Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Masalah kunci dalam pelaksanaan RB  Mainstreaming reform di Kemen PAN dan RB  Mindset: “inward looking, empire building, group think”  Sebagai leading.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Masalah kunci dalam pelaksanaan RB  Mainstreaming reform di Kemen PAN dan RB  Mindset: “inward looking, empire building, group think”  Sebagai leading."— Transcript presentasi:

1

2 Masalah kunci dalam pelaksanaan RB  Mainstreaming reform di Kemen PAN dan RB  Mindset: “inward looking, empire building, group think”  Sebagai leading agency dalam RB reformed minded; belajar dari pengalaman domestik dan internasional, terbuka terhadap gagasan yang berbeda, orientasi pada public values bukan kepentingan sektor, kapasitas melakukan inovasi.

3 Masalah kunci…Masalah kunci…  Disain dan strategi implementasi RB yang salah  Disain: one fits all, tidak fokus, formalisasi berlebihan, cenderung ditempatkan sebagai proyek dari pada sebagai public values  Implementasi: tidak melibatkan stakeholders dalam perumusan area perubahan dan penilaian kemajuan pelaksanaan RB  Reformasi Birokrasi mengalami defisit

4 Masalah kunci..Masalah kunci..  Enerji habis untuk diskursus untuk RB dan melupakan isu-isu penting dalam membangun pemeerintah berkinerja tinggi  Birokrasi yang sehat hanya salah satu kondisi yang perlu untuk membentuk pemerintah berkinerja tinggi  Isu tentang konsolidasi kewenangan antar K/L, institusi dan mekanisme hubungan antara pemerintah pusat dan daerah, sosok/ karakter pegawai ASN, pengembangan kapasitas ASN, dsb.

5 Warisan Terpenting SBYWarisan Terpenting SBY  Baik  UU ASN  Penggunaan CAT  Rekrutmen terbuka  Yang perlu diperbaiki  Desain dan implementasi RB  Kelembagaan RB

6 Komitment Jokowi-JK- Nawa Cita  Nawa Cita:  “Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya…”  RB yang bisa mencegah praktik korupsi di dalam dan atau melalui birokrasi  RB yang mampu membuat birokrasi dirasakan manfaat kehadiran oleh para pemangku kepentingannya

7 Nawa Cita….Nawa Cita….  Bagaimana membuat hubungan antar orang di dalam birokrasi dan antar pegawai ASN dengan pemangku kepentingannya menjadi lebih egaliter, interaktif, dan menempatkan pemangku kepentingan sebagai panglima.  Bagaimana birokrasi mampu memupuk modal sosial sebagai basis legitimasinya dan memperoleh kepercayaan dari stakeholdersnya.  selama ini legitimasi hanya bersasis pada kewenangan bukan berbasis pada modal sosial dan public trust.

8 Program RB di Era Jokowi- JK  Arah kebijakan RB tidak jelas; road map RB akan menggunakan template yang sama?  Bagaimana progam RB merespon Nawa Cita, tidak jelas!  Tidak ada pernyataan politik dari Persiden/ Wapres ttg RB dan governance reform  Persoalan mendasar yang menghambat kinerja pemerintah seperti, konsolidasi kewenangan antar K/L,institusi dan mekanisme konsolidasi kegiatan pusat dan daerah. Semua K/L ingin memilik leverage ke Kab/ kota. Rent-seeking?

9 Kelembagaan RBKelembagaan RB  Perlu ada dukungan yang kongkrit dari Presiden dan Wapres; Tim pengarah: memberi policy direction kepada Kemen PAN dan RB  Didukung oleh kelompok kecil pakar yg kredibel dan paham ttg RB dan governance reform  K/L/ D membangun kesepakatan dengan forum multi-stakeholders untuk membangun kesepakatan tentang perubahan yang diperlukan, indikator keberhasilan, milestone, dsb.  Penilaian kemajuan dari K/L/D dilakukan oleh forum stakeholders dan dilaporkan kepada Kemen PAN dan RB  Kemen PAN dan RB mengelola pengetahuan untuk mendokumentasikan best practice dan sharing antar K/L/D  Kemen PAN dan RB mengkosolidasikan laporan K/L/ D dan melaporkan kepada Tim Pengarah


Download ppt "Masalah kunci dalam pelaksanaan RB  Mainstreaming reform di Kemen PAN dan RB  Mindset: “inward looking, empire building, group think”  Sebagai leading."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google