Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dua Sejoli Sebrang Pulau Dewata. Mengapa? Mengapa menikah? Apa yang membuat manusia menikah? Mengapa mempunyai anak? Apakah keberadaan keluarga ditentukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dua Sejoli Sebrang Pulau Dewata. Mengapa? Mengapa menikah? Apa yang membuat manusia menikah? Mengapa mempunyai anak? Apakah keberadaan keluarga ditentukan."— Transcript presentasi:

1 Dua Sejoli Sebrang Pulau Dewata

2 Mengapa? Mengapa menikah? Apa yang membuat manusia menikah? Mengapa mempunyai anak? Apakah keberadaan keluarga ditentukan dengan adanya anak? Apakah sebuah masyarakat bisa bertahan tanpa adanya perkawinan?

3 Perkawinan Apakah perkawinan termasuk sebuah lembaga sosial? Apakah “lembaga sosial” itu?

4 Apa itu Institusi Sosial ? (Horton & Hunt) Serangkaian cara kebiasaan dan adat istiadat yang terorganisasi menyangkut kegiatan utama manusia. Sistem jalinan hubungan sosial yang terorganisasi yang mencakup nilai-nilai umum dan tata cara tertentu serta berfungsi untuk memenuhi beberapa kebutuhan dasar tertentu dari masyarakat.

5 LEMBAGA SOSIAL Soerjono Soekanto : Adalah kumpulan norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada kebutuhan pokok manusia.

6 Ciri-ciri umum 1. Organisasi pola-pola pemikiran dan pola- pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas-aktivitas kemasyarakatan dan hasil-hasilnya. 2. Melalui waktu yang relatif lama. Ada suatu tingkat kekekalan tertentu. Sebuah sistem kepercayaan dan aneka macam tindakan, baru akan menjadi bagian lembaga bila telah berlangsung dalam waktu yang relatif lama (unsur stabil).

7 Ciri-ciri umum 3. Mempunyai tujuan tertentu. Tujuan berkaitan dengan tujuan bagi golongan masyarakat tertentu dan golongan masyarakat tertentu berpegang teguh padanya. Fungsi berkaitan dengan peranan lembaga dalam sistem sosial yang belum tentu disadari oleh golongan masyarakat tertentu. 4. Ada peralatan yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu tersebut. Ada benda materiil yang menunjang dicapainya tujuan lembaga.

8 Ciri-ciri umum 5. Ada lambang-lambang yang menjadi ciri khas lembaga. 6. Mempunyai tradisi entah itu tertulis maupun lisan yang merumuskan tujuannya, tata tertib yang berlaku dan lain-lain.

9 Fungsi 1. Memberikan pedoman pada anggota masyarakat, dalam bertingkah laku dan bersikap untuk menghadapi masalah kemasyarakatan yang menyangkut kebutuhan-kebutuhan. 2. Menjaga keutuhan masyarakat. 3. Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial = sistem pengawasan masyarakat terhadap anggota-anggotanya.

10 Apa saja jenis Institusi Sosial yang penting dalam kehidupan kita? Institusi Keluarga Institusi Pendidikan Institusi Agama Institusi Ekonomi Institusi Politik

11 Institusi Keluarga Keluarga (Family) adalah sebuah kelompok sanak kerabat (kekerabatan) yang melakukan pengasuhan anak dan memberikan pemenuhan atas beberapa kebutuhan manusiawi. Dua tipe keluarga yang penting Keluarga batih (nuclear family) Keluarga luas (extended family)

12 Nilai-nilai/Aturan dalam Institusi Keluarga Larangan Perkawinan Incest Taboo Eksogami (melarang perkawianan dengan anggota kelompok) dan Endogami (mewajibkan perkawinan dalam kelompok) Larangan perkawinan berdasarkan atas suku, agama, ras, kelas sosial, aliran politik, dll. Tradisi perjodohan Bentuk Perkawinan Monogami Poligami –Poligini (1 laki-laki, lebih dari 1 perempuan) –Poliandri (1 perempuan, lebih dari 1 lai-laki) –Perkawinan Kelompok (lebih dari 1 laki-laki dan perempuan) –Poligini sororal (1 laki-laki dengan lebih dari 1 perempuan yang masih saudara kandung) Aturan mengenai keturunan Patrilineal Matrilineal Bilateral Aturan tentang Pola Tempat Tinggal Patrilokal, Matrilokal, Matri-patrilokal, Patri-matrilokal Bilokal (dapat memilih di pihak laki-laki atau perempuan) Neolokal (menetap di luar tempat asal keluarga) Avunculokal (menetap di desa kakak laki-laki ibu)

13 Apa Fungsi Keluarga ? (Horton & Hunt) Pengaturan Seks Reproduksi Sosialisasi Afeksi Definisi Status Perlindungan Ekonomi

14 Keluarga Modern Perubahan Gaya Hidup Keluarga Modern Hidup bersama diluar nikah Keluarga homoseksual Hidup celibat Kekerasan dalam Keluarga Kekerasan suami terhadap istri Kekerasan orang tua terhadap anak Kekerasan anggota keluarga terhadap orang lain yang hidup serumah, dll.

15 Institusi Pendidikan Jenis institusi pendidikan Institusi pendidikan formal Sekolah Universitas Institusi pendidikan non-formal Pendidikan di rumah Pendidikan di luar rumah Pendidikan di media massa Fungsi Pendidikan Fungsi Manifest Fungsi Laten

16 Apa itu agama? (Emile Durkheim) Agama adalah sebuah sistem terpadu yang terdiri dari kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci Kepercayaan dan praktik itu mempersatukan orang-orang yang beriman dalam satu komunitas yang dinamakan umat. Agama mengenal dua pengklasifikasian yaitu yang sakral/suci dan yang profan.

17 Institusi Agama Beberapa hal yang dipelajari berkaitan dengan institusi agama yaitu Simbol keagamaan Praktik keagamaan Pengelompokan keagamaan (sekte dan aliran) Pengalaman keagamaan Sikap dan toleransi keagamaan (klaim kebenaran)

18 Institusi Agama Fungsi Agama Fungsi Positif Integratif Fungsi Negatif disintegratif Agama pada masyarakat modern Proses Sekularisasi Proses Fundamentalisasi dan Radikalisasi Proses Pluralisasi Proses Liberalisasi Proses Individualisasi Hubungan antara institusi agama dengan institusi lainnya dalam masyarakat Agama dan keluarga Agama dan politik Agama dan ekonomi Agama dan pendidikan

19 Institusi Ekonomi Institusi ekonomi adalah institusi sosial yang terlibat dalam kegiatan produksi dan distribusi barang dan jasa dalam masyarakat. Dua ideologi ekonomi yang penting Kapitalisme (penguasaan alat produksi oleh pemilik modal, kepemilikan pribadi, profit oriented, persaingan bebas, penumpukan modal, penciptaan kekayaan, ekspansionis) Sosialisme (penguasaan alat produksi oleh negara dan pengaturan distribusi komoditas dilakukan oleh negara)

20 Institusi Politik Institusi politik adalah perangkat aturan dan status yang mengkhususkan diri pada pelaksanaan kekuasaan dan wewenang. (Kornblum) Dalam institusi politik terdapat tiga tipe dominasi (Max Weber) Dominasi Kharismatik Dominasi Tradisional Dominasi Legal-rasional


Download ppt "Dua Sejoli Sebrang Pulau Dewata. Mengapa? Mengapa menikah? Apa yang membuat manusia menikah? Mengapa mempunyai anak? Apakah keberadaan keluarga ditentukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google