Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Teknologi Sistem Informasi A ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Teknologi Sistem Informasi A ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Teknologi Sistem Informasi A ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER

2 Pemahaman Elemen Dasar Sistem Komputer Komputer HardwareSoftwareBrainware -Input Device -Storage Unit -CPU -Output Device -+ Control Unit -Sistem Operasi -Program Aplikasi -Opertaor -Programmer -System Analyst

3 Hardware  Peralatan fisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara fisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.  Komputer adalah serangkaian peralatan elektronik yang tergabung/terpadu dan bekerja secara bermacam-macam serta terkoordinasi oleh suatu sistem operasi.  Seperangkat alat-alat elektronik ini adalah berupa mesin- mesin/komponen-komponen yang secara lahiriah ada dan bisa dilihat, peralatan-peralatan/komponen-komponen inilah yang kita sebut dengan 'COMPUTER HARD-WERE'.

4 Hardware  Pada umumnya suatu kesatuan peralatan komputer haruslah terdiri minimal oleh 4 komponen yaitu :  Input device  Storage Unit  CPU (Central Processing Unit)  Output device

5 Hardware  kemajuan teknologi yang terus berkembang dan kebutuhan orang akan informasi juga bertambah terutama dalam hal kecepatan penyampaian informasi maka diperlukan suatu alat/komponen lain yang bisa menyampaikan data/informasi ke dan dari komputer kepada si pemohon secara cepat pula.  Alat ini yang disebut dengan CCU (Communication Control Unit) yaitu suatu peralatan yang berfungsi untuk memudahkan/memancarkan sinyal-sinyal data/perintah dari suatu tempat ke tempat lain atau dari suatu komputer ke komputer lain dengan jarak yang jauh sekali.

6 Hardware  Jadi komponen yang membentuk suatu sistem komputer sekarang inipun menjadi 5 komponen yaitu :  Input Device  Storage Unit  CPU (Control Prosessing Unit)  Output device  CCU (Communication Control Unit)

7 Penerapan Hardware dengan CCU

8

9 SOFTWARE Suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun berbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya.  Sistem Operasi adalah software yang bertugas mengontrol dan mengkoordinasikan pengunaan hardware untuk berbagai Aplikasi untuk bermacam-macam pengguna.  Program Aplikasi adalah software yang menentukan bagaimana sumber daya digunakan untuk menyelesaikan masalah user.

10 Software  Software adalah komponen dalam data processing system yang berup program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Pada umumnya, istilah software menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efesien antara manusia dan mesin komputer.  Di referensi berikutnya dikatakan bahwa ada 5 yang termasuk software :  Bahasa Pemrograman dan Kompilator  Routines (User Program)  Application Package  Input/Output Control System  Sistem Operasi

11 Bahasa Pemrograman dan Kompilator  Bahasa pemprograman adalah bahasa-bahasa yang dipakai oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program).  Misalnya : ASSEMBLER : suatu bahasa yang lebih dekat dengan mesin (Machine Oriented Language).  Kompilator adalah translator untuk mengubah program dalam bahasa tingkat tinggi seperti FORTRAN, COBOL, dsb, ke dalam bahasa tingkat rendah ataupun bahasa rakitan.

12 Routines (User Program)  Yaitu program yang dibuat oleh Program dalam bahasa program untuk suatu aplikasi tertentu dan dipakai berulang- ulang.  Contohnya :  PAYROLL,  INVENTORY CONTROL, dsb.

13  Application Package  Program-program yang dibuat oleh perusahaan komputer untuk User yang beroperasi dalam bidang-bidang umum, misalnya penerbangan, asuransi, komunikasi, pembangunan gedung, toko-toko pedagang eceran, dsb.  Input/Output control system  Input/output control system adalah routines yang standard untuk mempercepat operasi Input/Output.  Sistem operasi  routines yang standard untuk mempercepat operasi Input/Output.

14 Brainware  Orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan.  System Analyst : orang yang bertugas mempelajari, menganalisa, merancang dan membentuk suatu system / prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi yang dipesan oleh pemakai jasa komputer.  Programmer : yang bertugas di dalam data processing programming berdasarkan program spesialisasi.  Operator : yang bertugas mempersiapkan komputer utk memproses suatu program mulai dari menghidupkan komputer, menjalankan komputer (mengoperasikan program-program komputer / aplikasi komputer)

15 Pemahaman Komponen Hardware  Perangkat keras (hardware) sebagai sub sistem dari sistem komputer juga mempunyai komponen, yaitu  komponen alat masukan (input device),  komponen alat pemrosesan (processing device),  Kontrol,  Penyimpanan (Storage) dan  Output Device.

