Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PLASMODIUM KNOWLESI NAMA KELOMPOK 5: Ganistri Rima Melati Martono Herman Perdana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PLASMODIUM KNOWLESI NAMA KELOMPOK 5: Ganistri Rima Melati Martono Herman Perdana."— Transcript presentasi:

1 PLASMODIUM KNOWLESI NAMA KELOMPOK 5: Ganistri Rima Melati Martono Herman Perdana

2 Plasmodium knowlesi Plasmodium knowlesi adalah parasit dari genus Plasmodium yang secara alami menginfeksi monyet ekor panjang (Macaca fascicularis).Parasit ini banyak ditemui di Asia Tenggara dan sudah menyerang manusia.P. knowlesi ditransmisikan dengan menggunakan nyamuk dari kelompok Anophleles leucosphyrus sebagai vektor perantara, salah satunya adalah Anophleles latens. Plasmodiummonyet ekor panjang Asia Tenggara Anophleles leucosphyrusAnophleles latens Parasit ini memiliki kemampuan untuk bereproduksi setiap 24 jam di dalam darah dan hal ini dapat berpotensi menyebabkan kematian. [3] Manusia yang terinfeksi P. knowlesi cenderung mengalami penurunan jumlah trombosit di dalam darah dan hal ini dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit tersebut [3]

3 Lanjutan... Untuk pemeriksaan atau diagnosis parasit ini, dapat dilakukan pemeriksaan sediaan darah tipis dan tebal kemudian diamati di bawah mikroskop. Penampakan dari P. knowlesi mirip dengan P. malariae, namun biasanya dilakukan pemeriksaan lanjutan secara molekuler dengan menggunakan deteksi PCR.Untuk pengobatan, penderita infeksi P. knowlesi dapat diberi obat klorokuin dan primakuin.P. malariae

4 Gambar siklus hidup plasmodium knowlesi

5 Penjelasan siklus hidup plasmodium knowlesi Vektor utama Plasmodium knowlesi adalah nyamuk Anopheles. Penularan dapat terjadi dari kera ke kera, kera ke manusia, manusia ke manusia atau manusia ke kera. Manusia dapat terinfeksi Plasmodium knowlesiyang ditularkan dari kera atau dari manusia lain melalui perantara gigitan nyamuk Anopheles cracens dan Anopheles maculatus.

6 Lanjutan… Di dalam tubuh nyamuk, Plasmodium knowlesi mengalami hidup gametosit →(mikrogamet atau makrogamet) →zigot →ookinet → ookista →sporozoit. Saat nyamuk Anopheles menghisap darah manusia penularan terjadi melalui saliva. Di dalam hati manusia akan terjadi siklus sporozoit →skizon →merozoit.

7 SEKIAN DAN TERIMAKASIH


Download ppt "PLASMODIUM KNOWLESI NAMA KELOMPOK 5: Ganistri Rima Melati Martono Herman Perdana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google