Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Studi teks tafsir al-Wadhih BIOGRAFI IDENTITAS TAFSIR IDENTITAS TAFSIR SISTEMATIKA PENULISAN SISTEMATIKA PENULISAN CORAK PENAFSIRAN CORAK PENAFSIRAN Powerpoint.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Studi teks tafsir al-Wadhih BIOGRAFI IDENTITAS TAFSIR IDENTITAS TAFSIR SISTEMATIKA PENULISAN SISTEMATIKA PENULISAN CORAK PENAFSIRAN CORAK PENAFSIRAN Powerpoint."— Transcript presentasi:

1

2 Studi teks tafsir al-Wadhih BIOGRAFI IDENTITAS TAFSIR IDENTITAS TAFSIR SISTEMATIKA PENULISAN SISTEMATIKA PENULISAN CORAK PENAFSIRAN CORAK PENAFSIRAN Powerpoint ini dibuat untuk persentasi mata kuliah studi teks tafsir Dosen pengampu : Sopyan, M.Ag By: Muhammad Yusri Nur’aina Sastri Yarni Sartika UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU METODE PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN

3 Studi teks tafsir al-Wadhih BIOGRAFI IDENTITAS TAFSIR IDENTITAS TAFSIR SISTEMATIKA PENULISAN SISTEMATIKA PENULISAN CORAK PENAFSIRAN CORAK PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN Muhammad Mahmud Hijazi Ia dilahirkan pada tahun 1914 di wilayah bagian timur mesir. Ia menempuh study di lembaga Zaqaziq.Setelah menyelesaikan studinya di Zaqaziq ia melanjutkan studinya ke Kairo di Fakultas Bahasa Arab dan mendapat gelar keserjanaan dengan cepat karena ia termasuk mahasiswa yang pintar. Kemudian ia ditetapkan menjadi dosen di lembaga Zaqaziq yang merupakan almamaternya. mengadakan diskusi intensif dengan para mahasiswa yang berasal dari daerahnya. Mahmud Hijazi berhasil menyelesaikan gelar doktornya di lembaga Zaqaziq dengan disertasi yang berjudul “al- Wihdah al-Maudhuiyyah li al-Quran al-Karim” (kesatuan tema dalam al-Quran) karena ia memfokuskan studinya dibidang tafsir.

4 Studi teks tafsir al-Wadhih BIOGRAFI IDENTITAS TAFSIR IDENTITAS TAFSIR SISTEMATIKA PENULISAN SISTEMATIKA PENULISAN CORAK PENAFSIRAN CORAK PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN 1.Nama kitab : Nama kitab tafsir yang di karang oleh Muhammad mahmud Hijazi ini adalahAl-Tafsir al-Wadhih 2.Kitab rujukan Yang menjadi rujukan kitab tafsir ini adalah seperti yang dikatakan oleh Muhammad Mahmud Hijazi bahwa adalahAl-Tafsir al- Wadhih ini tidak terlepas jauh dari tafsir sebelumya, seperti al-Fajr, asy-Syihab, al-Ulusi, ath-Thabari dan al-Qurthubi”.

5 Studi teks tafsir al-Wadhih BIOGRAFI IDENTITAS TAFSIR IDENTITAS TAFSIR SISTEMATIKA PENULISAN SISTEMATIKA PENULISAN CORAK PENAFSIRAN CORAK PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN Sumber penafsiran Sumber penafsiran tafsir al-wadhih ini adalah sebagai beikut: 1.Al-qur’an 2.Hadits 3.Riwayat sahabat 4.ijtihad

6 Studi teks tafsir al-Wadhih BIOGRAFI IDENTITAS TAFSIR IDENTITAS TAFSIR SISTEMATIKA PENULISAN SISTEMATIKA PENULISAN CORAK PENAFSIRAN CORAK PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN Sistematika penulisan kitab Al-Wadhih 1.Menjelaskan arti dari nama surat dan konten dan pokok-pokok apa saja yang ada didalamnya. 2.Penjelasan kosa kata (Syarhu al-Mufradat) yang terdapat dalam ayat yang dirasa sulit menurut ukurannya. 3.Penjelasan, pada langkah ini, beliau memberikan penjelasan yang luas dengan dibarengi asbab an-Nuzul jika ada. Terkadang beliau menjelaskan tafsir ayat dengan ayat lain dan bahkan penjelasan para ulama terdahulu yang dianggapnya baik atau shahih. 4.Pada langkah terakhir biasanya beliau memberikan penjelasan pada surat yang dianggap penting atau yang bersangkutan dengan ilmu tafsir seperti apa macam surat ini Makkiyah atau madaniyyah.

7 Studi teks tafsir al-Wadhih BIOGRAFI IDENTITAS TAFSIR IDENTITAS TAFSIR SISTEMATIKA PENULISAN SISTEMATIKA PENULISAN CORAK PENAFSIRAN CORAK PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN Corak penafsiran Corak penafsiran tafsir ini adalah adabul ijtima’I

8 Studi teks tafsir al-Wadhih BIOGRAFI IDENTITAS TAFSIR IDENTITAS TAFSIR SISTEMATIKA PENULISAN SISTEMATIKA PENULISAN CORAK PENAFSIRAN CORAK PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN METODE PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN SUMBER PENAFSIRAN Metode penafsiran 1.Mengelompokan ayat-ayat yang memiliki tema yang sama 2.Menyusun ayat-ayat tersebut sesuai dengan sebab turunnya 3.Membahas ayat tersebut pada surahnya serta menjelaskan kaitannya dengan ayat sebelum dan sesudahnya. 4.Membahas rangkaian tema yang sama tersebut Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa tafsir al-Wadhih cenderung menggunakan metode “maudhu’i” yaitu mengklasifikasikan ayat-ayat dalam satu surat dengan memberikan tema sentral, mencantumkan sebab nuzul dan melakukan munasabah ayat


Download ppt "Studi teks tafsir al-Wadhih BIOGRAFI IDENTITAS TAFSIR IDENTITAS TAFSIR SISTEMATIKA PENULISAN SISTEMATIKA PENULISAN CORAK PENAFSIRAN CORAK PENAFSIRAN Powerpoint."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google