Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP) Oleh : Deden Mastaka Ekapraja.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP) Oleh : Deden Mastaka Ekapraja."— Transcript presentasi:

1 KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP) Oleh : Deden Mastaka Ekapraja

2 Jalan Menuju Wirausaha Sukses Capacity for hard work Getting things done with and Through people Good appearance Self confidence Making Sound decisions Collegeeducation Ambition-drive Ability to communicate Kemauan bekerja keras Mencapai tujuan dengan menggunakan orang lain Penampilan yang baik Keyakinan diri Membuat keputusan Pendidikan Dorongan Ambisi Pintar berkomunikasi Modifikasi dari Murphy and Pack(1980:8)

3 Jalan Menuju Wirausaha Sukses 1.Capacity for hard work (Mau Kerja Keras) Kerja keras merupakan modal dasar untuk keberhasilan seseorang. 2.Getting things done with and through people (Bekerjasama dengan orang lain) Murah hati, banyak senyum kepada bawahan dan patuh serta disiplin menghadapiatasan, hindarkan permusuhan. Dengan menggunakan tenaga orang lain tujuan mudah tercapai. 3.Good appearance (Penampilan yang baik) Penampilan baik lebih ditekankan pada perlaku jujur dan disiplin. 4.Self confidence (Keyakinan diri) Kita harus memiliki keyakinan diri bahwa kita akan sukses melakukan usaha, jangan ragu dan bimbang. Niatlah bekerja baik kemudian berserah diri, tawakal kepada Allah Swt.

4 Jalan Menuju Wirausaha Sukses 5.Making Sound Decision (Pandai Membuat Keputusan) Jika kita dihadapkan pada alternatif, harus memilih dan membuat pertimbangan yang matang setelah mengumpulkan berbagai informasi. 6.College Education (Mau Menambah Ilmu Pengetahuan). Pendidikan dalam bentuk kursus-kursus, penataran, membaca buku, dan sebagainya. Pendidikan college dalam bentuk diploma akan sangat membantu kita menemukan dan mengembangkan jiwa serta operasional wirausaha. 7.Ambition Drive (Ambisi Untuk Maju) Kita harus punya semangat tinggi, mau berjuang untuk maju. Orang-orang yang gigih dalam menghadapi pekerjaan dan tantangan biasanya banyak berhasil dalam kehidupan. 8.Ability to Communicate (Pandai berkomunikasi) Pandai mengorganisasi buah pikiran ke dalam bentuk ucapan-ucapan yang jelas, menggunakan tutur kata yang enak didengar, mampu menarik perhatian orang lain.

5 Karakteristik Wirausaha Yang Sukses (Zimmerer & Scarborough, 1996:6) 1. Memiliki komitmen tinggi terhadap tugasnya. 2. Mau bertanggung jawab. 3. Minat kewirausahaan dalam dirinya. 4. Peluang untuk mencapai obsesi. 5. Toleransi menghadapi resiko kebimbangan dan ketidakpastian. 6. Yakin pada dirinya. 7. Kreatif dan fleksibel. 8. Ingin memperoleh balikan segera. 9. Enerjik tinggi 10. Motivasi untuk lebih unggul 11. Berorientasi kemasa depan 12. Mau belajar dari kegagalan 13. Kemampuan memimpin.

6 Intrapreneurship Intrapreneurship is one method for stimulating and then capitalizing on individuals in an organization who think that something can be done differently and better. (Hisrich-Peters, 1995:535) Intrapreneurship adalah suatu metoda untuk mengstimulasi individu didalam organisasi yang mempunyai pemikiran bahwa dia dapat melakukan sesuatu yang tampil beda dan hasil lebih baik.

7 Iklim organisasi yang mendorong Intrapreneurship 1. Ada dorongan dari organisasi untuk menggunakan teknologi baru. 2. Mendorong karyawan untuk memunculkan ide-ide baru 3. Mendorong karyawan untuk melakukan eksperimen dan trial and error sampai mencapai keberhasilan. 4. Bila terjadi kegagalan tidak dipermasalahkan. 5. Tersedia sumber daya yang akan digunakan. 6. Mengembangkan sebuah tim yang mencakup berbagai bidang keahlian. 7. Menyediakan sistem bonus bagi intrapreneur karena dia sudah melakukan pengembangan usaha dengan penuh semangat. 8. Kegiatan intrapreneur direstui oleh top manajemen dengan cara meyakinkan dan menyediakan dana yang cukup.

