaskan dari kekuasaan Persia. Pada tahun 448 terjadi perdamaian antara Yunani dengan Persia. e.Sistem Pemerintaha 1)Stem Pemerintahan Sparta Pada tahun 625 SM, Lycurgus melakukan perubahan undang-undang sehingga pemerintahan menjadi disiplin militer yang ketet, sejak itu Sparta menjadi negara diktaktor militer. Ada dua orang raja yang berkuasa secara turun temurun. Dewan Ephor, merupakan dewan pelaksana pemerintahan yang terdiri dari 5 orang.

17 Eklasia, dewan perwakilan yang terdiri semua warga kota, bersidang setiap bulan purnama, bertugas menentukan perang, menyetujui rencana undang- undang dan memilih Dewan Ephor. Dewan Gerusia/ kaum tua, terdiri 28 orang berusia 60 tahun ke atas, dapat memveto keputusan Dewan Eklasia. 2)Sistem Pemerintahan Athena Solon (638 SM – 559 SM) dalam pemerintahan: a)Telah menjadikan Athena sebagi polis yang oligarki demokratis. b)Tahun 600 SM Solon mengeluarkan aturan rakyat dapat menjadi anggota dewan perwakilan c)Membagi-bagikan tanah untuk kaum miskin. Di Athena kekuasaan tertinggi ada pada 9 orang archon yang sitiap tahun diganti secara undian.

18 Athena mengalami kejayaan pada masa pemerintahan Pericles (460 SM), hampir seluruh wilayah Yunani menjadi kekuasaannya. f.Kesenian 1)Seni sastra Buku Iliad karya Homerus, menceritakan perang Troya Buku Oddyssus karya Homerus, mengisahkan pengembaraan Oddyssus dan kawan-kawannya setelah perang Troya. 2)Seni bangunan dan patung Kuil Parthenon, untuk menghormati dewi Athena. Kuil Zeus/ Altis, tempat pemujaan dewa Zeus. 3)Seni teater Pericles membangun tempat pertunjukan di lereng Acropolis dengan kapasitas penonton, pernah dipentaskan drama ciptaan Sophocles dan Arestophanes.

19 g.Filsafat dan Ilmu Pengetahuan 1)Ahli sejarah yaitu Herodotus (dianggap sebagai bapak ilmu sejarah) 2)Ahli kedoteran yaitu Hipocrates (dianggap sebagai bapak ilmu kedokteran) 3)Ahli Ilmu pengetahuan alam yaitu Archimedes (dianggap sebagai bapak ilmu pengetahuan alam) 4)Ahli matematika yaitu Phythagoras 5)Socrates, filsafat etika 6)Plato, filsafat idea 7)Aristoteles, ahli biologi dan ketatanegaraan 8)Thucydides, pelopor penulisan sejarah moderen menulis perang Peloponessus dengan Athena. 9)Archimedes, penemu hukum archimedes 10)Thale, ahli matematika dan astronomi 11)Homerus, ahli sastra kuno karyanya Ilias dan Odisea.

20 h.Sistem Religi Bangsa Yunani kepercayaannya politheisme. Dewa-dewanya : 1.Dewa Zeus (dewa tertinggi) 2.Dewa Apollo (dewa kesenian) 3.Aphrodite (dewa kecantikan) 4.Posiedon (dewa laut) 5.Aries (dewa perang) 6.Dewa Pallas Athena (dewi pengetahuan) 7.Dewa Hermes (dewa perdagangan) 8.Artemis (dewa perburuan) Para dewa bersemayam di Bukit Olympus, untuk menghormati dan memuja para dewa diadakan pertandingan olah raga yang disebut Olympiade.

21 i.Masa Kemunduran dan Keruntuhan Yunani Yunani mengalami masa kejayaan pada abad ke 5 SM dengan dipimpin oleh polis Atena dan Sparta, kekuasaannya meliputi Laut Tengah bagian Timur, pantai Asia Kecil dan Laut Hitam. Keruntuhan Yunani terjadi karena perang saudara (431 SM – 404 SM) antara Persekutuan Pelloponssus dipimpin Sparta dengan Persekutuan Dellos Attica dipimpin Athena. Kekacauan di Yunani dimanfaatkan Raja Philippus dari Macedonia untuk menyerbu dan menguasai Athena (338 SM) j.Kerajaan Macedonia Raja Philippus setelah menaklukan Yunani dibunuh oleh pengawalnya. Sebagai penggantinya ialah Iskandar Zulkarnain meulai memerintah 336 SM didapingi penasehatnya ialah Aristoteles dari Yunani.

