Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LINGKUNGAN PEMASARAN Lingkungan Pemasaran suatu Perusahaan dirumuskan : Terdiri dari para pelaku dan kekuatan- kekuatan yang berasal dari fungsi manajemen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LINGKUNGAN PEMASARAN Lingkungan Pemasaran suatu Perusahaan dirumuskan : Terdiri dari para pelaku dan kekuatan- kekuatan yang berasal dari fungsi manajemen."— Transcript presentasi:

1 LINGKUNGAN PEMASARAN Lingkungan Pemasaran suatu Perusahaan dirumuskan : Terdiri dari para pelaku dan kekuatan- kekuatan yang berasal dari fungsi manajemen pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan para pelanggan sasarannya.

2 LINGKUNGAN PEMASARAN LINGKUNGAN MIKRO terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar. yaitu : Perusahaan, Pelanggan, Pensuplai bahan baku, Pesaing, Para perantara, Anggota masyarakat LINGKUNGAN MAKRO Terdiri dari kekuatan-kekuatan yang bersifat kemasyarakatan yang lebih besar dan yang mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro perusahaan yaitu :,Kependudukan, Teknologi, Politik dan hukum, Fisik, Sosial/budaya

3 LINGKUNGAN PEMASARAN MIKRO 1. PERUSAHAAN Manajemen pemasaran harus bekerjasama dengan kelompok- kelompok lainnya dalam perusahaan untuk merancang dan melaksanakan rencana-rencana pemasarannya. 2. PEMASOK (SUPPLIER) adalah : perusahaan-perusahaan dan individu yang menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu. 3. PERANTARA PEMASARAN (MARKETING INTERMEDIARIES) adalah : perusahaan-perusahaan yang membantu perusahaan itu dalam promosi, penjualan dan distribusi barang-barangnya kepada para pembeli terakhir.

4 LINGKUNGAN PEMASARAN MIKRO Para Perantara Pemasaran (Marketing Intermediaries) 1)Agen Perantara (seperti : agen, pialang dan perwakilan produsen) yang mencari dan menemukan para pelanggan dan/atau melakukan perjanjian dengan pihak lain, tetapi tidak memiliki hak atas barang dagangannya. 2)Pedagang perantara (seperti : pedagang besar, pengecer dan para penjual kembali lainnya) yang membeli suatu produk, memiliki produk-produk tersebut, serta menjualnya kembali sebagai barang dagangan. 3)Perusahaan Distribusi Fisik membantu perusahaan dalam penyimpanan dan pemindahan produk dari tempat asalnya ke tempat- tempat pengiriman yang dituju. 

5 LINGKUNGAN PEMASARAN MIKRO PERUSAHAAN DISTRIBUSI FISIK TERDIRI DARI : a. Perusahaan Pergudangan  menyimpan dan melindungi barang-barang sebelum dikirim ke tujuan b. Perusahaan Transportasi  membawa produk (barang) dari satu tempat ke tempat lain c. Para Agen Jasa Pemasaran Seperti : perusahaan atau lembaga penelitian pemasaran, agen Periklanan, perusahaan media dan perusahaan konsultasi pemasaran.  membantu perusahaan dalam rangka mengarahkan dan mempromosikan produknya kepasar yang tepat. d. Perantara Keuangan :  membantu dalam segi keuangan dan/atau risiko yang diasuransikan sehubungan dengan pembelian / penjualan barang.

6 LINGKUNGAN PEMASARAN MIKRO 4. PELANGGAN Perusahaan menyediakan produk (barang dan jasa) kepada pasar sasarannya. Pasar sasaran dapat terdiri dari hanya satu atau lebih. Lima macam pasar pelanggan berikut :. 1)Pasar Konsumen adalah : individu-individu dan rumah tangga yang membeli produk (barang dan jasa) untuk konsumsi pribadi. 2)Pasar Industri/produsen adalah : organisasi yang membeli produk dan jas yang dibutuhkan untuk memproduksi produk-produk dan jasa-jasa lainnya dengan maksud memperoleh keuntungan dan atau mencapai sasaran lain.

7 LINGKUNGAN PEMASARAN MIKRO 4. PELANGGAN Lima macam pasar pelanggan berikut :. 3)Pasar Penjual Kembali adalah : organisasi yang membeli produk dan jasa dengan maksud menjual kembali barang dan jasa itu agar memberikan keuntungan bagi mereka.Pasar 4)Pemerintah adalah : lembaga-lembaga pemerintah yang membeli produk dan jasa agar menghasilkan pelayanan kepada masyarakat umum, atau mengalihkan barang dan jasa kepada pihak lain yang membutuhkannya 5)Pasar Internasional adalah : pembeli yang terdapat di luar negeri, termasuk konsumen, produsen, penjual kembali dan pemerintah asing.