16 Input Device  Input Device adalah suatu bagian/komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat kita memasukkan data maupun instruksi-instruksi kepada komputer.  Data maupun instruksi yang kita masukkan ke dalam komputer adalah data/instruksi yang masih dalam bahasa ataupun kode-kode, sedangkan mesin komputer hanya mengenal data/instruksi tersebut jika sudah dalam bentuk kode-kode binar (bit), jadi agar komputer bisa mengenal data/instruksi-instruksi tersebut, alat inilah yang akan melakukan terjemahan/konversinya.

17 Input Device  Alat-alat Input (Input Device) ini antara lain adalah  Card Reader  Magnetic Ink Character Reader (M.I.C.R)  Optical Character Reader (O.C.R)

18 Input Device  Card Rider  Adalah pembaca kartu memori / alat untuk membaca kartu memori.Card reader biasanya di hubungkan ke komputer dengan kabel USB. USB berfungsi untuk mengakses data pada kartu memori.  Pada awalnya pembaca kartu memori dirancang hanya untuk membaca satu jenis kartu memori saja, seiring majunya teknologi. Kini banyak card reader yang dapat membaca berbagai jenis kartu memori. Alat ini sering disebut dengan Multicard reader.

19 Input Device  Fungsi Card Reader ialah alat perantara untuk membaca kartu memori,yaitu handphone/Camera Digital/PDA.Tetapi sebelumnya memory harus dilepaskan terlebih dulu kemudian dimasukkan ke dalam slot / multi slot lubang Card Reader.  Card reader ada 2 tipe: 1.Single slot Yaitu berupa Card Reader yang satu lubang, biasanya disebut 2in1, 3in1, 5in1 dan lain-lain. Tipe ini biasanya hanya bias membaca jenis memori dari Nokia, MMC, RSMMC, RSMMCDV, SD Card dan T-Frash. 2.Multi slot Perbedaan dengan single slot, multi slot memiliki 4 slot/lubang. Card reader tipe ini biasanya di sebut 9in1, 12in1, 15in1, 19in1, dan lain-lain. Tapi sekarang biasa disebut dengan “All in 1”

20 Input Device  Magnetic Ink Character Reader (M.I.C.R)  adalah pengenalan karakter teknologi yang digunakan terutama oleh industri perbankan untuk memfasilitasi pemrosesan cek dan membentuk nomor routing dan nomor rekening di bawah cek.  MICR (pengenalan karakter tinta magnetik) juga biasa digunakan untuk memverifikasi keabsahan atau keaslian dokumen kertas, terutama untuk memeriksa.  Tinta khusus, yang sensitif terhadap medan magnet, yang digunakan dalam pencetakan karakter tertentu pada dokumen asli. Informasi dapat dikodekan dalam karakter magnetik.

21 Input Device  Optical Character Reader (O.C.R)  Optical Data pembaca merupakan salah satu data Input Data Methode atau Data terbaik metode input untuk kuesioner dicetak akan Optical data Pembaca. Optical data Pembaca adalah jenis khusus dari pemindaian perangkat yang akan digunakan pada dokumen.  Optical data Pembaca jatuh di bawah dua kategori, mark recognition optik (OMR) dan optical character recognition (OCR) (Tangga, R., Reynolds, G., 2004).  Contoh dari Pembaca optik yaitu : bola cahaya, serat optik, laser surgury instrument, CD dan DVD, Scanner, Pen Wand, dan lain sebagainya.

22 Input Device Lainnya

23 Proses  Pemerosesan dilakukan oleh mikroprosesor, meskipun ia mempunyai fungsi yang sangat berbeda, hampir sama konstruksinya dengan main memory, sebab ia merupakan jenis chip silikon lain. Ia juga ditempatkan pada papan sirkut elektronik. Pada sebagian besar komputer yang lebih besar, pemerosesan dilakukan oleh sejumlah chip terpisah, sebagai pengganti mikroprosesor tunggal.  Komputer yang pemerosesannya dilakukan oleh mikroprosesor disebut mikrokomputer. Intruksi dipatuhi dan operasi aritmetik yang diperlukan, dan sebagainya, dilakukan pada data. Bagian yang mengerjakan hal ini disebut Arithmetic-Logical Unit (ALU). Selain menjalankan operasi aritmetik ia juga menjalankan operasi "logis". Operasi-operasi ini berjalan pada keceptan yang sangat tinggi, misalnya 10 juta angka bisa ditotal dalam waktu satu detik.

24 Control  Setiap komputer mempunyai unit kontrol yang menjemput instruksi dari penyimpanan utama, menginterpretasikan instruksi itu, dan menerbitkan (mengeluarkan) sinyal yang diperlukan oleh komponen yang membentuk sistem itu. Ia mengarahkan semua operasi hadware yang diperlukan untuk mematuhi instruksi itu.

