Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Silabi Ekonometrika EKM 1526 (3 SKS) Jurusan Manajemen FE-UNEJ Semester Genap 2014/2015 Dr. Ika Barokah S, SE., MM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Silabi Ekonometrika EKM 1526 (3 SKS) Jurusan Manajemen FE-UNEJ Semester Genap 2014/2015 Dr. Ika Barokah S, SE., MM."— Transcript presentasi:

1 Silabi Ekonometrika EKM 1526 (3 SKS) Jurusan Manajemen FE-UNEJ Semester Genap 2014/2015 Dr. Ika Barokah S, SE., MM

2 Deksripsi Umum Matakuliah ini merupakan matakuliah yang berkaitan dengan alat analisis (pemodelan) dalam ekonomi, khususnya ilmu manajemen. Dalam aplikasinya, matakuliah ini sangat penting peranannya dalam pemodelan pada manajemen dan bisnis. Matakuliah ini mendiskusikan bagaimana pemodelan untuk manajemen dan bisnis dilakukan untuk maksud mendeskripsikan, mengeksplorasi, atau memprediksi perilaku suatu variabel.

3 Tujuan Secara Umum: Matakuliah ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana melakukan pemodelan yang baik dan sekaligus bagaimana menginterpretasikan model yang dihasilkan.

4 Tujuan Secara lebih spesifik, setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat: (1) memahami apa yang dimaksud dengan model (khususnya model regresi linier), (2) mengaplikasikan berbagai langkah-langkah dalam pengembangan model, (3) mengidentifikasi apakah model yang dihasilkan adalah model yang baik, dan (4) menginterpretasikan model, baik untuk maksud mendeskripsikan, mengeksplorasi, atau memprediksi perilaku suatu variabel.

5

6 Metodologi Perkuliahan dilakukan dengan pendekatan praktikum. Tatap muka perkuliahan dikelompokkan menjadi dua, yaitu tatap muka di kelas dan tatap muka di laboratorium komputer. Tatap muka di kelas digunakan untuk mendiskusikan konsep-konsep yang terkait dengan topik untuk praktikum. Sedangkan tatap muka di laboratorium komputer dimaksudkan sebagai media bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan analitikal mahasiswa melalui praktikum terhadap database yang mereka miliki.

7 Metodologi-lanjt Setiap mahasiswq diwajibkan untuk menyiapkan database pada perkuliahan pada minggu kedua. Database ini bisa merupakan duplikasi data yang tersedia pada suatu skripsi/tesis atau karya ilmiah orang lain. Masing-masing kelompok akan menggunakan data base ini untuk membuat suatu model. (minimal 1 variabel dependen dan lebih dari dua variabel independen, dan minimal 50 baris data/observasi).

8 Penilaian Nilai matakuliah ini akan didasarkan pada tugas (20%), hasil ujian tengah semester (40%), dan hasil ujian akhir semester (40%)

9 Referensi ZGujarati, Damodar N Basic Econometrics. International Edition. McGraw Hill, Inc. Singapore. ( G ) ZHair, JF, et.al Multivariate Data Analysis. Fifth Edition. International Edition. Prentice Hall. ( H ) ZSantoso, Singgih SPSS Versi 10 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. PT Elex Media Komputindo. ( S1 ) ZSantoso, Singgih SPSS Statistik Multivariat Buku Latihan. PT Elex Media Komputindo. ( S2 )

10 Lain-lain Zmahasiswa wajib hadir tepat waktu (tidak terlambat) Zkehadiran mahasiswa tidak kurang dari 85% dari total tatap muka; Zmahasiswa yang tidak mengikuti kuliah tetapi menyerahkan surat pemberitahuan dianggap hadir dalam kuliah; Zmahasiswa “penitip dan tertitip” presensi akan mendapatkan sanksi yang berat; dan Ztugas (jika harus diserahkan) dikumpulkan sebelum kuliah dimulai.


Download ppt "Silabi Ekonometrika EKM 1526 (3 SKS) Jurusan Manajemen FE-UNEJ Semester Genap 2014/2015 Dr. Ika Barokah S, SE., MM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google