8 LINGKUNGAN PEMASARAN MIKRO 5. PESAING Adalah lembaga pemasaran yang perlu diidentifikasi, dimonitor dan dikalahkan untuk memperoleh dan mempertahankan kesetiaan pelanggan kepada perusahaan yang bersangkutan. Cara terbaik bagi suatu perusahaan untuk menguasai atau memenangkan persaingan adalah : dengan mengambil sudut pandangan pelanggan Tipe pesaing dibedakan : a)pesaing macam-macam keinginan, b)pesaing jenis produk, c)pesaing jenis-jenis pemuas keinginan d)pesaing merk dagang.

9 LINGKUNGAN PEMASARAN MIKRO 6. MASYARAKAT UMUM kelompok yang mempunyai minat nyata atau yang masih terpendam atau yang memberikan dampak terhadap kemampuan organisasi untuk mencapai sasaran- sasarannya. MASYARAKAT UMUM ANTARA LAIN : 1)Masyarakat Keuangan (seperti : bank, lembaga penanaman modal, makelar saham, pemegang saham)  Mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk memperoleh dana. 2)Masyarakat Media (seperti : surat kabar, majalah, radio, TV) Adalah : organisasi yang menyiarkan berita, karangan, tajuk rencana 3)Masyarakat Pemerintah : Harus diperhitungkan dalam merumuskan rencana pemasaran

10 LINGKUNGAN PEMASARAN MIKRO MASYARAKAT UMUM ANTARA LAIN : 4)Masyarakat Pembela Kepentingan Umum (seperti : organisasi konsumen, kelompok pelestarian lingkungan, kelompok minoritas dan kelompok lain) 5)Masyarakat Setempat (seperti : penduduk yang berdekatan dengan perusahaan dan organisasi masyarakat 6)Masyarakat Umum :Perusahaan perlu memperhatikan sikap masyarakat umum terhadap kegiatan dan produknya, walaupun masyarakat umum tidak berbuat sesuatu dalam cara yang terorganisasi terhadap perusahaan, citra masyarakat terhadap perusahaan akan mempengaruhi dukungan terhadap perusahaan 7)Masyarakat dalam perusahaan (seperti : pekerja di pabrik, pegawai administrasi, manajer, direktur)

11 LINGKUNGAN PEMASARAN MAKRO Lingkungan Makro 1.Lingkungan Kependudukan a) Besarnya penduduk b) Distribusi secara geografis, c) Tingkat kepadatan penduduk, d) Perpindahan pensduduk/migrasi, e) Distribusi usia, f) Kelahiran/Fertilitas g) Perkawinan, h)Tingkat kematian/Mortalitas i) Ras, j) Suku bangsa, k)Struktur Keagamaan.

12 LINGKUNGAN PEMASARAN MAKRO 2. Lingkungan Ekonomi a). Pendapatan - Distribusi pendapatan (konsumen kelas atas, kelas menengah, kelas social paling bawah), - Rata-rata pendapatan, - Variasi pendapatan secara geografis. b). Inflasi Inflasi menyebabkan : - Monopoli harga beberapa komoditi, - Kurangnya persaingan dalam sektor ekonomi tertentu, - Tuntutan beberapa organisasi buruh dalam hal upah, - Neraca Perdagangan Luar Negeri yang tidak sehat, - Suku bunga pinjaman yang tinggi,

13 LINGKUNGAN PEMASARAN MAKRO 2. Lingkungan Ekonomi c) Tabungan dan hutang - Tabungan merupakan sumber penting dari dana untuk membiayai pembelian besar. - Kredit konsumen merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi yang cepat yang memungkinkan orang membeli sesuatu dengan harga yang melebihi pendapatannya d) Perubahan Pola Pengeluaran Konsumen Menurut Ernest Engel (ahli statistik dari Jerman) : Tatkala pendapatan keluarga meningkat, persentase belanja untuk makanan menurun, persentase belanja untuk perumahan dan pelakasanaan kegiatan rumah tangga tetap dan pesentase belanja dalam kategori lain (pakaian, transportasi, rekreasi, kesehatan dan pendidikan) dan persentase untuk tabungan meningkat.