22 Tahun 334 SM Iskandar Zulkarnai mulai menyerbu Persia dan berhasil mengalahkan pasukan Persia yang dipimpin Raja Darius III di Granicus dan Issus. Dengan jatuhnya Persia kekuasaan Iskandar Zulkarnain semakin luas, dari Yunani di sebelah Barat sampai Persia di sebelah Timur. Pada waktu Iskandar Zulkarnain berusaha memperluas wilayahnya ke India sampai di lembah sungan Indus dia sakit kembali ke kota Babilon dan meninggal dunia 323 SM. 2.Peradaban Romawi a.Asal Mula Bangsa Romawi Pusat peradaban Romawi berada di Semenanjung Apenina yang sekarang Italia. Semula penduduk yang menghuni Romawi Suku Liguria, kemudian datang Suku Umbria, Latin dan Samnite dari Eropa Tangah.

23 Suku yang datang kemudian Suku Etruska dari Asia Kecil berikutnya orang orang Kartogo Dan Yunani yang mendirikan koloni di Italia Selatan. b.Sistem Pemerintahan Menurut bentuk pemerintahan Romawi dibagi menjadi tiga zaman, yaitu: 1)Zaman Kerajaan (750 – 510 SM) Romawi diperintah seorang raja sekaligus panglima perang dan hakim tertinggi. Raja membuat UU dibantu senat terdiri 300 anggota dari golongan patrcia (bangsawan) Rakyat pnya dewan, yaitu comittia curata, pengaruhnya kecil dalam pemerintahan. 2)Zaman Republik ( 510 – 31 SM) Zaman ini yang menjadi kepala pemerintahan dua orang konsul, dipilih setahun sekali.

24 Dewan perwakilan terdiri dari kaum patricia (bangsawan) dan kaum plebeya (rakyat jelata). Ada Tribun, berasal dari rakyat biasa, bertugas melindungi kepentingan dan hak-hak rakyat jelata dan punya hak veto untuk membatalkan keputusan dewan perwakilan rakyat. Tahun 270 SM Roma berhasil menyatukan Italia, kemudian berdiri dan berkembang Republik Roma, yang menjadi ancaman bagi Karthago. Maka meletuslah perang Romawi dengan Karthago yang disebut perang Funisia. 3)Zaman Kekaisaran Romawi mencapai kejayaan pada masa Kaisar Octavianus (31 – 14 SM) disebut Zaman Pax Romana atau Pax Augusta, karena terjadi kesetabilan dan kemakmuran di Imperium Romawi. Kaisar Octavianus memperbaiki ekonomi, memberi gaji tetap pada pegawai, memperbaiki kepentingan rakyat, memberi keringanan pajak pada rakyat.

25 Kaisar memegang kekuasaan tertinggi, kepala pemerintahan, sebagai konsul (panglima tertinggi), sebagai Tribun, dan sebagai kepala agama (Pantifex Maximus) Octavianus mangkat digantikan keturunannya dan kaisar terakhir ialah Kaisar Nero (54 – 68 SM), kaisar romawi yang paling kejam, pernah membakar kota Roma (64 SM) yang menuduh orang-orang Kristen sebagai pelakunya. c.Bidang Kesenian Banyak peninggalan di masa Romawi, antara lain: 1)Kuil Zeus di Olympia 2)Kuil Yupiter Heliopalitanus di Ba’albek (Syria) 3)Pantheon, kuil yang kemudian dijadikan gereja. 4)Mousoleum, berupa makam yang indah 5)Teter di Pompeii, Solona, dan Asperados 6)Amphiteater dan Colloseum, yaitu bangunan stadion untuk pertunjukan hiburan.

