Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR AKUNTANSI Oleh: Kurniawan Candra Guzman 7101413435.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR AKUNTANSI Oleh: Kurniawan Candra Guzman 7101413435."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR AKUNTANSI Oleh: Kurniawan Candra Guzman

2 Pengertian Akuntansi Akuntansi = bahasa perusahaan. Akuntansi diperlukan sebagai alat untuk mengkomunikasikan informasi mengenai transaksi-transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan.

3 Tujuan Akuntansi Tujuan pokok: memberikan informasi keuangan dari suatu unit ekonomi.

4 Fungsi Akuntansi Menganalisa dan mencatat transaksi-transaksi perusahaan. Menganalisa dan mencatat transaksi-transaksi perusahaan. Meringkas catatan-catatan mengenai transaksi- transaksi perusahaan menjadi laporan keuangan. Meringkas catatan-catatan mengenai transaksi- transaksi perusahaan menjadi laporan keuangan. Mengadakan interprestasi atas hasil-hasil transaksi perusahaan melalui laporan keuangan. Mengadakan interprestasi atas hasil-hasil transaksi perusahaan melalui laporan keuangan.

5 Bidang-Bidang dalam Akuntansi 1. Akuntansi Umum / Akuntansi Keuangan. 2. Akuntansi Biaya. 3. Akuntansi Pemerintahan. 4. Akuntansi Perpajakan. 5. Akuntansi Manajemen. 6. Auditing (Pemeriksaan Akuntan)

6 Orang yang melakukan auditing disebut akuntan Akuntan dibagi menjadi dua : A. Akuntan Publik. B. Akuntan Intern.

7 Pemakai Informasi Akuntansi Pihak-Pihak yang berkepentingan mengetahui informasi-informasi akuntansi antara lain : 1. Pemilik perusahaan. 2. Manajemen. 3. Kreditur / calon kreditur. 4. Pemerintah. 5. Buruh.

8 Bentuk - Bentuk Badan Usaha Badan Usaha Perseorangan. Badan Usaha Persekutuan. Badan Perseroan.

9 Prinsip Akuntansi Entitas bisnis atau kesatuan usaha (tiap tahun bisa berubah ) Biaya sesungguhnya (The real cost) Prinsip Objektifitas.

10 Kekayaan Perusahaan Aktiva adalah : kekayaan atau sumber- sumber ekonomi yang dimiliki oleh perusahaan yang akan memberi manfaat di masa yang akan datang. Aktiva dibagi menjadi dua : 1. Aktiva Lancar. 2. Aktiva Tak Lancar.

11 Aktiva Lancar Aktiva lancar terdiri dari: 1. Kas. 2. Surat berharga. 3. Piutang. 4. Persediaan barang. 5. Persekot Biaya.

12 Aktiva Tak Lancar Aktiva Tak lancar dibagi menjadi empat: 1. Investasi. 2. Aktiva Tetap. 3. Aktiva Tak Berwujud. 4. Aktiva Lain-lain.

13 Persamaan Dasar Akuntansi Kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan disebut: Aktiva. Sedangakan hak terhadap kekayaan disebut: Pasiva. Hubungan antara Aktiva dan Pasiva : AKTIVA = PASIVA

14 Pasiva dibedakan atas dua golongan : 1. Hak dari para kreditur (pihak luar yang mempunyai tagihan pada perusahaan), antara lain: Hutang. 2. Hak dari pemilik dari perusahaan, antara lain: Kekayaan sendiri atau modal. Unsur pasiva yang dipecah atas hutang dan modal dalam persamaan akuntansi: AKTIVA = HUTANG + MODAL

15 Jadi, persamaan akuntansi pada umumnya yaitu : AKTIVA – HUTANG = MODAL

16 Rekening, Jurnal, dan Posting ~ Rekening adalah: Suatu alat untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan yang bersangkut paut dengan aktiva, hutang, modal, penghasilandan biaya- biaya. Tujuan: Mencatat data-data yang akan menjadi dasar penyusunan laporan keuangan. Kumpulan rekening-rekening: Buku Besar.

17 ~ Jurnal adalah: catatan berupa pendebitan dan pengkreditandari transaksi-transaksi secara kronologis beserta penjelasan-penjelasan yang diperlukan dari transaksi tersebut. Kegunaan jurnal: 1. Merupakan alat pencatatan yang dapat menggambarkan pos-pos yang terpengarauh transaksi. 2. Alat pencatatan yang memberikan gambaran secara kronologis. 3. Mengeliminir kesalahan pencatatan pencatatan. 4. Cukup ruang untuk mencatat keterangan.

18 Laporan Keuangan Laporan Keuangan antara lain: 1.Neraca. 2.Laporan laba rugi. 3.Laporan Perubahan Modal.


Download ppt "PENGANTAR AKUNTANSI Oleh: Kurniawan Candra Guzman 7101413435."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google