14 LINGKUNGAN PEMASARAN MAKRO 3. Lingkungan Fisik a) Kekurangan bahan mentah tertentu di masa datang Bahan-bahan mentah yang ada di bumi terdiri dari : - Bahan tak terbatas (contoh : udara) - Bahan yang terbatas dan dapat diperbaharui (contoh : hutan dan makanan) - Bahan yang terbatas dan tidak dapat diperbaharui kembali (contoh minyak, batu bara dan berbagai mineral) b)Minyak telah menciptakan masalah yang paling berat bagi pertumbuhan ekonomi di masa datang.  mendorong mencari alternatif pengganti minyak c) Kenaikan tingkat penceraman d)Campur tangan pemerintah yang kuat dalam Sumber Daya Alam

15 LINGKUNGAN PEMASARAN MAKRO 4.Lingkungan Teknologi a) Laju percepatan perubahan teknologi Revolusi di bidang teknologi akan memberikan dampak yang amat berarti terhadap pola konsumsi dan sistem pemasaran. b) Peluang pembaharuan yang tak terbatas Mengembangkan bentuk-bentuk praktis yang dapat disediakan dari produk-produk tersebut. c) Anggaran biaya penelitian & pengembangan d) Konsentrasi pada penyempurnaan kecil dan bukan penemuan yang besar e) Pengaturan perubahan teknologi yang meningkat

16 LINGKUNGAN PEMASARAN MAKRO 5. Lingkungan Politik/Hukum Keputusan-keputusan pemasaran sangat dipengaruhi oleh perkembangan dalam lingkungan politik/hukum.( terbentuk oleh hukum-ekonomi, lembaga pemerintah, perundang-undangan yang mengatur bisnis dsb). 6. Lingkungan Sosial/Budaya a) Nilai-nilai budaya pokok bertahan kuat, b) Setiap budaya mempunyai sub-budaya c) Nilai-nilai budaya sekunder berubah dari waktu ke waktu d) Nilai-nilai budaya pokok dari suatu masyarakat e) Hubungan orang dengan diri mereka sendiri f) Hubungan orang dengan pihak lain g) Hubungan orang dengan lembaga h) Hubungan orang dengan masyarakat

17 FUNGSI SALURAN DISTRIBUSI/PEMASARAN Fungsi saluran distribusi adalah aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan anggota saluran distribusi dalam memindahkan barang dari produsen ke konsumen dan menciptakan kegunaan produk tersebut bagi konsumen. Sembilan Fungsi Saluran Distribusi Beberapa fungsi utama yang dilaksanakan oleh anggota saluran distribusi antara lain: informasi, promosi, negosiasi, pemesanan, pembiayaan, pengambilan risiko, fisik, pembayaran, dan kepemilikan (Kotler, 2002).

18 FUNGSI SALURAN DISTRIBUSI/PEMASARAN Informasi Berbagai macam informasi sangat diperlukan dalam penyaluran barang-barang, karena dapat membantu untuk menentukan sumbernya. Dengan sejumlah informasi,dapat diukur seberapa jauh kepentingan pembeli, penjual atau lembaga lain dalam saluran distribusi.

19 FUNGSI SALURAN DISTRIBUSI/PEMASARAN Informasi Informasi penting yang dikumpulkan oleh saluran distribusi: a.Pelanggan Informasi mengenai pelanggan yang perlu dikumpulkan oleh anggota saluran distribusi: kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggan. b.Pesaing Informasi mengenai pesaing yang perlu dikumpulkan oleh anggota saluran distribusi: jumlah dan pesaing,), strategi pemasaran pesaing: kekuatan dan kelemahannya, reaksi terhadap strategi persaingan yang mungkin kita gunakan, dsb c.Pemasok Pemasok merupakan sebuah mata rantai penting dalam “sistem penyerahan nilai” kepada seluruh pelanggan dari suatu perusahaan

20 FUNGSI SALURAN DISTRIBUSI/PEMASARAN 2. PROMOSI Promosi adalah aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya Beberapa -bentuk promosi yang dapat digunakan oleh saluran distribusi: a.Sampel: tawaran gratis atas sejumlah produk dan jasa. b.Kupon: sertifikat yang memberi hak kepada pemegangnya untuk mendapat pengurangan harga seperti yang tercetak bila membeli produk tertentu.

