Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Desi Nilasari120810301083 Amalia Dyah N.120810301088 Linda Trisna Juliana 120810301091 Reza Ayu Kahfi 120810301092 Azzilizza Febri R. 120810301112.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Desi Nilasari120810301083 Amalia Dyah N.120810301088 Linda Trisna Juliana 120810301091 Reza Ayu Kahfi 120810301092 Azzilizza Febri R. 120810301112."— Transcript presentasi:

1 Desi Nilasari Amalia Dyah N Linda Trisna Juliana Reza Ayu Kahfi Azzilizza Febri R

2  Nama perusahaan : Moonbeam Electronics  Lokasi : springfield barat daya Missouri, Amerika Serikat  Bidang Usaha : Munufatur, perakitan peralatan listrik kecil  Negara pemasok komponen bahan baku : Jepang, taiwan, korea dan cina  Karyawan : > 400 orang  Wakil presiden logistik : jim harrison  Ekport : 25 % dari output

3  Walaupun biaya tenaga kerja mungkin lebih rendah di meksiko atau asia, moonbeam tidak pernah berfikir untuk memindahkan operasi produksinya keluar dari negaranya.  Karena upah dan biaya manfaat yang moderat dan tenaga kerja yang produktif.  Jim Harrison, wakil presiden logistik Moonbeam, telah berkomunikasi dengan seorang patner yang pekerjaan pada produksi Toyota di Kentucky.

4  Toyota memanfaatkan zona perdagangan luar negeri (FTZ) dan Moonbeam bisa mendapatkan keuntungan dari situ juga.  Jim memutuskan untuk melihat pabrik Toyota dan mempelajari lebih lanjut tentang konsep FTZ.  Jim belajar bahwa impor komponen mobil Toyota berasal dari Jepang. Dengan memanfaatkan FTZ perusahaan dapat menghindari pembayaran bea cukai pada bagian komponen sampai produksi suatu mobil selesai dan diekspor meninggalkan FTZ.  Jim memahami bahwa FTZ adalah daerah di Amerika Serikat yang dianggap wilayah internasional, dan oleh karena itu bea cukai US tidak berlaku.

5  Ada dua jenis FTZ, general-purpose trade zone dan Subzone.  General-purpose trade zone beroperasi untuk kepentingan beberapa perusahaan yang berbeda  Subzone didirikan untuk digunakan satu perusahaan eksklusif.  Toyota memiliki Subzone untuk operasi produksi di Kentucky.  Jim telah menyimpulkan bahwa ada tiga manfaat beroperasi di FTZ : (1) menunda pembayaran bea, (2) memungkinan penghapusan bea, dan (3) melewati peraturan bea cukai AS.  Jim yakin bahwa Moonbeam dapat mewujudkan semua manfaat tersebut, tapi ia ingin menyelidiki lebih lanjut ide ini sebelum secara resmi menyajikan proposal kepada manajemen senior.

6 1. Telitilah mengenai zona perdagangan luar negeri dan tentukan apakah Jim benar atas pernyataannya berkenaan dengan manfaat potensial?

7  Menurut kelompok kami pernyataan Jim yang berkenaan dengan manfaat potensial adalah benar. Manfaat itu meliputi:  1. menunda pembayaran bea,  Menurut website Foreign Trade Zones Board (FTZB): One of the benefits join with FTZ is Duties and excise taxes on foreign merchandise admitted to a zone will be deferred until the goods are transferred from the zone to the Customs territory for consumption.

8 3. melewati peraturan bea cukai AS Ketika Moonbeam bergabung dengan organisasi FTZ, Moonbean tidak terbebani oleh peraturan amerika serikat yang berkaitan dengan bea dan pajak ekspor- impor, karena apabila beberapa negara melakukan kerjasama dalam lingkungan FTZ, maka negara itu akan menggunakan peraturan bea cukai yang disepakati FTZB yang mana peraturan tersebut lebih fleksibel. Sehingga peraturan bea cukai di masing- masing negara menjadi tidak berlaku karena mereka menggunakan peraturan FTZ.

9 2. memungkinan penghapusan bea Ketika bergabung dengan FTZ, Moonbeam dapat menghilangkan biaya-biaya seperti bea cukai atau pajak yang berkaitan dengan proses impor komponen bahan baku sampai barang produksi siap untuk diekspor. Misalnya saja ketika Moonbeam harus meretur suatu komponen yang tidak sesuai, maka akan terdapat biaya tambahan untuk retur komponen tersebut. Biaya retur ini bisa dihilangkan bila Moonbeam bergabung dengan FTZ.