26 7.Thermen, tempat pemandian berair panas, hangat dan dingin 8. Limes, tembok pertahanan puluhan km tinggi 6 m 9. Forum Romanum, gedung-gedung pemerintah 10. Cloaca Maxima, saluran pengairan menyalurkan air hujan 11. Aquaduk, bangunan saluran air bersih Seni patung dan lukis: Bangsa Romawi membuat patung setengah dada atau potret. Patung nenek moyang disimpan dirumah di ruang khusus Yaitu Atrium. Bangsa Romawi selalu mematungkan tokoh-tokoh, politik dan cendekiawan seperti: Julius Caesar, Agustus, Tuchidides dan Demostanes.

27 d.Bidang Bahasa dan Sastra 1)Vergelius, menulis buku Aeneis. 2)Julius Caesar, menulis buku De Bello Gallica 3)Levius, menulis buku Magnum Opus 4)Ovidius, menulis buku Metamorphoses 5)Cicero, ahli pidato, dijuluki “Bapak prosa latin”. 6)Quintilianus, orator bukunya berjudul Institutio Oratorio 7)Seeca, karyanya disebut Dialog 8)Horatius, menulis syair kepahlawanan 9)Tacitus, cerita pengembaraan berjudul Germania. e.Ilmu Pengetahuan dan pendidikan Di sekolah diajarkan ilmu hukum, bahasa Latin dan Yunani, pengetahuan obat-obatan, patriotisme dan oratori. Beberapa pakar: Cicero (pidato), Seneca (filsafat), Livius (sejarah). Pendidikan jamani diperhatikan: “mensana in corporesano”

28 f.Bidang HukumKaisar Justinianus dari Romawi Timur abat ke- 6 M, membukukan hukum-hukum Romawi yang disebut Corpus Juris Codex Justinianus. Selain itu beliau mengumpulkan pendapat para ahli hukum dalam kitab yang berjudul Pandect. Codex Justinianus dijadikan dasar penyusunan Codex Napoleon. g.Bidang Ekonomi Roma menjadi pusat perdagangan dan pelayaran di Laut Tengah. Mata uang Romawi adalah Aurei, alat penukar satu- satunya di wilayah Romawi. Latifundia, tanah pertanian yang luas, berada di bawah kekuasaan golongan optimat (tuan tanah), merupakan daerah perekonomian tertutup, dikerjakan oleh tenaga budak atau petani penyewa, sistem pertanian khas di Romawi.

29 h.Kepercayaan Kepercayaan orang Romawi mengakui adanya dewa-dewa (politheisme). Nama-nama dewa romawi : 1.Yupiter sebagai pemimpin para dewa. 2.Neptunus sebagai dewa laut 3.Venus sebagai dewi kecantikan 4.Minerva sebagai dewi ilmu pengetahuan 5.Juno sebagai dewi permaisuri Yupiter 6.Mercurius, dewa perdagangan, dewa perang 7.Pluto, dewa dunia bawah 8.Diana, dewi perburuan

30 Uji kompetensi: 1.Jelaskan secara umum perbedaan antara Sparta dan Athena! 2.Mengapa Yunani disebut sebagai pusat peradaban dunia sampai sekarang? 3.Mengapa Romawi dapat berkembang menjadi suatu kekaisaran dengan wilayah kekuasaan yang sangat luas? 4.Bagaimana cara Romawi mengendalikan pemerintahan di wilayah jajahannya yang sangat luas?

31 C.Peradaban Awal Asia dan Afrika Peradaban kuno di wilayah Asia dan Afrika pada umumnya terdapat di lembah sungai. Lembah sungai merupakan daerah subur, mendukung masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan peradabannya. 1.Peradaban Lembah Sungai Indus Peradaban lembah sungai Indus ditemukan di dua tempat yaitu di Mahenjo Daro (di hilir lembah sungai Indus) dan Harappa (di hulu lembah sungai Indus), sekarang menjadi wilayah negara Pakistan. Penggalian arkeologi 1924 dipimpin John Marshall menghasilkan petunjuk bahwa peradaban Mahenjo Daro dan Harappa berkembang 3000 SM Penemuan peradaban Mahenjo Daro dan Harappa sebagai berikut:

32 1)Tata Kota Mahenjo Daro dan Harappa berupa dua kota yang dibangun berdasarkan perencanaan, memperhatikan syarat-syarat kesehatan, keindahan, dan pertahan. 2)Bangunan-bangunan Kuno Pertokoan dan rumah dibangun di tepi jalan, dengan batu bata lumpur yang sudah bagus. 3)Sanitasi Rumah dibangun dngan dilengkapi kamar, jendela lebar 4)Artefak (benda-benda purbakala) a)Terracotta dan huruf pictografdi b)Arca, berupa torso, pendeta, penari c)Gerabah dan tembikar d)Alat pertanian e)Perhiasan

33 5)Kehidupan Sosial dan Ekonomi Pendukung peradaban lembah sungai Indus adalah bangsa Dravida,penduduk asli Indi berkulit hitam. Mata pencaharian penduduknya adalah pertanian dengan hasil: padi, gandum, jelai dan teh. Mereka memuja Dewi Kesuburan 6)Kepercayaan Polytheisme, memuja Dewa Kesuburan dan dewa yang digambarkan bertanduk besar. Totemisme, pemujaan terhadap buaya, badak dsan gajah. Mereka juga memuja pohon-pohon, beringin (papal) benda- benda sebagai azimat (dinamisme)

34 2.Peradaban Lembah Sungai Hoang (Hoang Ho) Sisa-sisa peradaban kuno di cina ditemukan di lembah sungai Yang Tse Kiang, Huang Ho dan Sungai Hui. Pemerintahan Dinasti-Dinasti: 1)Dinasti Hsia Kaisar pertama Huang Ti memerintah sejak 2697 SM, pengganti secara berurutan Yao, Sun dan Yu. Sejah kaisar Yu berdiri Dinasti Hsia sampai Kaisar Chieh. Pada masa ini belum mengenal tulisan. 2)Dinasti Shang Catatan terua sejarah Cina berasal dari Dinasti Shang (1766 – 1122 SM) Sumber sejarah Dinasti Shang tertulis di atas bejana perunggu, temurung kura-kura, dan tulang-tulang binatang. Penulisan sejarah dinasti pertama Cina dilkukan oleh Suma Chien.

35 3)Dinasti Chou Dinasti Shang dihancurkan bangsa Chou dari Cina bagian Barat di lembah Sungai Yang Tze 1122 SM. Pendiri Dinasti Chou ialah Chou Wu Wang. Masa Dinasti Chou dikenalkan sistem pemerintahan feodal, wilayah Cina dibagi menjadi beberapa negara vasal. Pada masa Dinasti Chou muncul ahli filsafat seperti: a)Lao Tse (606 – 531 SM) Ajaran Lao Tse terdapat dalam buku Tao Te Ching yang kemudian terkenal dengan sebutan Taoisme. Menurut Taoisme, dalam kehidupan ini ada semangat keadilan, kesejahteraan yang kekal dan abadi. b)Kong Fu Tse (551 – 478 SM) Mnurut Kong Fu Tse, Tao adalah suatu kekuatan yang mengatur segala-galanya dialam semeste sehingga tercapai keselarasan. Ajaran Kong Fu Tse disebut Konfusianisme.

36 c)Meng Tse (372 – 280 SM) Meng Tse murid Kong Fu Tse dan ajarannya disebut Mancius, bertentangan dengan ajaran Konfusianisme. Menurut Meng Tse, rakyat yang terpenting, maka ia dianggap sebagai peletak dasar demokrasi di Cina. Muncul keinginan raja-raja vasal untuk melepaskan diri sehingga terjadi peperang berkepanjangan (403 – 221 SM) yang melemahkan kekuasaan Dinasti Chou. 4)Dinasti Chin Raja terbesar Dinasti Chin ialah Cheng bergelar Shih Huang Ti (259 – 209). Ia menghapus sistem feodal dan diganti sistem pemerintahan sentralistik. Cina dibagi menjadi 36 propinsi yang dipimpin seorang gubernur yang bertanggung jawab pada kaisar. Shih Huang Ti memerinthkan membangun tembok Besar Cina Wan Li Chang (The Great Well of Chin), untuk mencegah serangan bangsa Mongol dan Syung Nu.