8 Karakteristik Kepemimpinan Intrapreneurship 1. Mengerti lingkungan, terutama menyangkut kreativitas karakteristik. 2. Memiliki visi masa depan dan fleksibel. 3. Menciptakan berbagai pilihan. 4. Membentuk tim kerjasama yang terdiri dari berbagai bidang keahlian. 5. Mendorong adanya diskusi terbuka. 6. Mempertahankan pendirian.

9 Konsep A I D A + S A = Attention (perhatian) A = Attention (perhatian) I = Interest (minat) I = Interest (minat) D = Desire (keinginan) D = Desire (keinginan) A = Action (tindakan) A = Action (tindakan) S = Satisfaction (kepuasan) S = Satisfaction (kepuasan)

10 Mutiara Kegiatan Wirausaha menurut Islam 1. Motif Berwirausaha dalam Bidang Perdagangan 1) Dagang Buat Cari Untung. Seorang muslim bila menjual barang, harus dengan senang hati, gembira, ikhlas, dan memberi kesan baik terhadap pembeli. Seorang muslim bila menjual barang, harus dengan senang hati, gembira, ikhlas, dan memberi kesan baik terhadap pembeli. Menurut Hadis : Allah mengasihi orang yang bermurah hati waktu menjual, waktu membeli dan waktu menagih piutang. 2) Berdagang adalah Hobi. 2) Berdagang adalah Hobi. Konsep berdagang adalah hobi, kebanyakan dianut oleh para pedagang Cina. 3) Berdagang adalah Ibadah 3) Berdagang adalah Ibadah Bagi orang Muslim, kegiatan berdagang dalam rangka beribadah kepada Allah Swt.

11 Mutiara Kegiatan Wirausaha menurut Islam 2. Berbuat Baik dapat Menenangkan Otak dan menyehatkan Badan Berwirausaha memberi peluang kepada seseorang untuk banyak- banyak berbuat baik. Menurut penelitian Robert Omstein & Dr David Sobel, mereka yang selalu ingin berbuat baik dan membantu meringankan penderitaan orang lain, otaknya senang, tubuhnya akan lebih kebal terhadap penyakit. Jadi ada hubungan antara berbuat baik dengan kesehatan badan. Menurut penelitian Robert Omstein & Dr David Sobel, mereka yang selalu ingin berbuat baik dan membantu meringankan penderitaan orang lain, otaknya senang, tubuhnya akan lebih kebal terhadap penyakit. Jadi ada hubungan antara berbuat baik dengan kesehatan badan. Nabi Muhammad berpesan:”Ringankan atau mudahkanlah, jangan mempersukar, gembirakanlah jangan menggusarkan dan saling mengalahkan diantaramu. (HR.Bukhari)

12 Mutiara Kegiatan Wirausaha menurut Islam 3. Perintah Kerja Keras Berusaha dalam bidang bisnis dan perdagangan adalah usaha kerja keras. Dalam kerja keras itu, tersembunyi kepuasaan batin, yang tidak dinikmati oleh profesi lain. Kemauan keras (azam) dapat menggerakkan motivasi untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. “Apabila engkau telah berazam, maka bertakwalah kepada Allah” (QS Ali Imran: 159). “Carilah kebahagiaan yang telah disediakan Allah di akhirat kelak, dan jangan kalian melupakan kebahagiaan kalian di dunia ini” (QS Al-Qashas:77) (QS Al-Qashas:77) “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan kalian berusaha, maka oleh sebab itu hendaklah kalian berusaha (HR.Thabrani)

13 Mutiara Kegiatan Wirausaha menurut Islam 4. Perdagangan Pekerjaan Mulia dalam Islam Pekerjaan dagang sebagai suatu bagian dari bisnis, dan pekerjaan dagang ini mendapat tempat terhormat dalam ajaran agama. Nabi Muhammad Saw. pernah ditanya: “Mata pencaharian apakah yang paling baik, Ya Rasulullah?” Jawab beliau: “Ialah seseorang yang bekerja dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang bersih” (HR. A-Bazzar). “Pedagang yang jujur lagi terpercaya adalah bersama para Nabi, orang-orang yang benar dan para syuhada (HR.Thabrani)

