Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIPONEGORO POLITICAL SCHOOL FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIPONEGORO POLITICAL SCHOOL FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO."— Transcript presentasi:

1 DIPONEGORO POLITICAL SCHOOL FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO

2 POLITIK DAN PERGERAKAN MAHASISWA

3 POLITIK

4 Teori Plato Politik adalah usaha untuk mencapai kondisi masyarakat yang baik. Teori Zoon Politikon (Aristoteles) Politics sebagai Master Science, karena poltik berada dimana- mana dan mempengaruhi kehidupan manusia.

5 Teori Lasswell (Harold D lasswell) Siapa mendapat apa, kapan dan bagaimana caranya -Who gets what when and how Teori Max Weber Politik adalah persaingan untuk membagi kekuasaan atau persaingan untuk mempengaruhi pembagian kekuasaan antarnegara maupun antar kelompok di dalam suatu negara.

6 POLITIK DALAM HIDUP SEHARI-HARI 1.Pemerintah mengatur masyarakat melalui pajak, berlalu lintas, bersekolah, hingga urusan perpakiran. 2. Kewenangan pemerintah untuk mengatur dan memaksa terlihat dari adanya sangsi serta denda apabila tidak menaati 3. Secara personal, kita sebagai warga bisa melakukan protes apabila aturan tersebut tidak dijalankan dengan semestinya

7 KONSEP POLITIK PANDANGAN KLASIK Negara adalah pusat segala-galanya PANDANGAN KELEMBAGAAN Usaha penyelenggara negara PANDANGAN KEKUASAAN Mempertahankan atau merebut PANDANGAN FUNGSIONALISME Kebijakan publik PANDANGAN KONFLIK Perbedaan pandangan

8 KONSEP POLITIK PANDANGAN KLASIK Negara adalah pusat segala-galanya PANDANGAN KELEMBAGAAN Usaha penyelenggara negara PANDANGAN KEKUASAAN Mempertahankan atau merebut PANDANGAN FUNGSIONALISME Kebijakan publik PANDANGAN KONFLIK Perbedaan pandangan

9 GERAKAN SOSIAL POLITIK

10 TEORI GERAKAN SOSIAL POLITIK Gerakan sosial politik lahir dari situasi yang dihadapi masyarakat karena adanya ketidakadilan dan sikap sewenang-wenang terhadap rakyat. Dengan kata lain gerakan sosial lahir sebagai reaksi terhadap sesuatu yang tidak diinginkannya atau menginginkan perubahan kebijakan karena dinilai tidak adil. Dalam perjalanannya gerakan sosial politik hadir karena keinginan untuk membenahi jalannya, seperti yang terjadi di Indonesia dimana sejarah mencatat bahwa gerakan mahasiswa berhasil menumbangkan sebuah rezim yang berkuasa tahun 1966 dan

11 TEORI GERAKAN SOSIAL POLITIK Teori Turner dan Killen Secara formal, gerakan sosial (social Movement) adalah kegiatan kolektif untuk menunjang atau menolak perubahan Teori Rudorf Haberle bahwa gerakan sosial mengandung pengertian gerakan bersama, yaitu suatu bentuk kekacauan di antara manusia, kegelisahan, serta usaha bersama untuk mencapai tujuan yang divisualisasikan, khususnya suatu usaha untuk merubah dalam kelembagaan sosial tertentu.

12 Gerakan sosial politik dibagi dua jenis. Gerakan sosial lama (Old Social Movement) bercirikan memiliki struktur organisasi, ada pelekat ideologi (dasar pemikiran yang digunakan sebagai landasan perjuangan), memiliki identitas yang jelas dan dikenal oleh khalayak umum. Contoh : kelompok-kelompok mahasiswa, kelompok agama seperti Nadhatul Ulama dan Muhammadiyah, dan kelompok masyrakat atau ormas.

13 Gerakan sosial baru (New Social Movement). Menurut Miriam Budiarjo dalam bukun Dasar-Dasar Ilmu Politik “Dasar dari kelompok ini adalah protes. Mereka sangat kritis terhadap cara-cara berpolitik dari para politisi dan pejabat, dan merasa terasingkan (alienasi) dari masyarakat. Mereka menginginkan desentralisasi dari kekuasaan negara, desentralisasi pemerintah, partisipasi dalam peningkatan swadaya, terutama masyrakat lokal. Tujuannya antara lain meningkatkan kualitas hidup (quality of life). Contoh lingkungan, gerakan perempuan, hak asasi manusia, dan gerakan antinuklir”

14 PERGERAKAN MAHASISWA

15 PERGERAKAN PRA KEMERDEKAAN DI INDONESIA Angkatan 1908 (Era Perintis) Ditandai oleh berdirinya Boedi Oetomo Angkatan 1928 (Era Penggerak) Ditandai oleh Soempah Pemoeda Angkatan 1945 Ditandai oleh Kemerdekaan Indonesia