37 5)Dinasti Han Memerintah mulai 202 SM didirikan oleh raja Kau Cu. Raja terkenal dari dinasti ini ialah Han Wu Ti ( SM), berhasil menguasai jalan sutera (Silk Road), wilayah kekuasaannya sampai Korea, Manchuria, Annam, Siu Huang dan Tar-Tar Barat. Han Wu Ti berusaha mengembalikan sistem feodalisme, ajaran Taoisme dan Konfusianisme. 6)Dinasti Tang Ibu kota Dinasti Tang di Sian Fu, didirikan oleh Li Shih Min, dengan gelar Tang Tai Sung. Masa Tang Tai Sung merupakan puncak kemashuran Dinasti Tang, berhasil memperluas wilayah keluar Cina: Tonkin, Annam, Kamboja, Persia, Laut Kaspia.

38 Uji Kompetensi: 1.Jelaskan tentang peradaban Mahenjo Daro dan Harappa! 2.Kapan bangsa cina mulai mengenal tulisan, beri penjelasan! 3.Jelaskan tentang perkembangan filsafat di Cina pada masa Dinasti Chou! 4.Jelaskan keberhasilan pada masa Dinasti Chin

39 3.Peradaban Lmbah Sungai Efrat dan Tigris (Mesopotamia) 1)Letak geografis Terletak diantara dua aliran sungai yaitu Efrat dan Tigris, sekrang dikenal terletak di Irak. Sepanjang Efrat dan Tigris merupakan daerah subur, di luar itu terbentang daerah gurun antara lain gurun Hamad dan dan Nafud. Di sebelah Timur terdapat pegunungan Elbrus dan Kurdistan. 2)Pemerintahan Wilayah mesopotamia terdiri dari berbagai negara kota, masing-masing dipimpin oleh raja sekaligus pimpinan agama. Raja mengatur perekonomian dan memimpin perang. a.Kerajaan Sumeria Pusat pemerintahan terletak di kota Lagash, selanjutnya di kota Uruk. Kerajaan sudah tersusun baik, perekonomian maju dan berkeadilan sosial. Kekuasaan tertinggi dipegang oleh seorang pendeta raja yang disebut Petasi. Beberapa petasiyang pernah berkuasa diantaranya: Petasi A-annipada, Petasi Urnia, Petasi Urukagina, Petasi Lunggalzaggisi. Pada tahun 2500 SM kerajaan Sumeria dikalahkan oleh raja Akkadia yang bernama Raja Sargon

40 b.Kerajaan Akkadia Bangsa Akkadia termasuk rumpun bangsa Semit. Di bawah raja Sargon berhasil mengalahkan kerajaan Sumeria. Pola pemerintahannya meniru kerajaan Sumeria bahkan berintegrasi dengan penduduk yang ditaklukkan. Bangsa Akkadia memuja banyak dewa. Selain itu juga memiliki cerita-cerita dongeng tentang kepahlawanan, seperti ceritera: Adopa, Etana, dan Gilgamesh. c.Kerajaan Babilonia Lama Dikuasai bangsa Amoria (rumpun bangsa Semit) yang pada mulanya berkuasa di daerah Syiria, dengan raja pertama ialah Hamurabi yang terkenal dengan UU Hamurabi. Setelah Hamurabi meninggal, akibat serangan bangsa Hittite dari arah Barat (1900 SM), kerajaan Babylonia Lama runtuh. d.Karajaan Assyiria Raja Sargon II, berhasil menaklukan kerajaan Sumeria Raja Sennacherib (anak Raja Sargon II) berhasil meluaskan wilayah dngan menaklukan pantai Barat Asia Kecil sampai batas negara Mesir. Raja Assurbanipal (cucu Raja Sennacherib) berhasil membangun perpustakaan di kota Niniveh.