14 Mutiara Kegiatan Wirausaha menurut Islam 5. Perilaku Terpuji dalam Perdagangan Enam sifat perilaku terpuji (Imam Al-Ghazali): 1) Tidak mengambil laba lebih banyak, seperti yang lazim dalam dunia dagang. 2) Membayar harga agak lebih mahal kepada pedagang miskin, ini adalah amal yang lebih baik daripada sedekah biasa. 3) Memurahkan harga atau memberi potongan kepada pembeli yang miskin, ini akan memiliki pahala yang berlipat ganda. 4) Bila membayar utang, pembayarannya dipercepat dari waktu yang telah ditentukan. 5) Membatalkan jual beli, jika pembeli menginginkannya. 6) Bila menjual bahan pangan kepada orang miskin secara cicilan, maka jangan ditagih bila orang miskin itu tidak mampu untuk membayarnya, dan membebaskan mereka dari utang jika meninggal dunia.

15 Mutiara Kegiatan Wirausaha menurut Islam 6. Manajemen Utang Piutang Dalam pergaulan hidup sehari-hari jarang kita jumpai orang yang tidak berutang. Bagi orang yang suka berutang, haruslah berhati- hati dan membuat rencana yang baik dalam mencicil utangnya. Jangan kita tidak mampu mencicil utang dan menunda pembayaran utang dengan janji-janji. “Utang adalah bendera Allah di bumi. Apabila Allah berkehendak untuk menghinakan orang, diletakkannya utang di pundak orang itu (HR. Hakim). Rasulullah selalu berdoa: “Ya Allah, saya mohon perlindungan-Mu daripada duka cita dan kesedihan, saya mohon perlindungan-Mu daripada kelemahan dan kemalasan, saya mohon perlindungan-Mu daripada kekikiran dan sikap pengecut, saya mohon perlindungan-Mu daripada tumpukkan utang dan tekanan orang (HR. Avu Daud).

16 Mutiara Kegiatan Wirausaha menurut Islam 6. Manajemen Utang Piutang KemudianRasulullah berdoa: “Aku berlindung diri kepada Allah daripada kekufuran dan utang” (HR.Nasai dan Hakim) “ Ya Allah aku berlindung diri kepada-Mu daripada perbuatan dosa dan utang” (HR.Bukhari) Kalau kita berjanji mau bayar tepatilah, sesuai firman Allah: “ Dan tepatilah segala janji, karena sesungguhnya janji itu akan meminta pertanggungjawabannya” (QS. Al-Isra:34) Menurut hadis : “Siapa saja orang yang berutang, sedang ia sengaja untuk tidak membayarnya, maka ia akan bertemu dengan Allah sebagai pencuri (HR.Ibnu Majah dan Baihaqi). “Semulia-mulia Mukmin ialah orang yang longgar dalam penjualan, longgar dalam pembelian, longgar dalam pembayaran utang, dan longgar dalam penagihan piutangnya (HR.Thabrani).

17 Mutiara Kegiatan Wirausaha menurut Islam 7. Membina Tenaga Kerja Bawahan Tenaga kerja yang dipekerjakan di perusahaan adalah partner pengusaha. Hubungan antara pengusaha dan pekerja harus dilandasi oleh rasa kasih sayang, saling membutuhkan, tolong menolong. Hadis yang mempertegas hubungan : “Manusia itu saling memberi rezeki kepada yang lainnya” (HR.Baihaqi). “Tiadalah kamu mendapat pertolongan dan rezeki kecuali karena orang-orang yang lemah dari kalangan kamu.” (HR Bukhari) “Pertolongan yang kamu berikan kepada orang yang lemah adalah sedekah yang paling utama (HR.Ibnu Abi Addunia).

18 Mutiara Kegiatan Wirausaha menurut Islam 8. Demonstration Effect Menyebabkan Faktor Modal Menjadi Beku. Demonstration effect atau pamer kekayaan dapat berupa memamerkan perhiasan mencolok, harta ataupun benda yang dimiliki sangat menonjol tidak selaras dengan masyarakat sekelilingnya. Hadis Ibnu Umar, bersabda Rasulullah Saw.: Barang siapa memakai pakaian kesombongan di dunia, maka Allah akan memakaikan kepadanya pakaian kehinaan pada hari kiamat (HR Akhmad, Abu Daud, Nasai, Ibnu Majah). Sebuah hadis yang mempunyai implikasi agar harta dusahakan/diperdagangkan : “Barangsiapa mengurus anak yatim yang mempunyai harta, maka hendaklah ia memperdagangkan harta itu untuknya, jangan biarkan harta itu habis termakan sedekah (zakat). (HR.At-Tirmidzi dan Ad-Daruquthni)

