Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nur Rosyidah, S.Pd. KULIT STRUKTUR FUNGSI STRUKTUR FUNGSI STRUKTUR PROSES EKRESI PROSES EKRESI KELAINAN FUNGSI ZAT – ZAT YANG DI EKRESIKAN ZAT – ZAT YANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nur Rosyidah, S.Pd. KULIT STRUKTUR FUNGSI STRUKTUR FUNGSI STRUKTUR PROSES EKRESI PROSES EKRESI KELAINAN FUNGSI ZAT – ZAT YANG DI EKRESIKAN ZAT – ZAT YANG."— Transcript presentasi:

1 Nur Rosyidah, S.Pd

2 KULIT STRUKTUR FUNGSI STRUKTUR FUNGSI STRUKTUR PROSES EKRESI PROSES EKRESI KELAINAN FUNGSI ZAT – ZAT YANG DI EKRESIKAN ZAT – ZAT YANG DI EKRESIKAN

3  Pelindung tubuh dari segala rangsangan  Sebagai alat ekskresi (mengeluarkan keringat)  Sebagai alat peraba.  Sebagai pelindung organ dibawahnya.  Tempat dibuatnya Vit D dengan bantuan sinar matahari.  Pengatur suhu tubuh.  Tempat menimbun lemak.

4

5

6

7

8 1. Epidermis (Kulit Ari) Epidermis tersusun oleh sejumlah lapisan sel yang pada dasarnya terdiri atas dua lapisan yaitu : a. Lapisan tanduk Merupakan lapisan epidermis paling luar. Pada lapisan ini tidak terdapat pembuluh darah dan serabut saraf, karena merupakan sel-sel mati dan selalu mengelupas. b. Lapisan malpighi Lapisan ini terdapat di bawah lapisan tanduk. Sel-selnya terdapat pigmen yang menentukan warna kulit.

9 2. Dermis (Kulit Jangat) Merupakan lapisan kulit di bawah epidermis, di dalam lapisan ini terdapat beberapa jaringan yaitu : a. Kelenjar keringat, yang berfungsi untuk menghasilkan keringat. Keringat tersebut bermuara pada pori-pori kulit. b. Kelenjar minyak, yang berfungsi untuk menghasilkan minyak guna menjaga rambut tidak kering. Kelenjar ini letaknya dekat akar rambut. c. Pembuluh darah, yang berfungsi untuk mengedarkan darah ke semua sel atau jaringan termasuk akar rambut. d. Ujung-ujung saraf. Ujung saraf yang terdapat pada lapisan ini adalah ujung saraf perasa dan peraba.

10 3. Jaringan Ikat Bawah Kulit Di bagian ini terdapat jaringan lemak (adiposa). Fungsinya antara lain untuk penahan suhu tubuh dan cadangan makanan.

11  Proses eksresi pada kulit terutama dilakukan oleh kelenjar keringat.  Pangkal kelenjar keringat yang dikelilingi oleh pembuluh darah menyerap cairan jaringan yang terdiri dari air dan + 1% larutan garam dan urea.  Cairan jaringan ini dikeluarkan sebagai keringat melalui jaringan keringat di permukaan kulit.  Cairan keringat juga berfungsi untuk mengurangi rasa panas pada tubuh.

12 Keringat manusia tediri dari : - Air - Garam - Mineral - Senyawa N - Sisa metabolisme sel - Asam

13 - aktivitas tubuh - suhu lingkungan - makanan - kesehatan - dan emosi

14  Biang Keringat (pada bayi) Gangguan kulit ini terjadi akibat belum sempurnanya sel-sel kulit pada bayi sehingga menyebabkan penyumbatan keringat pada kelenjar. Keringat yang tersumbat tersebut akan menimbulkan bintik-bintik pada kulit.  Jerawat Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori- pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

15 Terima Kasih !

16


Download ppt "Nur Rosyidah, S.Pd. KULIT STRUKTUR FUNGSI STRUKTUR FUNGSI STRUKTUR PROSES EKRESI PROSES EKRESI KELAINAN FUNGSI ZAT – ZAT YANG DI EKRESIKAN ZAT – ZAT YANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google