41 e.Kerajaan Babilonia Baru Dibangun oleh Raja Nabopalassar (bangsa Chaldea) setelah berhasil mengalahkan kerajaan Assyria (612 SM). Raja-raja yang pernah berkuasa diantaranya: a)Raja Nabopalassar raja pertama di Babilonia Baru b)Raja Nabukadnezar, berhasil membuat jembatan besar yang menghubungkan lalu lintas di kota Babylon. c)Raja Nabonidus, raja yang sering melakukan serangan ke tanah Arab d)Raja Belshazzar, raja terakhir kerajaan Babylonia Baru. Babylonia Baru runtuh akibat serangan dari bangsa Media dan Persia pada tahun 539 SM f.Kerajaan Persia Dibangun oleh Raja Cyrus yang kemudian terbunuh pada peperangan melawan bangsa Tura. Raja Cyrus digantikan oleh anaknya, Raja Cambysses yang kemudian berhasil mengembalikan ketentraman dalam negeri, bahkan tahun 525 SM berhasil menaklukan negeri Mesir. Kerajaan Persia mencapai masa kejayaan dibawah pimpinan Raja Darius Hytaspes.

42 3)Kehidupan Ekonomi sosial budaya Awalnya daerah Mesopotamia didiami oleh bangsa Semit yang hidup secara nomaden. Sekitar 3000 SM didiami oleh bangsa Sumeria yang mulai menetap terutama di kota-kota beasar. Masyarakat hidup bercocok tanam dengan sistem pengairan yang sudah baik Sudah melakukan perdagangan dengan daerah lain, terutama dengan daerah lembah sungai Sindhu. 4)Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Orang-orang Sumeria sudah mengenal abjad berupa huruf paku, terdapat pada Undang-Undang Hamurabi (Codax Hamurabi). Menggunakan sistem kalender untuk mengenal perputaran waktu dan musim, dan membaginya dalam jam, menit dan detik. Peninggalan ini kemudian pada sistem kalender, yakni 24 jam menjadi 1 hari, 30 hari menjadi 1 bulan, dan 12 bulan menjadi 1 tahun.

43 Pembangunan tatakota dengan perencanaan yang teratur dan arsitek yang tinggi. Setiap bangunan terbuat dari batu bata dan tanah liat dengan model Ziggurat (mengandung makna religius) Kemampuan mengolah logam misalnya: cermin, tongkat, kapak Dan senjata. Selain itu membuat pakaian lenan, perhiasan emes dan lain lain. Ashurbanipal pemimpin Assyiria yang membangun perpustakaan tertua di dunia. 5)Peninggalan Kebudayaan dan Kepercayaan Taman bergantung (the hanging garden) di bangun oleh bangsa Khaldea semasa kerajaan Babilonia mencerminkan seni bangunan tingkat tinggi. Hukum Hamurabi yang terdiri dari 300 pokok undang-undang mengatur tentang pertanian, perdagangan, agama, pemerintahan dan kemasyarakatan. Ilmu hitung dengan per 60 an begitu juga lingkaran yang mempunyai 360 derajat ditemukan oleh bangsa Sumeria. Bangunan-bangunan kuil

44 Uji Kompetensi 1.Sebutkan negara kota atau kerajaan yang ada di lembah sungai Efrat dan Tigris. 2.Bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi peradaban lembah sungai Efrat dan Tigris. 3.Jelaskan tentang kerajaan Akkadia 4.Apa yang kamu ketahui tentang Kerajaan Persia

45 2.Peradaban Lembah Sungai Nil 1)Letak Geografis Sejarah Mesir Kuno (4000 SM) diungkap oleh Jean Francois Chsmpolliun psds saat Napoleon Bonaparte berhasil menaklukan Mesir. Terletak di bagisn Utara benua Afrika dibatasi oleh Laut Tengah di sebelah Utara, Laut Merah di sebelah Timur, Sudan di sebelah Selatan, dan Libya di sebelah Barat. Kesuburan tanah Mesir karena berada di sepanjang sungai Nil, seperti kota Kairo, Iskandaria, Abusir dan Rosetta. 2)Pemerintahan Zaman Kerajaan Mesir Tua Raja-raja kerajaan Mesir Tua bertahta di Thinis, raja pertama bernama Firun Menes. Awalnya kerajaan terbagi dua, yakni Mesir Hulu dan Mesir Hilir, kemudian berhasil disatukan oleh Firoun Menes.