19 9. Sifat-sifat Seorang Wirausaha Sifat atau karakteristik yang harus dimiliki pengusaha Islami: 1) Sifat Takwa, Tawakal, Zikir, dan Syukur. Sifat-sifat itu harus benar-benar dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada jaminan dari Allah bahwa : barangsiapa yang takwa kepada Allah, maka Allah akan mengadakan baginya jalan keluar, dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. Sifat-sifat itu harus benar-benar dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada jaminan dari Allah bahwa : barangsiapa yang takwa kepada Allah, maka Allah akan mengadakan baginya jalan keluar, dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. Tawakal ialah suatu sifat penyerahan diri kepada Allah secara aktif, tidak cepat menyerah. Jaminan Allah sesuai hadis: Allah akan memberi rizki, seperti burung-burung yang keluar sangkar di pagi hari dan ulang petang dengan perut kenyang (HR. Tirmidzi). Sifat takwadan tawakal akan tercermin dalam hubungan manusia muslim dengan Allah seperti zikir dan bersyukur. Berzikir = selalu menyebut asma Allah. Bersyukur direfleksikan dalam bentuk mendekatkan diri kepada Allah.

20 9. Sifat-sifat Seorang Wirausaha Sifat atau karakteristik yang harus dimiliki pengusaha Islami: 2) Jujur Dalam hadis dinyatakan: Dalam hadis dinyatakan: “Kejujuran itu akan membawa ketenangan dan ketidakjujuran akan menimbulkan keragu-raguan” (HR Trmidzi). 3) Niat Suci dan Ibadah Bagi seorang muslim melakukan bisnis adalah dalam rangka ibadah kepada Allah, dan hasil yang diperoleh dalam bisnis akan dipergunakan kembali di jalan Allah. 4) Azam dan Bangun Lebih Pagi Rasulullah telah mengajarkan kepada kita agar mulai bekerja sejak pagi, selesai shalat subuh, jangan tidur, bergeraklah, carilah rizki dari Rabmu. Para malaikat akan turun dan membagi rizki sejak terbit fajar samapai terbenam matahari.

21 9. Sifat-sifat Seorang Wirausaha Sifat atau karakteristik yang harus dimiliki pengusaha Islami: 5) Toleransi Toleransi, tenggang rasa, tepo seliro, harus dianut oleh orang- orang yang bergerak dalam bidang bisnis. Toleransi, tenggang rasa, tepo seliro, harus dianut oleh orang- orang yang bergerak dalam bidang bisnis. 6) Berzakat dan Berinfaq Mengeluarkan zakat dan infaq harus menjadi budaya muslim yang bergerak dalam bidang bisnis. Hadis yang diriwayatkan oleh Muslim: “Tidaklah harta itu akan berkurang karena disedekahkan dan Allah tidak akan menambahkan orang yang suka memberi maaf kecuali kemuliaan. Dan tidaklah seorang yang suka merendahkan diri karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatnya.” Dalam hadis Qudsi Allah berfirman: “Berinfaqlah kamu, niscaya Allah akan memberi belanja kepadamu”. Al-Quran menyatakan: Barang siapa yang takwa kepada Allah niscaya Allah akan memberi jalan keluar baginya. Dan Allah memberi rizki dar arah yang tidak disangka-sangka. (QS.At-Thalaq:2-3)

22 9. Sifat-sifat Seorang Wirausaha Sifat atau karakteristik yang harus dimiliki pengusaha Islami: 7) Silaturahmi Orang bisnis seringkali melakukan silaturahmi dengan partner bisnisnya ataupun dengan langganannya. Hal itu sesuai dengan ajaran Islam bahwa kita harus selalu mepererat silaturahmi. Hadis Nabi menyatakan: Siapa yang ingin murah rizkinya dan panjang umurnya, maka hendaklah ia mempererat hubungan silaturahmi. (HR.Bukhari)

23 TERIMA KASIH


Download ppt "KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP) Oleh : Deden Mastaka Ekapraja."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google