Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN SYARIAH Ridho aulia (1402000031) Syarah hidayati (14020000) Afinda rose (14020000)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN SYARIAH Ridho aulia (1402000031) Syarah hidayati (14020000) Afinda rose (14020000)"— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN SYARIAH Ridho aulia ( ) Syarah hidayati ( ) Afinda rose ( )

2 MANAJEMEN SYARIAH  Manajemen Syariah Dalam bahasa Arab disebut sebagai Idara (=berkeliling atau lingkaran)  Dalam konteks bisnis bisa dimaknai sebagai “Bisnis berjalan pada siklusnya”  Manajemen Syariah: Kemampuan Manajer yang membuat bisnis berjalan sesuai rencana. Melaksanakan keridhaan Tuhan melalui orang lain

3 SHAYA’A OTHMAN  Kegiatan berpikir, merencanakan, mengorganisir, memimpin dan mengendalikan yang terintegrasi untuk membuat keputusan yang melibatkan penggunaan sumberdaya- manusia, keuangan, informasi dan fisik, dengan tujuan mencapai tujuan maqashid al-Syariah, dengan cara yang efektif dan efisien.

4 MANAJEMEN SYARIAH  manajemen Syariah adalah masalah pengelolaan sumber daya organisasi tetapi pengelolaan yang diharapkan tidak boleh melepaskan diri dari nilai-nilai Islam yang mengkehendaki keseimbangan berbagai aspek, fisik dan ruhaniyah, dunia dan akhirat, pribadi dan orang lain.

5 TUJUAN MANAJEMEN SYARIAH  Manajemen dipandang dari pendekatan tauhid adalah pemenuhan perjanjian dasar (amanah) antara Tuhan dan manusia, dimana manusia merupakan abdi atau pelayan Tuhan dan wakilnya di bumi (khalifah) yang melaksanakan perbuatan-perbuatan saleh (amal saleh) berdasarkan kepada prinsip-prinsip kerja sama dan konsultasi (shura).

6  membangun sebuah peradaban berdasarkan kepada nilai-nilai etika tauhid Manajemen, pada waktu yang sama, memastikan penghapusan kebusukan, kejahatan, dan ketidakadilan (al-fasad) untuk menetapkan keadilan ('adl) baik dalam organisasi-organisasi seperti juga di dalam masyarakat. Sasaran akhir dari manajemen adalah untuk mencapai kebahagiaan (al-falah).

7 KARAKTERISTIK MASYAR  Teori manajemen Islami bersifat universal, komprehensif dan memiliki karakteristik berikut : Manajemen dan masyarakat memiliki hubugan yang sangat erat, Manajemen merupakan bagian dari system sosial yang dipenuhi dengan nilai etika, ahklak dan keyakinan yang bersumber dari Islam

8 PERBEDAAN MANAJEMEN SYARIAH DAN KONVENSIONAL  Manajemen konvensional adalah suatu manajemen yang dimiliki para pekerja berasal dari warisan dari nenek moyang disebarkan melalui mulut ke mulut dan selalu diwariskan kepada generasi selanjutnya serta berkembang karena gagasan-gagasan yang pernah ada.  Dalam manajemen konvensional tidak pernah ditemukan suatu prinsip. Oleh karena itu, Manajemen konvensional sering disebut manajemen yang tradisional.

9 MANAJEMEN SYARI’AH  Manajemen Syari’ah adalah suatu pengelolaan untuk memperoleh hasil optimal yang bemuara pada pencarian keridhaan Allah. Langkah yang diambil dalam menjalankan manajemen tersebut harus berdasarkan aturan-aturan Allah. Aturan-aturan yang tertuang di dalam Al-Quran, hadis dan beberapa contoh yang dilakukan oleh para sahabat.

10 ASAS-ASAS MANAGEMENT MENURUT AL-QUR’AN  A. Beriman Diterangkan dalam surat Ali Imraan ayat 28 yang berarti : “Janganlah orang-orang mengambil (memilih) orang-orang kafir menjadi wali (Pemimpin) dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, lepaslah ia dari perrolongan Allah”.  B. Bertaqwa Diterangkan dalam surat An-Naba’ ayat 31 yang berarti : “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa, mendapat kemenangan.”  C. Musyawarah Diterangkan dalam surat As-Syu’ara 38 yang berarti : “….. Sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah di antara mereka.”

11 SIFAT-SIFAT YANG HARUS DIMILIKI SESEORANG DALAM MANAJEMEN  Berpengetahuan luas, kreatif, inisiatif, peka, lapang dada, dan selalu tanggap dalam hal apapun. Hal ini diterangkan dalam surat Al Mujadilah ayat 11.  Bertindak adil, jujur dan konsekuen. Diterangkan dalam surat An Nisa ayat 58.  Bertanggung jawab. Diterangkan dalam surat Al An’am ayat 164.  Selektif dalam memilih informasi. Diterangkan dalam surat Al Hujurat ayat 6.  Memberikan peringatan. Diterangkan dalam surat Adz-Dzariyat ayat 55.  Memberikan petunjuk dan pengarahan. ( QS As-Sajdah : 24 ).

12 MENURUT IBRAHIM ABU SIN, ADA EMPAT HAL YANG HARUS DIPENUHI UNTUK DAPAT DIKATEGORIKAN SEBAGAI MANAJEMEN ISLAMI  Manajemen Islami harus didasari nilai-nilai dan akhlak-akhlak Islam.  Kompensasi ekonomis dan penekanan terpenuhiniya kebutuhan dasar pekerja.  Faktor kemanusian dan spiritual sama pentingnya dengan kompensasi ekonomis.  Sistem dan struktur organisasi sama pentingnya.

13 SEKIAN  Terimakasih  Assalamualaikum Wr,Wb,


Download ppt "MANAJEMEN SYARIAH Ridho aulia (1402000031) Syarah hidayati (14020000) Afinda rose (14020000)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google