Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, juga dibekali dengan kemampuan akalnya.  Manusia dengan kemampuan akal mampu menciptakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, juga dibekali dengan kemampuan akalnya.  Manusia dengan kemampuan akal mampu menciptakan."— Transcript presentasi:

1  Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, juga dibekali dengan kemampuan akalnya.  Manusia dengan kemampuan akal mampu menciptakan berbagai macam kebudayaan atau peradaban.  Ipteks adalah salah satu contoh dari hasil olah pikiran atau akal yang kemudian disebut kebudayaan.

2  Dengan kemajuan Ipteks yang sangat pesat memberikan beberapa kemudahan dalam kehidupan manusia  Namun meskipun ada beberapa kemudahan atau mamfaat yang diperoleh, Ipteks juga dapat membawa kita kepada hal-hal yang negatif (merusak)

3 Kluchkhon : 7 unsur pokok kebudayaan : 1. Peralatan hidup (teknologi) 2. Sistem mata pencaharian (ekonomi) 3. Sistem kemasyarakatan (organisasi sosial) 4. Sistem bahasa 5. Sistem kesenian 6. Sistem pengetahuan 7. Sistem kepercayaan (relegi)

4 Ipteks termasuk bagian dari unsur-unsur pokok kebudayaan universal. Ipteks akan dijumpai pada setiap kehidupan masyarakat manusia, baik yang maju, sedang berkembang sampai pada masyarakat yang peradabannya masih sederhana. Pada zaman pra sejarah ketujuh unsur universal tersebut telah ada.

5  Sarana bagi kehidupan, yakni untuk membantu agar aktivitas kehidupan menjadi lebih mudah, lancar, efesien dan efektif sehingga lebih menjadi bermakna dan produktif.  Dalam ilmu antropologi, istilah atau pengertian ilmu pengetahuan dan teknologi sering dipakai untuk merujuk pada keterkaitan antara manusia, lingkungan dan kebudayaan.

6  Dalam berinteraksi menghadapi lingkungannya manusia mau tidak mau akan berusaha menggunakan sarana- sarana berupa pengetahuan yang dimiliki serta menciptakan peralatan untuk membantu kehidupan  Iptek bagi manusia selalu berkaitan dengan usaha manusia untuk menciptakan taraf kehidupan yang lebih baik.

7  Merupakan usaha manusia untuk memahami gejala dan fakta alam, lalu melestarikan pengetahuan tersebut secara konsepsional dan sistematis.  Ilmu pengetahuan pada hakikatnya adalah suatu jawaban sistimatis atas kata atau pertanyaan mengapa.

8  Adalah jawaban praktis dari pertanyaan bagaimana.  Dengan teknologi manusia dapat memamfatkan gejala alam, bahkan bisa mengubahnya.  Teknologi juga merupakan usaha manusia untuk memamfaatkan ilmu pengetahuan untuk kepentingan dan kesejahteraan manusia.

9  Adalah sebagai proses kegiatan manusia dalam menciptakan benda-benda yang bernilai estetik.  Dengan sentuhan seni, teknologi sebagai hasil karya ilmu pengetahuan manusia, tidak hanya sekedar menjadi alat tetapi juga menjadi indah.

10  Manusia dengan potensi akalnya telah diberi kebebasan untuk memilih mana yang benar dan mana yang salah.  Dengan potensinya manusia dapat menggali dan mengembangkan rahasia alam semesta ini, maka lahirlah yang disebut Ipteks.  Perkembangan Ipteks berpengaruh, baik secara langsung maupun tidak langsung pada kehidupan manusia.

11  Pengaruh Ipteks menyangkut pola pikir, pola kerja, pola hidup maupun tingkah lakunya.  Semestinya semakin tinggi penguasaan Ipteks manusia semakin kritis, semakin disiplin dalam bekerja dan semakin efesien dalam bertindak.  Tetapi kenyataan banyak manusia semakin terbuai dengan semua fasilitas dan produk yang dihasilkan Ipteks.

12  Dalam kehidupan modern hampir tidak ada orang yang hidup tampa mempergunakan jasa Ipteks.  Dampak kemajuan Ipteks adalah kemudahan dalam beraktivitas  Dampak negatif kemajuan Ipteks masyarakat semakin terbuai, tak sadar dirinya berada dalam situasi pola hidup konsumtif, hedonistik dan materialistik

13 1. Perubahan pada bidang intelektual 2. Perubahan pada organisasi sosial yang merubah pola kehidupan politik 3. Perubahan-perubahan terhadap tata nilai dan tata lingkungannya 4. Perubahan di bidang industri dan kemampuan di medan perang

14 1. Rendahnya kemampuan nasional menghadapi perkembangan global. 2. Rendaknya kontribusi Ipteks nasional di sektor produksi. 3. Belum optimalnya mekanisme intermediasi Ipteks yang menyembatani interaksi antara kapasitas penyedia Iptek dengan kebutuhan pengguna.

15 4. Lemahnya strategi Iptek sehingga kegiatan Ipteks belum sanggup memberikan hasil yang signifikan 5. Masih terbatasnya sumberdaya Ipteks yang tercermin dari rendahnya kualitas SDM dan kesenjangan pendidikan dibidang Ipteks 6. Belum berkembangnya budaya Iptek dikalangan masyarakat

16 7. Belum optimalnya Iptek dalam mengatasi degradasi fungsi lingkungan hidup. 8. Masih lemahnya peran Iptek dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam


Download ppt " Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, juga dibekali dengan kemampuan akalnya.  Manusia dengan kemampuan akal mampu menciptakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google