Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Turut Qur’an dan Hadist, Jalan Keselamatan……. Siswoyo HS FE UNEJ Konsep Teori Perdagangan Internasional Pendahuluan Arti Perdagangan Motif Perdagangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Turut Qur’an dan Hadist, Jalan Keselamatan……. Siswoyo HS FE UNEJ Konsep Teori Perdagangan Internasional Pendahuluan Arti Perdagangan Motif Perdagangan."— Transcript presentasi:

1 Turut Qur’an dan Hadist, Jalan Keselamatan……. Siswoyo HS FE UNEJ Konsep Teori Perdagangan Internasional Pendahuluan Arti Perdagangan Motif Perdagangan Manfaat Perdagangan

2 Turut Qur’an dan Hadist, Jalan Keselamatan……. Siswoyo HS FE UNEJ PENDAHULUAN Perkembangan hubungan antar negara dewasa ini terutama pasca Perang Dingin diwarnai dengan isu- isu yang bersifat high politics seperti isu ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, HAM dan teknologi informasi. Salah satu perkembangan yang cukup menarik untuk dipelajari adalah permasalahan hubungan antar negara dalam kaitannya dengan hubungan perdagangan antar negara. Perdagangan antar negara terjadi karena masing- masing negara tidak secara penuh mampu memenuhi kebutuhan dalam negerinya karena keterbatasan sumber daya yang ada.

3 Turut Qur’an dan Hadist, Jalan Keselamatan……. Siswoyo HS FE UNEJ PENDAHULUAN (Lanjutan) Dewasa ini, hampir tidak ada negara yang mampu memenuhi semua kebutuhannya sendiri tanpa mengimpor barang/jasa dari negara lain. Jepang misalnya, masih mengimpor gas alam cair (liquid natural gas) dari Indonesia. Sebaliknya, Indonesia mengimpor barang-barang modal dari Amerika untuk keperluan pembangunan industri. Kesenjangan antara sumber daya yang dimiliki dengan kemampuan pemenuhannya, telah mendorong negara- negara untuk melakukan perdagangan.

4 Turut Qur’an dan Hadist, Jalan Keselamatan……. Siswoyo HS FE UNEJ Arti Perdagangan Perdagangan internasional adalah pertukaran barang dan jasa antara dua atau lebih negara di pasar dunia. Perdagangan diartikan sebagai proses tukar menukar yang didasarkan atas kehendak sukarela dari masing- masing fihak. Masing-masing fihak harus mempunyai kebebasan untuk menentukan untung-rugi pertukaran tersebut dari sudut kepentingan masing-masing, dan kemudian menentukan apakah ia mau atau tidak melakukan pertukaran. Pertukaran dalam perdagangan, tidak terjadi atas paksaan, ancaman perang dan sebagainya.

5 Turut Qur’an dan Hadist, Jalan Keselamatan……. Siswoyo HS FE UNEJ Arti Perdagangan (Lanjutan) Transaksi pertukaran antara negara jajahan dengan negara penjajahnya, atau antara anak perusahaan Multi Nasional di suatu negara dengan induk perusahaannya di negara lain, bukan termasuk perdagangan. Perdagangan hanya akan terjadi apabila paling tidak ada satu fihak yang memperoleh keuntungan/manfaat dan tidak ada fihak lain yang merasa dirugikan. Dari definisi perdagangan tersebut melahirkan beberapa manfaat bagi negara-negara yang melakukan transaksi perdagangan yang dijelaskan melalui beberapa teori.

6 Turut Qur’an dan Hadist, Jalan Keselamatan……. Siswoyo HS FE UNEJ Motif Perdagangan Pertukaran atau perdagangan timbul karena salah satu atau kedua fihak melihat adanya manfaat/keuntungan tambahan yang dapat diperoleh dari pertukaran tersebut; Motif atau dorongan bagi seseorang untuk melakukan tukar menukar adalah adanya kemungkinan diperolehnya manfaat tambahan tersebut. Manfaat ini disebut dengan manfaat dari perdagangan atau gains from trade. Motif dari perdagangan internasional adalah adanya kemungkinan memperoleh “gains from trade”

7 Turut Qur’an dan Hadist, Jalan Keselamatan……. Siswoyo HS FE UNEJ Manfaat Perdagangan: Diagram Edgeworth-Bowley O O X Y X1X1 Y1Y1 IC 1 A IC 2 X2X2 Y2Y2 X’ 1 X’ 2 Y’ 1 Y’ 2 Y” 1 Y” 2 X” 2 X” 1 B C

8 Turut Qur’an dan Hadist, Jalan Keselamatan……. Siswoyo HS FE UNEJ Manfaat Perdagangan: Pembagian Manfaat Kenaikan kepuasan yang ditimbulkan oleh dibukanya kemungkinan pertukaran inilah yang disebut dengan gains from trade. Pembagian manfaat dari perdagangan ditentukan oleh kekuatan masing-masing dalam proses tawar menawar; Apabila kekuatan ekonomis kedua belah pihak tidak seimbang, maka pembagian manfaat dari pertukaran cenderung untuk tidak seimbang. Pembagian manfaat perdagangan antara kedua belah pihak ditentukan oleh dasar penukarnya. Konsumen yang berhasil mendapatkan dasar penukaran yang baik, bisa memperoleh bagian manfaat yang lebih besar.

9 Turut Qur’an dan Hadist, Jalan Keselamatan……. Siswoyo HS FE UNEJ Manfaat Perdagangan : Agar Perdagangan saling Menguntungkan: Perlu terdapat suatu aturan yang disepakati bersama untuk menghindari konflik dan menciptakan saling untung antara pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan. Dibutuhkan kesepakatan alat pembayaran dalam perdagangan internasional antar negara-negara untuk mencapai kesepakatan penggunaan sistem nilai tukar mata uang untuk memudahkan proses perdagangan yang dilakukan.


Download ppt "Turut Qur’an dan Hadist, Jalan Keselamatan……. Siswoyo HS FE UNEJ Konsep Teori Perdagangan Internasional Pendahuluan Arti Perdagangan Motif Perdagangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google