46 Raja-raja yang terkenal pada masa Mesir Tua antara tahun 2800 – 2700 SM adalah Raja Chufu, Raja Chefren, Raja Menkaure. Pada masa pemerintaha Firaun Papi I (2500 SM) memperluas kekuasaan sampai ke Nubia Selatan dan Abessynia. Pepi II, kerajaan Mesir Tua semakin melemah karena pertentangan kaum bangsawan feodal. Zaman Kerajaan Mesir Pertengahan Firaun Sesostris III (1880 SM) berhasil kembali menyatukan Mesir bahkan memperluas kekuasaan sampai Numbia, Palistina, dan Sichem. Pada masanya perdagangan di sekitar Laut Merah berkembang baik, sehingga kesejahteraan rakyat meningkat. Firaun Amenamhet III ( 1800 SM) menggantikan raja Firaun Sesotris III dan sepeninggalnya keadaan Mesir dikuasai oleh bangsa Hyksos dari bangsa Asia.

47 Zaman Kerajaan Mesir Baru Dibentuk oleh Raja Thebe yang bernama Firaun Ahmonsis I setelah berhasil setelah berhasil menaklukan bangsa Hyksos. Dan terus melakukan perluasan wilayahsampai ke Asia Barat di bawah pimpinan Firaun Thutmosis I. Raja terbesar di Zaman Mesir Baru adalah Firaun Thutmosis III (1500 – 1447 SM) yang berhasil menguasai Babilonia, Assyria, Ciciliia, Cyprus dll. Yang kemudian dianggap sebagai penjajah. Raja-raja berikutnya yang pernah berkuasa pada zaman kerajaan Mesir Baru: Raja Firaun Amenhotep II, Firaun Thutmosis IV, Firaun Amenhotep IV, Firaun Tut-Ankh-Amon. Pada masa Firaun Tut-Ankh-Amon (1359 SM) kerajaan Mesir Baru mengalami kemunduran dan terpecah menjadi kerajaan-kerajaan kecil. Dibawah kepemimpinan Raja Firaun Haremheb ( ), kefiraunan Mesir dapat disatukan kembali. Kemu

48 dibawah pemerintahan Firaun Ramses II (1275 – 1220 SM) kerajaan Mesir diperluas lagi sampai Palistina dan mengalahkan bangsa Hitti yang mengacau di Asia Barat. Kekaisaran Mesir mengalami kemunduran dan bahkan dikuasai bangsa asing satelah meninggalnya Raja Firaun Ramses III. 3)Keadaan Ekonomi Sosial Budaya Pertanian (jelai, sekol, gandum) sangat tergantung pada perairan sungai Nil. Sejak dulu di Mesir sudah terbentuk organisasi masyarakat desa yang dipimpin oleh kepala desa. Kepala desa inilah yang menarik pajak dari petani dalam bentuk hasil bumi. 4)Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berkembangnya bentuk-bentuk tulisan abjad yang disebut hieroglyph (berupa gambar), berkembang menjadi bentuk hieratis (digunakan rakyat). Mereka menulis dengan tinta pada daun papyrus dan memahat pada batu.

49 Pada tahun 2776 SM, sudah mengenal penanggalan berdasarkan sistem peredaran matahari dan tahun kabisat. Pengetahuan tentang pembuatan mumi dan bangunan- bangunan. 5)Peninggalan Kebudayaan dan Kepercayaan Masayarakat Mesir Kuno percaya dan memuja banyak dewa antara lain: a)Dewa Amon-Ra yaitu Dewa Matahari. b)Dewa Osiris, yaitu Dewa Langit c)Dewa Isis yaitu Dewa Bumi.

50 Kebudayaan masyarakat masyarakat Mesir Kuno meliputi: a)Tulisan berupa gambar atau lambing mesir Kuno yang disebut tulisan Hierogliph. b)Seni bangunan/arsitektur, berupa Piramida dan Sphing, kuil di Luxor, Obelisk, makam-makam raja di gunung batu. c)Ilmu pengetahuan dan teknologi, berupa ilmu perbintangan, menghitung 1 tahun matahari = 365 hari = 12 bulan dan 1 bulan = 30 hari 1 hari 1 malam = 24 Jam, dan berupa pembuatan kapal dagang. d)Mumi adalah mayat para raja atau bangsawan yang diawetkan.