10  Secara khusus, bagaimana mungkin Moonbeam mendapatkan manfaat dari pembentukan FTZ? Apakah ada kerugian?

11  Jadi ketika Moonbeam nanti bergabung dengan FTZ, maka moonbeam akan mendapatkan manfaat dalam zona ini.  Misalnya : ketika Moonbeam melakukan proses produksi dan melakukan impor selama proses perakitan tersebut, dimana suatu ketika terjadi retur barang, maka Moonbeam tidak perlu membayar pajak pengirimannya. Namun ketika barang yang dirakit tersebut sudah jadi dan kemudian di ekspor maka barulah Moonbeam membayar pajak bea cukai. Jadi disini bisa dilihat bahwa FTZ bisa memberikat manfaat bagi Moonbeam

12  Manfaat: Contoh lainnya, adalah maanfaat mengenai fleksibilitas yang diperoleh Moonbeam. Jika barang sudah diekspor, misalnya ke Inggris (Anggota FTZ). Maka disini Moonbeam tidak perlu mengikuti peraturan bea pajak yang di terapkan Inggris. Hal ini dikarenakan dalam FTZB, sudah diatur tentang peraturan bea pajak bagi negara- negara impor-ekspor yang menjadi anggota dari FTZ tersebut.

13  Ketika Moombeam mengabil keputusan bergabung dengan FTZ, maka pastilah ada resiko didalamnya yang mungkin saja menyebabkan kerugian.  Contohnya : Moonbeam dalam kasus ini bisa saja salah memilih jenis FTZ, yaitu diantara General- purpose Trade Zone Dan Subzone. Apabila Moombeam memilih General-purpose Trade Zone, maka tentunya akan membutuhkan biaya yang lebih banyak untuk berpindah area. Sedangkan bila Moombeam memilih Subzone, biaya-nya bisa digunakan dalam peningkatan proses produksi.

14  Kerugian lainnya : Ketika Moonbeam sudah bergabung dalam FTZ, dan melakukan kerjasama impor-ekspor dengan negara non-Anggota FTZ Moonbeam tidak bisa menerapkan peraturan FTZ. Hal inilah yang menyebabkan Moonbeam tidak bisa memperoleh keuntungan yang sama ketika bekerjasama dengan sesama anggota FTZ. Hal ini secara tidak langsung dapat menambah beban Moonbean dalam konteks bea cukai-nya.

15  Apakah Anda merekomendasikan Moonbeam membentuk sebuah Subzone? Jelaskan

16 Iya, lebih baik Moonbeam mendirikan Subzone. Alasan :  Subzone digunakan untuk perusahaan khusus (exclusive) yang tidak bisa tergolong dalam GPZ. seperti Toyota, Ford, GE  Moonbeam melakukan proses produksi di lokasinya sendiri.  Moonbeam merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur.  Apabila moonbeam tergabung dalam GPZ, maka moonbeam harus memindahkan lokasi produksinya ke tempat yang sudah disediakan  Lokasi yang lebih tepat untuk perusahaan manufaktur lebih baik di tempat yang agak jauh dari pusat kota (titik pusat/port) agar tidak mengganggu aktivitas perusahaan lain.

17

18

19

20

21  Moonbeam Electronics adalah produsen peralatan listrik kecil. Jim seorang wakil presiden logistik ingin memasuki FTZ sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan dan mengurangi bea dan pajak bagi perusahaannya.  Dengan memasuki FTZ, Moonbeam tentunya dapat menunda pembayaran bea, memungkinan penghapusan bea, dan melewati peraturan bea cukai AS sehingga hal ini merupakan keuntungan besar bagi Moonbeam.  Namun Jim juga perlu memperhitungkan resiko yang ditimbulkan jika perusahaan salah memilih jenis FTZ dan manfaat dari FTZ hanya bisa didapatkan jika perusahaan bekerjasama dengan perusahaan yang bergabung dengan FTZ.  Sebaiknya Moonbeam menggunakan FTZ jenis subzone karena Moonbeam tidak perlu memindahkan lokasi produksinya dan hal ini menjadikan Moonbean dapat menghemat biaya pemindahan pabrik.

22 THANK YOU


Download ppt "Desi Nilasari120810301083 Amalia Dyah N.120810301088 Linda Trisna Juliana 120810301091 Reza Ayu Kahfi 120810301092 Azzilizza Febri R. 120810301112."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google