Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CETAK TINGGI Oleh: POKJA JAMBUBATU. PENGERTIAN SENI GRAFIS Seni Grafis merupakan seni murni dua teknik cetak dimensi dikerjakan dengan teknik cetak baik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CETAK TINGGI Oleh: POKJA JAMBUBATU. PENGERTIAN SENI GRAFIS Seni Grafis merupakan seni murni dua teknik cetak dimensi dikerjakan dengan teknik cetak baik."— Transcript presentasi:

1 CETAK TINGGI Oleh: POKJA JAMBUBATU

2 PENGERTIAN SENI GRAFIS Seni Grafis merupakan seni murni dua teknik cetak dimensi dikerjakan dengan teknik cetak baik yang bersifat konvensional maupun Melalui penggunaan teknologi canggih. atau Seni grafis dapat didefinisikan sebagai karya seni dua dimensi yang dihasilkan dari Teknik cetak.

3 Dalam ranah pendidikan (institusi) seni, Grafis digolongkan dalam seni rupa murni fine art atau lebih tepatnya sebagai karya fine art karena seni grafis mampu menjadi ruang berekspresi bagi perupa menuangkan ekspresinya. ekspresinya. Ada banyak teknik yang bisa digunakan perupa menuangkan ekspresinya melalui seni grafis seperti teknik cetak tinggi, cetak dalam, cetak datar. Dalam perkembangannya, yang termutakhir Adalah digital print.

4 Sejarah Singkat woodcut block book printing ChinaBudishme ajaran agama Buddha Sejarah Singkat Sekitar 200 Masehi, woodcut atau seni cukil kayu sudah digunakan menggandakan teks. Bahan pelajaran berupa teks untuk para pelajar China pada masa itu diukir pada batu dan dicetak pada kertas lembab yang menghasilkan karakter putih pada latar belakang hitam (block book printing). Konon, cukil kayu yang pertama ditemukan di China muncul akibat perkembangan Budishme di negeri itu. Hasil cetakan tersebut berupa gulungan yang mengandung ajaran agama Buddha, dengan panjang sekitar 5 cm pada selembar sutra.

5 artistik Saat itu tampilannya belum artistik karena dimaksudkan memang sebagai pedoman para penyebaran Buddha biksu dalam penyebaran Buddha. Sedangkan di Negeri Matahari Terbit,seni grafis berkembang abad ke-18. pada awal abad ke-18. Salah satu bentuk seni grafis Jepang adalah Ukiyo-e"gambar dari bumi yang Ukiyo-e yang berarti "gambar dari bumi yang mengapung". mengapung". Saat itu tampilannya masih hitam-putih; hadir di masyarakat dalam bentuk kartu pos, dekorasi rumah, hingga atribut mode.

6 Perkembangan aplikasi grafis pada busana sangat berkaitan dengan perkembangan teater tradisional Kabuki Jepang, Kabuki. Ukiyo-e Saat itu, aplikasi cetak Ukiyo-e yang terkenal Toshusai Sharaku dikerjakan oleh seniman Toshusai Sharaku ( ) pada sutra-sutra yang menjadi kostum para aktor Kabuki aktor Kabuki. Pada perkembangannya pada abad ke-19, terjadi pergeseran minat utama seniman Jepang dari bentuk- bentuk figuratif bentuk figuratif menjadi objek-objek pemandangan, HokusaiHiroshige seperti yang dipopularkan oleh Hokusai dan Hiroshige. Hokusai Karya-karya Hokusai terutama melukiskan perubahan musim; burung-burung, air terjun, obmak, serangga; Pepohonan dan pegunungan Pepohonan dan pegunungan. Karya-karyanya sketsa Hokusai Manga Dibukukan dalam kumpulan sketsa Hokusai Manga (1814).

7 Karya-karya Hiroshige efek menekankan pada efek dan kontras warna kontras warna. Karyanya yang Tokaido Highway terkenal adalah Tokaido Highway Sixty-nine Stations (1804) dan Sixty-nine Stations on The Kiso Highway. on The Kiso Highway. Kedua seniman ini menjadi catatan sejarah catatan sejarah yang penting seni grafis dalam perkembangan seni grafis modern modern.

8 Di Indonesia poster- poster perjuanganselebaran propaganda lain Affandi Abdulsalam Di Indonesia Di Indonesia, seni grafis dikenal sejak masa perjuangan fisik. Media cukil kayu menjadi pilihan pertama memproduksi poster- poster perjuangan dan selebaran propaganda lain. Ini dilakukan para seniman Indonesia seperti Affandi dan Abdulsalam. Pada masa itulah yang mengawali sedikit rentetan sejarah seni grafis yang telah mengalami proses yang panjang hingga sampai sekarang ini.

9 Memang teknik cukil kayu yang paling sederhana dibandingkan teknik- teknik cetak (seni grafis) yang lain. Material bakunya, bidang yang dicukil, mudah didapatkan misalnya papan kayu, hardboard, multipleks, dan sejenisnya. Alat-alat dan tinta cetak mudah didapatkan. Studio untuk mengerjakan tidak memerlukan ruang yang luas.

10 Produk-produk seni grafis, khususnya cukil kayu, di Indonesia belum banyak dikenal. Belum memasyarakatnya seni cukil kayu di Indonesia disebabkan banyak faktor antara lain: minimnya apresiasi akibat frekuensi pameran, workshop, dan demonstrasi berkarya dalam seni cukil kayu relatif masih sangat jarang.

11 Mengapa cetak tinggi? Apresiasi pada teknis grafis kuno, yg telah lama ditinggalkan meskipun sebenarnya masih cukup bermanfaat/relevan bagi beberapa kebudayaan, mengingat kelebihan-kelebihan visual yang sangat artistik serta bermanfaat bagi perjuangan- perjuangan pada kondisi sosial tertentu. Teknik cetak tinggi, Relief Print (xilograph) konvensional yang dikenal antara lain : Hardboard cut print, ukiyo-e, woodblock print, wood engraving, lino cut print, kolase print, Letterpress

12 36 Pemandangan Gunung Fuji 36 Pemandangan Gunung Fuji 1830.

13 Poster Kampanye: Pelarangan Buku, Menutup Jendela Dunia karya Isrol Triono Lukisan potret Ichikawa Omezō karya Tōshūsai Sharaku

14 Salju di Kambara, karya Hiroshige Pegulat sumo Onogawa Kisaburo, karya Tsukioka Yoshitoshi

15

16 BAHAN dan ALAT 1. Hardboard, Rubber/Lino, Papan Kayu/Triplek 2. Tinta Cetak 3. Roll Rubber 4. Spidol atau Pensil 5. Kertas atau Kain 6. Pisau Cukil (Wood Cut) 7. Kaca/alas tinta 8. Pembersih tinta, seperti: terpentin/minyak tanah/bensin

17 1. Membuat Desain 2. Proses Mencukil (Membuat Negative Plat) 3. Pewarnaan(memberikan tinta dengan Roll) 4. Mencetak 5. Finishing Touch.


Download ppt "CETAK TINGGI Oleh: POKJA JAMBUBATU. PENGERTIAN SENI GRAFIS Seni Grafis merupakan seni murni dua teknik cetak dimensi dikerjakan dengan teknik cetak baik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google