51 D.Peradaban Awal Amerika 1.Keadaan alam Benua Amerika terdiri atas bagian Utara, Tengah dan Selatan yang dihubungkan oleh rangkaian pegunungan yang menjalur dari Utara ke Selatan, seperti: pegunungan Rocky Mountain, pegunungan Amerika Tengah dan pegunungan Andes. Dua pertiga dari benua Amerika merupakan dataran rendah yang terdapat di sebelah Timur pegunungan; Amerika Tengah/ daerah paling sempit, tempat letak tanah genting panama (Terusan Panama). Sungai besar terdapat di dataran rendah, seperti Missisippi, di Utara dan Amazone di Selatan (Brasilia); diapit oleh dua samodra, yaitu: Samodra Pasific di sebelah Barat dan Atlantik di sebelah Timur. Kekayaan alam berupa jenis batuan mineral dan lahan pertanian, perkebunan dan peternakan.

52 Penduduk asli adalah suku Maya dan Aztex di Mexiko dan suku Inka di Peru. 2.Kerajaan Maya dan Aztex Seni Bangunan Bangsa Maya kuno membangun monumen dan mendirikan kota batu megah untuk para dewa sedikitnya 80 situs penting bertebaran di Amerika Tengah. Beberapa situs mempunyai kuil yang tingginya 60 meter. Peradaban Maya berkembang pesat di Guatamala dan Yukatan dan berpengaruh kuat pada kebudayaan Teothuakan di Mexiko bagian Tengah. Tikal (situs besar tertentu) terdiri dari dua piramid bersisi terjal yang saling berhadapan menjulang tinggi bagai pencakar langit. Di puncaknya terdapat lambang salah satu kota Yukatan.

53 Pertanian Untuk mengairi pertanian, mereka membangun danau- danau dangkal Meksiko dan jaringan terusan pengairan. Kepercayaan Kepercayaan masyarakat berasal dari orang Tollek (abat 10) yang maja dewa-dewa. Mereka mengamalkan Tezkatipoka (dewa perang) dengan matahari agung, dan menyembah keduanya dalam satu upacara korban. 3.Kerajaan Inka di Peru Seni Bangunan Kota Manchu Piccu, berada panggung gunung yang sempit di atas lembah sungai Urubamba. Ditemukan oleh Hiram Bingham pada tahun Kota ini meninggalkan bangunan istana, kuil, barak militer dan rumah tentara. Kota Manchu tidak pernah mendapat serangan, tapi ditinggalkan penghuninya sesudah masa penaklukan Spanyol.

54 Pertanian Telah mengenal sistem pertanian yang maju, terutama kerja sama penduduk dalam membagi perairan antara daerah hulu dan hilir. Kepercayaan Unsur pokok berasal dari agama kuno masyarakat Inka ada di daerah Kuzko. Mereka percaya terhadap dewa-dewa dan juga melakukan pemujaan terhadap roh-roh nenek moyang. Virakocha (dewa pencipta dewa tertinggi) Dewa Matahari, sebagai dewa yang menurunkan keluarga raja Inka. Dewi Ibu Pertiwi, sebagai dewa kesuburan Dawa Bulan, Dewa Bintang dan Dewa Halilintar Mereka juga menyimpan mumi pada sebuah rumah megah, yang diyakini sebagai para Inka yang memerintah pada zaman Manko Kapak (Inka yang pertama)

55 Uji Kompetensi: 1.Sebutkan penduduk asli di Amerika 2.Bagaimana kepercayaan kerajaan Maya dan Aztek 3.Bagaiman seni bangunan bangsa Maya dan Aztex 4.Bagaimana seni bangunan kerajaan Inka di Peru 5.Bagaimana kepercayaan masyarakat Inka.


Download ppt "PERADABAN AWAL INDONESIA DAN DUNIA A. Peradaban Awal Indonesia B. Peradaban Awal Eropa C. Peradaban Awal Asia Afrika D. Peradaban Awal Amerika Kompetensi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google