Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Universalisme Islam  Islam adalah agama yang berkarakteristikkan universal  Dengan pandangan hidup (weltanchaung) mengenai persamaan, keadilan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Universalisme Islam  Islam adalah agama yang berkarakteristikkan universal  Dengan pandangan hidup (weltanchaung) mengenai persamaan, keadilan,"— Transcript presentasi:

1

2

3

4

5 Universalisme Islam  Islam adalah agama yang berkarakteristikkan universal  Dengan pandangan hidup (weltanchaung) mengenai persamaan, keadilan, takaful, kebebasan dan kehormatan  Memiliki konsep

6 Prinsip Seni Budaya Islam Seni budaya Islam merupakan pancaran makna Islam itu sendiri serta pandangan tentang kesatuan kenabian.

7 Kosmopolitanisme Seni Budaya Islam Pandangan budaya kosmopolit, yaitu sebuah pola budaya yang konsep-konsep dasarnya meliputi, dan diambil dari dari seluruh budaya ummat manusia. Refleksi dan manifestasi kosmopolitanisme Islam bisa dilacak dalam etalase sejarah kebudayaan Islam sejak jaman Rasulullah.

8 Contoh Seni Budaya Kosmopolit Masa Rasulullah Pada masa awal Islam, Rasulullah Saw berkhutbah hanya dinaungi sebuah pelepah kurma. Kemudian, tatkala kuantitas kaum muslimin mulai bertambah banyak, dipanggillah seorang tukang kayu Romawi. Ia membuatkan untuk Nabi sebuah mimbar dengan tiga tingkatan yang dipakai untuk khutbah Jumat.

9 Seni dijadikan sebagai media menyebarkan agama dan memperkukuhkan amal kebajikan dan kebaikan dikalangan ummah. Hasil seni boleh menjadi faktor pendorong yang intensif bagi mengingati dan memuji Allah.

10 Pengertian Seni  Seni menurut bahasa  Dalam Ensiklopedia Indonesia  Seni juga memiliki makna sebagai ekspresi jiwa dalam bentuk keindahan

11 Bentuk-bentuk Seni a. Lukisan. b. Tulisan. c. Kata-kata. d. Ukiran. e. Gerakan dan lain-lain.

12 Pandangan Islam terhadap Seni: Manusia terbentuk dari jiwa dan raga, dimana keduanya memiliki kebutuhan yang berbeda. Hukum asal dari seni adalah mubah/boleh, akan tetapi bisa menjadi makruh atau haram apabila seni tersebut menyimpang dari prinsip tauhidullah.

13 LANDASAN HUKUM DALAM MENYIKAPI SENI 1.Perhatian Islam pada kebutuhan manusia. 2.Pandangan Al quran pada keindahan alam. 3.Apresiasi mukmin terhadap keindahan alam. 4.Al quran mukjizat yang indah.

14 PANDANGAN ISLAM TERHADAP MUSIK DAN LAGU 1.Definisi Ma`azif (alat musik) Ma`azif merupakan jama` dari ma`zafah yang berarti alat atau suara yang melalaikan. Kebanyakan ulama menghukuminya dengan haram. Tidak diperbolehkannya kecuali memukul Ad-duuf (rebana) itu pun dikhususkan bagi wanita (anak kecil) untuk mengumumkan pernikahan ketika walimatul ursy, demikian juga pada hari raya serta untuk menyambut kedatangan orang yang kembali dari perantauan yang jauh.

15 2.Definisi Al ghina` (lagu ataupun nyanyian) Menurut al qomus dan syarahnya al ghina' berarti suara yang dilantunkan. Dalam as sihah al ghina' berarti sesuatu yang didengarkan. Dalam an niyahah yaitu meninggikan suara dan mengaturnya. Abu Sulaiman Al Khotobi mengatakan " bahwa setiap yang meninggikan suaranya secara berkesinambungan dengan sesuatu dan menyusun temponya secara teratur, maka itulah yang disebut lagu oleh orang arab. 2.Definisi Al ghina` (lagu ataupun nyanyian) Menurut al qomus dan syarahnya al ghina' berarti suara yang dilantunkan. Dalam as sihah al ghina' berarti sesuatu yang didengarkan. Dalam an niyahah yaitu meninggikan suara dan mengaturnya. Abu Sulaiman Al Khotobi mengatakan " bahwa setiap yang meninggikan suaranya secara berkesinambungan dengan sesuatu dan menyusun temponya secara teratur, maka itulah yang disebut lagu oleh orang arab.

