Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kebijakan Kesehatan. Pengertian Ilmu Kesehatan Masyarakat menurut Winslow dari yale University pada tahun 1920 : – Public Health is the science and art.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kebijakan Kesehatan. Pengertian Ilmu Kesehatan Masyarakat menurut Winslow dari yale University pada tahun 1920 : – Public Health is the science and art."— Transcript presentasi:

1 Kebijakan Kesehatan

2 Pengertian Ilmu Kesehatan Masyarakat menurut Winslow dari yale University pada tahun 1920 : – Public Health is the science and art of – Preventing disease – Prolonging life, and – Promoting physical and mental health and efficiency through organized community efforts for the sanitatation of the environment, the control of community infections, the education of individual……. (Budioro,2002)

3 Landasan Adminsitrasi Kebijakan Kesehatan Konsep pengorganisasian upaya kesehatan masyarakat menjadi dasar kedudukan administrasi kebijakan kesehatan dalam ilmu kesehatan masyarakat.

4 Ilmu Kebijakan mengembangkan kajian tentang : hubungan antara pemerintah dan swasta, distribusi kewenangan dan tanggung jawab antar berbagai level pemerintah, hubungan antara penyusunan kebijakan dan pelaksanaannya, ideologi kebijakan makna reformasi kesehatan

5 Health System menurut WHO ’ Health system adalah semua kegiatan yang tujuan utamanya untuk meningkatkan, mengembalikan dan memelihara kesehatan.

6 Indikator Sistem Kesehatan (Roberts dkk, 2007) Status Kesehatan Kepuasan Publik Perlindungan resiko

7 Status Kesehatan Secara tradisional ukuran status kesehatan: AKB, AKI, dan AKBA Akhir‐akhir ini: berkaitan dengan beban penyakit mencakup morbiditas maupun mortalitas Penyakit kronis yang semakin meningkat menjadi beban baru bagi sistem pelayanan kesehatan. Kelayakan juga penting-apa yang bisa dilakukan (nilai tolok ukur)

8 Kepuasan Masyarakat Dapat diukur melalui survei penduduk yang diran cang baik Secara tipikal dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, akses dan pembayaran tunai Juga terkait dengan pertimbangan pemerataan Bisa sesuai atau tidak sesuai dengan pelayanan yang cost‐ effective (misalnya, pasien meminta resep yang tidak cocok)

9 Perlindungan terhadap Risiko Setiap tahunnya, ada sebagian penduduk yang mengeluarkan biaya pelayanan kesehatan yang tinggi Tanpa perlindungan, bisa jatuh miskin atau mendapat pelaya nan yang kurang Masalahnya menjadi lebih buruk bagi mereka yang berpenghasilan rendah Dapat dihindari melalui asuransi atau sektor publik yang efek tif dan hampir bebas biaya.

10 Kebijakan Kesehatan

11 Pendekatan Faktor Risiko (Australia)

12 Kerangka Konsep Sistem Kesehatan (Australia)

13 Pembagian Peran

14 Peran Pemerintah Regulasi Pelaksanaan kegiatan kesehatan Pengembangan SDM dan sumber daya lain

15 Pembagian Peran

16 Proyeksi Keadaan Ekonomi Setempat

17

18

19 Peran Regulasi Pemda

20 Apa kebijakan kesehatan itu? Kebijakan (Policy): Sejumlah keputusan yang dibuat oleh mereka yang bertanggung jawab dalam bidang kebijakan tertentu Kebijakan Publik (Public Policy): kebijakan - kebijakan yang dibuat oleh pemerintah atau negara Kebijakan Kesehatan (Health Policy): Segala sesuatu untuk mempengaruhi faktor - faktor penentu di sektor kesehatan agar dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat; dan bagi seorang dokter kebijakan merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan layanan kesehatan (Walt, 1994)

21 Mengapa Kebijakan kesehatan penting? Sektor kesehatan merupakan bagian penting perekonomian di berbagai negara Kesehatan mempunyai posisi yang lebih istimewa dibanding dengan masalah sosial yang lainnya Kesehatan dapat dipengaruhi oleh sejumlah keputusan yang tidak ada kaitannya dengan pelayanan kesehatan (misal: kemiskinan, polusi) Memberi arahan dalam pemilihan teknologi kesehatan

22 Faktor Kontekstual yang Mempengaruhi Kebijakan Faktor situasional: Faktor yang tidak permanen atau khusus yang dapat berdampak pada kebijakan (contoh: kekeringan) Faktor struktural: bagian dari masyarakat yang relatif tidak berubah (misal: sistem politik) Faktor Budaya: Faktor yang dapat berpengaruh seperti hirarki, gender, stigma terhadap penyakit tertentu Faktor Internasional atau eksogen: faktor ini menyebabkan meningkatnya ketergantungan antar negara dan mempengaruhi kemandirian dan kerja sama internasional dalam kesehatan

