Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Pengertian Kebudayaan  Secara Etimologis : ♦Buddayah → Buddi : akal budi ♦Buddayah → Buddi : akal budi ♦Hal-hal yang berkaitan dengan akal, gagasan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Pengertian Kebudayaan  Secara Etimologis : ♦Buddayah → Buddi : akal budi ♦Buddayah → Buddi : akal budi ♦Hal-hal yang berkaitan dengan akal, gagasan,"— Transcript presentasi:

1 1. Pengertian Kebudayaan  Secara Etimologis : ♦Buddayah → Buddi : akal budi ♦Buddayah → Buddi : akal budi ♦Hal-hal yang berkaitan dengan akal, gagasan, hasil gagasan atau hasil pikiran. ♦Hal-hal yang berkaitan dengan akal, gagasan, hasil gagasan atau hasil pikiran.

2  Secara Ilmiah : ♦ E.B. Taylor : Keseluruhan yang kompleks, yang didalam nya terkandung Ilmu pengetahuan, keperca yaan, kesenian moral, keilmuan, adat istia - dat dan kemampuan yang lain serta kebia - saan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat. ♦ Ki Hajar Dewantara : Buah budi manusia dalam hidup bermasya- rakat. ♦ Ki Hajar Dewantara : Buah budi manusia dalam hidup bermasya- rakat.

3 ♦ Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi : Semua hasil karya, rasa dan cipta masyara- kat. ♦ Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi : Semua hasil karya, rasa dan cipta masyara- kat. ♦ Koentjaraningrat : Keseluruhan kegiatan yang meliputi tindak- an, perbuatan, tingkah laku manusia dan ha sil karyanya yang di dapat dengan belajar. ♦ Koentjaraningrat : Keseluruhan kegiatan yang meliputi tindak- an, perbuatan, tingkah laku manusia dan ha sil karyanya yang di dapat dengan belajar.

4 2. Wujud Kebudayaan : Berdasarkan wujudnya kebudayaan dapat dibedakan menjadi kebudayaan yang bersifat abstrak dan kebudayaan yang bersifat konkrit. ☻Kebudayaan yang bersifat abstrak : Letaknya ada dalam pikiran manusia sehing ga tidak dapat diraba/difoto. Misalnya terwu jud sebagai ide, gagasan, nilai-nilai, norma, peraturan dan cita-cita. ☻Kebudayaan yang bersifat kongkrit : Berwujud pola tindakan atau perbuatan dan aktivitas manusia di dalam masyarakat yang dapat diraba, dilihat, diamati dan disimpan atau difoto. ☻Kebudayaan yang bersifat abstrak : Letaknya ada dalam pikiran manusia sehing ga tidak dapat diraba/difoto. Misalnya terwu jud sebagai ide, gagasan, nilai-nilai, norma, peraturan dan cita-cita. ☻Kebudayaan yang bersifat kongkrit : Berwujud pola tindakan atau perbuatan dan aktivitas manusia di dalam masyarakat yang dapat diraba, dilihat, diamati dan disimpan atau difoto.

5 Secara rinci beberapa ahli membagi : ♦ J.J. Honigman : Dalam Bukunya “ The Word of man “ mem- bagi wujud kebudayaan : ♥ Ideas ♥ Activities ♥ Artefac Secara rinci beberapa ahli membagi : ♦ J.J. Honigman : Dalam Bukunya “ The Word of man “ mem- bagi wujud kebudayaan : ♥ Ideas ♥ Activities ♥ Artefac ♦ Koentjaraningrat : ♥ Kompleks ide-ide, gagasan, nilai, norma, peraturan. ♥ Komplek aktivitas kelakuan berpola dari manusia. ♥ Benda-benda hasil karya manusia. ♦ Koentjaraningrat : ♥ Kompleks ide-ide, gagasan, nilai, norma, peraturan. ♥ Komplek aktivitas kelakuan berpola dari manusia. ♥ Benda-benda hasil karya manusia.

6 3. Substansi Kebudayaan : ♥ Sistem Pengetahuan Sistem perencanaan untuk menentukan, menyimpulkan, gagasan2 hasil pengamat- an. ♥ Sistem Pengetahuan Sistem perencanaan untuk menentukan, menyimpulkan, gagasan2 hasil pengamat- an. Pengetahuan muncul dari rasa ingin tahu. Pengetahuan muncul dari rasa ingin tahu. PENGETAHUAN NON ILMIAH PENGAMATAN, PENGALAMAN,PENYIMPULAN GAGASAN DISERTAI KEPERCAYAAN I L M I A H PENGAMATAN, PENGALAMAN, PENYIMPULAN GAGASAN DISERTAI AKAL SEHAT

7 Sistem Pengetahuan manusia meliputi : ● Pengetahuan tentang alam sekitar ● Pengetahuan tentang flora Sistem Pengetahuan manusia meliputi : ● Pengetahuan tentang alam sekitar ● Pengetahuan tentang flora ● Pengetahuan tentang fauna ● Pengetahuan tentang fauna ● Pengetahuan tentang ciri-ciri dan sifat benda-benda disekitarnya. ● Pengetahuan tentang ciri-ciri dan sifat benda-benda disekitarnya. ● Pengetahuan tentang tubuh manusia ● Pengetahuan tentang tubuh manusia ● Pengetahuan manusia ttg. ruang dan waktu ● Pengetahuan manusia ttg. ruang dan waktu ● Pengetahuan manusia tetang sifat dan ting- kah laku manusia. ● Pengetahuan manusia tetang sifat dan ting- kah laku manusia.