16 PERGERAKAN PASCA KEMERDEKAAN Angkatan 1966 Runtuhnya Orde Lama - Persaingan antara Soekarno-Militer - Munculnya banyak partai politik (termasuk PKI) -MI, GMNI, PMII, CGMI dan KAMI didirikan: -Tarik-menarik kepentingan antara underbow partai politik atau independensi -Mahasiswa melakukan protes dgn Tritura: Bubarkan PKI, Rombak Kabinet Dwikora, turunkan Harga -Dukungan terhadap gerakan mahasiswa mulai mengalir (parpol, ormas, kostrad) -11 Maret 1966 dikeluarkan Supersemar: Soeharto sebagai penguasa keadaan darurat. PKI dibubarkan

17 PERGERAKAN PASCA KEMERDEKAAN Angkatan 1974 Munculnya NKK dan BKK Pasca keberhasilan menggulingkan Orla, gerakan mahasiswa mulai mengevaluasi perannya di masa dpn Setelah bersahabat, kini berkonfrontasi dengan militer Menteri P dan K, Daud Joesoef mengeluarkan SK tentang Normalisasi Kehidupan Kampus (NKK) dan SK ttg pembentukan Badan Koordinasi Kampus (BKK)

18 PERGERAKAN PASCA KEMERDEKAAN Angkatan 1990 Dicabutnya NKK dan BKK Mendikbud Fuad Hasan mencabut NKK-BKK Muncul SK Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan (PUOK) Senat Mahasiswa (termasuk di dalamnya senat fakultas & UKM) Berdiri Dewan Mahasiswa di UGM yang kemudian diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di tanah air sebagai landasan bagi pendirian model organisasi kemahasiswaan alternatif yang independen

19 PERAN MAHASISWA Peran mahasiswa Peran akademik Peran politik Peran moral Peran sosial Sebagai kontrol sosial Sebagai pressure group Pembela hak rakyat Pemberi solusi

20 PERGERAKAN MAHASISWA HARI INI Gerakan mahasiswa di Indonesia adalah kegiatan kemahasiswaan yang ada di dalam maupun di luar perguruan tinggi yang dilakukan untuk meningkatkan kecakapan, intelektualitas dan kemampuan kepemimpinan para aktivis yang terlibat di dalamnya.

21 PERGERAKAN MAHASISWA HARI INI Saat ini, mahasiswa dinilai kehilangan orientasi gerakan. Gerakan mahasiswa menjadi mandul, tidak substansif. Idealisme yang diagung-agungkan sejak masa lampau akhirnya dengan sendirinya tergerus oleh zaman yang menghadirkan persaingan yang tidak sehat. Fenomena ini dilihat dari tidak masivnya perjuangan mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi. Kemandulan idealisme menjadi sebuah ’tuduhan’ hal ini akawal atas fenomena ini. Jangan sampai hirnya menjadi mitos, bahwa kemandulan aksi dan perjuangan mahasiswa bertekuk lutut pada yang namanya fashion, food, and film.

22 PERGERAKAN MAHASISWA HARI INI Kemunduran ini juga sampai kedalam tubuh organisasi- organisasi kemahasiswaan. Banyak mahasiswa yang memilih menjadi intelektual tradisional (rumah-kampus- rumah). Mungkin karena tuntutan hidup yang tidak menganjurkan mahasiswa untuk berlama-lama di kampus. Biaya kuliah semakin mahal dari tahun ke tahunnya. Dalam kasus ini kita tidak bisa menghakimi kawan mahasiswa yang lainnya yang apatis.

23 PERGERAKAN MAHASISWA HARI INI Bertolak belakang dengan para aktivis yang menyebut dirinya sebagai pelopor pergerakan atau kaum idealis. Menjadi intelektual organik adalah pilihan hidup. Yang tetap menjaga jangan sampai idealisme mahasiswa untuk memperjuangkan kesejahteraan sirna oleh kemilau kemajuan teknologi yang memudahkan hidup dengan mengenyampingkan semangat berpikir. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa terpasung oleh tawaran menggiurkan bernama globalisasi dan pasar bebas yang menyediakan segala sarana bagi manusia.

24 ”……Masa kini adalah masanya kita. Siapa yang diam, dia akan ditinggalkan dan dilupakan oleh Sejarah. Hanya orang kritis dan beranilah yang membuat perubahan….”

25 MARI DISKUSI 1.Bagaimana analisis fenomena politik indonesia hari ini dalam konsep ilmu politik? 2.Bagaimana analisis peran gerakan sosial politik dalam penegakan hukum di Indonesia? 3.Bagimana analisis peran mahasiswa sebagai social control terhadap kondisi politik dan pemerintahan Indonesia hari ini?

26 @IYPInstitue / iypinstitute.blogspot.com Jl. Gondang Timur 1 Nomor 31 Bulusan, Tembalang, Semarang

27 Pesan? “ Jadilah Mahasiswa yang seimbang dalam BUKU – AKSI – CINTA ”


Download ppt "DIPONEGORO POLITICAL SCHOOL FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google