23 Ruang lingkup administrasi kebijakan kesehatan Kebijakan kesehatan (health policy) Hukum Kesehatan (health law) Ekonomi kesehatan (health economic) Manajemen tenaga kesehatan (health man power) Ekonomi kesehatan (health economic) Manajemen tenaga kesehatan (health man power) Administrasi rumah sakit (hospital administration)

24 Kebijakan kesehatan (health policy) Kebijakan kesehatan membahas tentang penggarisan kebijaksanaan, pengambilan keputusan, kepemimpinan, public relation, penggerakan peran serta masyarakat dalam pengelolaan program – program kesehatan.

25 Hukum Kesehatan (health law) Hukum kesehatan membahas tentang peraturan atau perundangan di bidang kesehatan meliputi : undang – undang kesehatan, hospital by law, informed consent, dan sebagainya.

26 Ekonomi kesehatan (health economic) Ekonomi kesehatan membahas tentang konsep pembiayaan kesehatan, asuransi kesehatan, analisis biaya, dan sebagainya.

27 Manajemen tenaga kesehatan (health man power) Manajemen tenaga kesehatan membahas tentang perencanaan kebutuhan tenaga kesehatan, motivasi tenaga kesehatan, kinerja tenaga kesehatan, dan sebagainya.

28 Administrasi rumah sakit (hospital administration) Administrasi rumah sakit membahas tentang organisasi dan manajemen rumah sakit, manajemen SDM rumah sakit, manajemen keuangan rumah sakit, manajemen logistic, dan sebagainya

29 Pengertian kebijakan kesehatan Kebijakan public menurut Thomas Dye (1981) adalah apapun pilihan pemerintah untuk melakukan atau tidak melakukan. Konsep tersebut sangat luas karena kebijakan publik mencakup sesuatu yang tidak dilakukan pemerintah atau yang dilakukan pemerintah ketika pemerintah menghadapi masalah publik.

30 Beberapa Variabel Yang Menentukan Kerangka Kebijakan Kesehatan Tujuan yang akan dicapai dalam mengambil kebijakan kesehatan Preferensi nilai seperti apa yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatan kebijakan Sumberdaya yang mendukung kebijakan kesehatan Kemampuan aktor yang terlibat dalam pembuatan kebijakan kesehatan Lingkungan yang mencakup lingkungan sosial, ekonomi, pilitik dan sebagainya. Strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan.

31 Proses Analisis kebijakan Kesehatan Proses analisis kebijakan publik adalah serangkaian aktivitas intelektual yang dilakukan dalam proses kegiatan yang bersifat politis. Aktivitas politis tersebut nampak dalam serangkaian kegiatan yang mencakup penyusunan agenda, formulasi kebijakan, adopsi kebijakan, dan penilaian kebijakan. Sedangkan aktivitas perumusan masalah, forecasting, rekomendasi kebijakan dan monitoring merupakan aktivitas yang lebih bersifat intelektual.

32 TAHAP ANALISIS KEBIJAKAN Perumusan Masalah Forecasting Rekomendasi Kebijakan Monitoring Kebijakan Evaluasi Kebijakan

33 TAHAP ANALISIS KEBIJAKAN Perumusan Masalah Memberikan informasi mengenai kondisi – kondisi yang menimbulkan masalah Forecasting Memberikan informasi mengenai konsekuensi di masa mendatang dari diterapkannya alternatif kebijakan termasuk apabila tidak membuat kebijakan. Rekomendasi Kebijakan Memberikan informasi mengenai manfaat bersih dari setiap alternatif dan merekomendasikan alternatif kebijakan yang memberikan manfaat bersih paling t

34 TAHAP ANALISIS KEBIJAKAN Monitoring Kebijakan Memberikan informasi mengenai konsekuensi sekarang dan masala lalu dari diterapkannya alternatif kebijakan termasuk kendala- kendalanya. Evaluasi Kebijakan Memberikan informasi mengenai kinerja atau hasil dari suatu kebijakan.

35 Siklus Kebijakan Policy Cycle

36 Segitiga Kebijakan Kesehatan

37 Kebijakan kesehatan di Indonesia Kebijakan kesehatan Indonesia dirumuskan dalam Sistem Kesehatan Nasional. Bagian pertama dari Sistem Kesehatan Nasional secara garis besarnya menggariskan arah, tujuan, kebijaksanaan dan dasar serta landasan tentang bagaimana seharusnya pengadministrasian segala upaya kesehatan di Indonesia


Download ppt "Kebijakan Kesehatan. Pengertian Ilmu Kesehatan Masyarakat menurut Winslow dari yale University pada tahun 1920 : – Public Health is the science and art."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google