25 Storage Device  Media penyimpanan atau storage atau memori dapat dibedakan atas 2 bagian, yaitu :  Internal Storage ( Primary Storage )  External Storage ( Secondary Storage )

26 Media Penyimpanan Internal  Internal Storage adalah storage yang terletak di dalam atau berhubungan langsung dengan Control Processing Unit.  Storage ini terdiri dari :  Main Storage  General Storage  Control Register  Floating Point Register  Relocatable Control Storage  Buffer

27 Media Penyimpanan Internal  Main Storage  main storage is understood to be the program addressable memory that houses the executables and data necessary to launch and run various systems and programs. More commonly referred to as primary storage or memory, main storage directly interfaces with the CPU, which reads the instructions connected with the executables and performs the tasks necessary to handle the data. All data necessary for the effective function of programs saved on the hard drive is maintained in the main storage.

28 Media Penyimpanan Eksternal  EXTERNAL STORAGE  External Storage adalah storage yang terpisah atau tidak berhubungan langsung dengan CPU misalnya Magnetic Tape dan Magnetic Disk.  Example :  Magnetic Disk Direct Access Storage Devices (DASD) piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read−write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Cakram fixed−head memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan cakram moving−head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.

29 Media Penyimpanan Yang Mutakhir Memori dan Media  Pada tahap pertama memori komputer berwujud ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory). Kelemahannya, memori ini berbentuk chip, dan terbatas kapasitasnya. Isi ROM memang tidak akan terhapus oleh matinya arus listrik. Tetapi isi RAM akan terhapus bila listrik mati.  Sementara itu, dalam mengoperasikan komputer yang ingin agar program, data dan hasil kerja komputer dapat direkam dan dapat diambil lagi sewaktu- waktu. Oleh sebab itu muncul pemikiran perlunya dibuat media penyimpanan, sebagai perpanjangan dari fungsi memori.  Media penyimpanan kini banyak jenisnya, contohnya adalah floppy disk, hard disk, CD-ROM.

30 Output Device  Output Device adalah suatu komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat mengeluarkan hasil-hasil pengolahan yang telah dilakukan oleh komputer.  Semula hasil pengolahan komputer ini juga merupakan kode/simbol yang masih dalam bentuk kode binar (bit), maka agar kita sebagai pemakai komputer bisa membacanya, simbol binar itu harus dikonversikan lagi ke dalam bentuk bahasa yang kita kenal. Output device inilah yang berfungsi melakukan tugas tersebut.

31 Output Device  Alat-alat output ini antara lain adalah :  Printer  Plotter  Card Punch  Dll.

32 Output Device  Printer  Sebuah perangkat keras yang terhubung dengan computer yang berfungsi untuk mencetak baik itu teks, gambar, maupun grafik.  Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu :  jenis Dot-Matrix,Dot-Matrix  jenis Daisy Wheel,Daisy Wheel  jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet,Ink-JetBubble Jet  jenis Chain,  jenis Drum dan  jenis Laser.Laser

33 Output Device  Plotter  Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik.  Contoh plotter grafik adalah ECG (Electro Cardiograph) yaitu alat yang digunakan untuk mengetahui potensial dari denyutan jantung, atau jarum seismograph untuk mencatat getaran bumi. Plotter dapat menggambar grafik pada kertas, plastik, maupun pada plastik transparan untuk digunakan dalam proyektor.

34 Output Device  Punched card  media penyimpan data berbentuk kartu, terbuat dari kertas tebal, dengan perekaman data yang akan membentuk lubang- lubang. Punched card sudah jarang digunakan di mesin-mesin komputer modern saat ini. Meski demikian, di sejumlah instalasi yang menggunakan komputer-komputer generasi lama, media ini masih lazim dipakai. Punched card mulai diperkenalkan oleh DR Herman Hollerith pada tahun 1870, dan masih digunakan sampai sekarang.

35 Output Device Device-device yang disebutkan sebelumnya adalah device-device yang hanya berfungsi sebagai input saja ataupun sebagai output saja. Ada juga device-device lain yang bisa berfungsi sebagai input dan sekaligus berfungsi sebagai output, antara lain : Magnetic Tape Unit Magnetic Disk Unit Paper Tape Unit Console Display Unit Card Read Punch Dll

36 Output Device  FUNGSI MAGNETIC TAPE: Untuk media penyimpanan Untuk alat input/output Untuk merekam audio, video atau sinyal  CARA KERJA MAGNETIC TAPE: Data direkam secara digit pada media tape sebagai titik-titik magnetisasi pada lapisan ferroksida. Magnetisasi positif menyatakan 1 bit, sedangkan magnetisasi negatif menyatakan 0 bit atau sebaliknya.

37  END OF FILE …….


Download ppt "Pengantar Teknologi Sistem Informasi A ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google