16 HARAMNYA LAGU DAN MUSIK 1. Dalil-dalil al quran - Q.S. lukman : 6 “Dan diantara manusia ada orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan.” - Q.S. al Qosos : 55 “Dan apabila mereka mendengar perkataan yang tidak bermanfaat, mereka berpaling daripadanya dan mereka berkata: bagi kami amal-amal kami dan bagimu amal-amalmu, kesejahteraan atas dirimu, kami tidak ingin bergaul dengan orang-orang jahil.”

17 Dalam Islam sebuah karya seni yang memenuhi syarat estetik dan dapat dianggap sebagai bentuk ibadah, apabila memiliki ciri sebagai berikut: 1.Menjadikan ikhlas sebagai titik tolak. 2.Mardhatillah sebagai tujuan. 3.Amal saleh sebagai garis amal.

18 Seni suara Menurut fungsinya dibagi menjadi: 1.Musik utk partisipasi aktif (ritual keagamaan, olahraga, musik pengiring tari, utk psikoterapi, dsb) 2.Musik utk persepsi estetik (suita, sonata, simfoni, orkestra, musik utk relaksasi) 3.Musik sbg komponen dlm kombinasi dg berjenis- jenis seni (opera,balet, film, musik insidental, dll)

19 Dalam penerapannya, seni suara dapat dijadikan sebagai media dakwah, atau media pembelajaran bagi guru, misalnya dalam qasidah, nyanyian, syair yg digunakan berisi tentang pesan-pesan, moral, sosial, bahkan dapat juga tentang ketauhidan/ keagamaan.

20 Seni rupa Secara umum seni dibagi menjadi: seni 2 dimensi dan seni 3 dimensi. 1.Seni rupa 2 dimensi; gambar, lukisan, grafis, fotografi,mosaik, intarsia, tenun, sulam, dan kolase 2.Seni rupa 3 dimensi; patung, bangunan, monumen, keramik, dan sebagian seni kriya lainnya Keduanya dapat terpecah berdasar atas medium, teknik/ proses pembuatan, dan benda produknya.

21 Seni rupa (islam) Terfokus pada sosialisasi ajaran dan dakwah, terutama islam Bentuk dan hasil karya seni rupa islam mangandung unsur ataupun keislaman, seperti: bentuk bangunan masjid, bentuk masjid di indonesia berbeda dengan bentuk masjid di mekkah Seni rupa dapat dijadikan salah satu media pembelajaran, misalnya dg gambar, foto, atau yg lainnya.

22

23 Seni gerak/ seni pertunjukkan/ seni rupa rungu Seni gerak dapat di contohkan seperti seni tari (tari rakyat, klasik dan modern), pantomim, opera, teater, sendra tari, seni pewayangan, film, televisi dan video. Dalam penerapannya, seni gerak dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Dg seni gerak siswa dpt berolah rasa dg menggerakkan berbagai fungsi tubuh.

24  Sastra Islam bergerak dengan kalimah  Sastra Islam tidak menjauhi nilai-nilai seni  Sastra Islam sangat memelihara dan menjaga  Sastra Islam mengkaji kehidupan dengan segala yang ada di dalamnya.  Sastra Islam mengungkapkan harapan- harapan manusia yang baik Seni Sastra Islam

25 Karakteristik pengungkapan bentuk dalam sastra adalah bahasa. Bahasa adalah bahan utama untuk mewujudkan ungkapan pribadi dalam suatu bentuk yang indah. Dalam makna pendidikan, membuat akal semakin bertambah cemerlang, citarasa semakin jernih, jiwa semakin terpelajar dan pikiran semakin mendalam. Perbedaan antara sastra Islam dengan sastra pada umumnya, terletak pada akar dan sumber dari sastra Islam itu sendiri.

26


Download ppt "Universalisme Islam  Islam adalah agama yang berkarakteristikkan universal  Dengan pandangan hidup (weltanchaung) mengenai persamaan, keadilan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google