8 ♥ N i l a i Segala sesuatu yang dianggap baik, yang sela lu diinginkan, dicita-citakan dan dianggap pen- ting oleh seluruh manusia sebagai anggota ma syarakat. ♥ N i l a i Segala sesuatu yang dianggap baik, yang sela lu diinginkan, dicita-citakan dan dianggap pen- ting oleh seluruh manusia sebagai anggota ma syarakat. ♥ Pandangan Hidup Suatu falsafah yang dianut oleh seseorang ber kaitan dengan iman, cipta, rasa dan karsanya. ♥ Pandangan Hidup Suatu falsafah yang dianut oleh seseorang ber kaitan dengan iman, cipta, rasa dan karsanya. ♥ Kepercayaan (Sistem religi) Kesadaran dalam diri seseorang, akan adanya kekuatan lain yang berada diluar dirinya yang tidak mungkin dijangkau oleh akal pikirannya. ♥ Kepercayaan (Sistem religi) Kesadaran dalam diri seseorang, akan adanya kekuatan lain yang berada diluar dirinya yang tidak mungkin dijangkau oleh akal pikirannya.

9 ♥ Persepsi (Sudut Pandang) : ♥ Persepsi (Sudut Pandang) : Suatu titik tolak pemikiran yang tersusun dalam seperangkat kata-kata yang digunakan untuk memahami kejadian atau gejala dalam kehidup- an. Suatu titik tolak pemikiran yang tersusun dalam seperangkat kata-kata yang digunakan untuk memahami kejadian atau gejala dalam kehidup- an. ♥ Etos / Jiwa Kebudayaan : ♥ Etos / Jiwa Kebudayaan : Watak khas anggota masyarakat yang tercer - min dalam : gaya perilakunya, kegemaran-kege marannya, serta berbagai benda hasil karya mereka. Watak khas anggota masyarakat yang tercer - min dalam : gaya perilakunya, kegemaran-kege marannya, serta berbagai benda hasil karya mereka.

10

11

12

13 4. Unsur-unsur Kebudayaan : Menurut beberapa ahli : ☻Melville J. Herkovits : ♥ alat-alat tehnologi ♥ sistem ekonomi ♥ keluarga ♥ kekuasaan politik ☻Bronslow Malinowski : ♥ Sistem norma yang memungkinkan kerja sama antar anggota masy. ☻Bronslow Malinowski : ♥ Sistem norma yang memungkinkan kerja sama antar anggota masy. ♥ Organisasi ekonomi ♥ Organisasi ekonomi ♥ Alat-alat dan lembaga atau petugas pendidikan seperti keluarga. ♥ Organisasi kekuatan ♥ Alat-alat dan lembaga atau petugas pendidikan seperti keluarga. ♥ Organisasi kekuatan

14 ☻C. H. Cluckhohn : ♥ Peralatan dan perlengkapan hidup manu sia (pakaian, rumah, alat2 rumah tangga, senjata, alat2 produksi, transportasi) ♥ Mata pencah. hidup & sistem ekonomi (pertanian, peternk, sis. produksi, sistem distribusi dsb.) ♥ Sistem kemasyarakatan (sis. Kekerabat- ☻C. H. Cluckhohn : ♥ Peralatan dan perlengkapan hidup manu sia (pakaian, rumah, alat2 rumah tangga, senjata, alat2 produksi, transportasi) ♥ Mata pencah. hidup & sistem ekonomi (pertanian, peternk, sis. produksi, sistem distribusi dsb.) ♥ Sistem kemasyarakatan (sis. Kekerabat- an, orpol, sis. hukum, sis. Perkawinan). ♥ Bahasa (lisan maupun tulisan ) ♥ Kesenian ( seni rupa, suara, gerak ) ♥ Sistem religi (kepercayaan ) an, orpol, sis. hukum, sis. Perkawinan). ♥ Bahasa (lisan maupun tulisan ) ♥ Kesenian ( seni rupa, suara, gerak ) ♥ Sistem religi (kepercayaan )

15 Curtural Activity Cultural Activity Trait Complex Trait Complex Trait Complex Trait Item

16 4. Fungsi Kebudayaan : ♥ Hasil karya manusia melahirkan tehnologi atau kebudayaan kebendaan (materi). ♥ Karsa masyarakat yang merupakan perwu- judan dari nilai dan norma sosial dapat menghasilkan tata tertib dalam pergaulan kemasyarakatan. ♥ Karsa masyarakat yang merupakan perwu- judan dari nilai dan norma sosial dapat menghasilkan tata tertib dalam pergaulan kemasyarakatan. ♥ Di dalam kebudayaan juga terdapat pola- pola perilaku (patterns of behavior) yang me rupakan cara-cara masyarakat untuk bertin- dak atau berkelakuan yang sama dan harus diikuti oleh semua anggota masyarakat tsb. ♥ Di dalam kebudayaan juga terdapat pola- pola perilaku (patterns of behavior) yang me rupakan cara-cara masyarakat untuk bertin- dak atau berkelakuan yang sama dan harus diikuti oleh semua anggota masyarakat tsb.

17 5. Karakteristik Kebudayaan : ♥ Kebudayaan adalah milik bersama ♥ Kebudayaan adalah milik bersama ♥ Kebudayaan merupakan hasil belajar ♥ Kebudayaan merupakan hasil belajar ♥ Kebudayaan didasarkan pada lambang ♥ Kebudayaan didasarkan pada lambang ♥ Kebudayaan merupakan integrasi dari unsur-unsur. ♥ Kebudayaan merupakan integrasi dari unsur-unsur.


Download ppt "1. Pengertian Kebudayaan  Secara Etimologis : ♦Buddayah → Buddi : akal budi ♦Buddayah → Buddi : akal budi ♦Hal-hal yang berkaitan dengan akal, gagasan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google