21 FUNGSI SALURAN DISTRIBUSI/PEMASARAN c.Paket harga (transaksi potongan-rupiah): menawarkan kepada konsumen penghematan dari harga biasa dengan mendapatkan suatu produk yang tertera pada label atau kemasan.  Paket pengurangan harga (reduce-price pack), yaitu paket tunggal yang dijual dengan pengurangan harga (seperti: beli satu dapat dua).  Paket ikatan (banded pack), yaitu dua produk yang berhubungan digabungkan bersama (seperti: sikat gigi dan pasta gigi). d.Hadiah (kontes, undian, permainan): hadiah adalah tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai, perjalanan atau barang karena membeli sesuatu

22 FUNGSI SALURAN DISTRIBUSI/PEMASARAN 3. Negosiasi Fungsi negosiasi yang dilaksanakan anggota saluran distribusi berhubungan dengan usaha untuk mencapai persetujuan akhir mengenai harga dan hal-hal lain sehubungan dengan penawaran, sehingga perpindahan hak pemilikan dapat dilaksanakan. Dalam pertukaran negosiasi, harga waktu penyelesaian kontrak, mutu barang dan jasa yang ditawarkan, volume pembelian, tanggung jawab pembiayaan, pengambilan risiko, promosi, kepemilikan serta keamanan produk.

23 FUNGSI SALURAN DISTRIBUSI/PEMASARAN 3. Negosiasi Fungsi negosiasi yang dilaksanakan anggota saluran distribusi berhubungan dengan usaha untuk mencapai persetujuan akhir mengenai harga dan hal-hal lain sehubungan dengan penawaran, sehingga perpindahan hak pemilikan dapat dilaksanakan. Dalam pertukaran negosiasi, harga waktu penyelesaian kontrak, mutu barang dan jasa yang ditawarkan, volume pembelian, tanggung jawab pembiayaan, pengambilan risiko, promosi, kepemilikan serta keamanan produk.

24 FUNGSI SALURAN DISTRIBUSI/PEMASARAN 4. PEMESANAN Pemesanan adalah komunikasi saluran kebelakang mengenai minat membeli oleh anggota saluran pemasaran ke produsen). Pada fungsi ini, anggota saluran distrbusi memproses kebutuhan dari pelanggan dan mengirimkan informasi tersebut kepada rantai pasokan melalui sistem informasi logistik. 5. PEMBIAYAAN Fungsi pembiayaan berhubungan dengan permintaan dan penyebaran dana untuk menutup biaya dari saluran distribusi.Oleh karena fungsi pembiayaan ini merupakan salah satu faktor untuk tersedianya produk di saluran distribusi, maka anggota saluran distribusi perlu memperhatikan dasar pembentuk biaya distribusi

25 FUNGSI SALURAN DISTRIBUSI/PEMASARAN 6. PENGAMBILAN RISIKO Fungsi pengambilan risiko anggota saluran distribusi berhubungan dengan perkiraan mengenai risiko sehubungan dengan pelaksanaan pekerjaan saluran distribusi. Beberapa risiko yang biasanya ditanggung oleh anggota saluran distribusi, antara lain dalam hal: pesanan, tempat penyimpanan persediaan, banyaknya persediaan yang disimpan serta pengiriman barang pesanan kepada 7. FISIK Anggota saluran distribusi mengatur kesinambungan penyimpanan dan pergerakan produk fisik dari bahan mentah sampai ke pelanggan akhir. Fungsi fisik yang dilaksanakan anggota saluran distribusi berhubungan dengan penyimpanan barang dan transportasi

26 FUNGSI SALURAN DISTRIBUSI/PEMASARAN 8. PEMBAYARAN Pembayaran adalah arus pembayaran/uang kepada penjual atas jasa atau produk yang telah diserahkan. Cara pembayaran yang dapat disediakan oleh saluran distribusi kepada pelanggan): a.Cara “Cash Payment”, yaitu pembayaran yang dilakukan oleh pembeli secara tunai kepada anggota saluran distribusi. b.Cara kredit, yaitu anggota saluran distribusi memberi kredit kepada pembeli,yang harus dibayar kembali oleh pembeli dalam jangka waktu tertentu seperti yang telah ditentukan dalam perjanjian jual-beli barang. 9. KEPEMILIKAN Kepemilikan yaitu arus kepemilikan dari suatu lembaga pemasaran kelembaga lain. Fungsi ini sangat penting karena fungsi inilah yang paling menentukan apakah barang sudah sampai ke konsumen akhir atau belum.


Download ppt "LINGKUNGAN PEMASARAN Lingkungan Pemasaran suatu Perusahaan dirumuskan : Terdiri dari para pelaku dan kekuatan- kekuatan yang berasal dari fungsi manajemen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google