Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENULIS CERPEN DENGAN STRATEGI PEMODELAN KD 8.2 Menulis karangan berdasarkan kehidupan orang lain dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar) Tujuan:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENULIS CERPEN DENGAN STRATEGI PEMODELAN KD 8.2 Menulis karangan berdasarkan kehidupan orang lain dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar) Tujuan:"— Transcript presentasi:

1 MENULIS CERPEN DENGAN STRATEGI PEMODELAN KD 8.2 Menulis karangan berdasarkan kehidupan orang lain dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar) Tujuan: 1. Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur cerpen dari segi pelaku, peristiwa, dan latarnya. 2. Siswa dapat menulis cerpen dengan memanfaatkan unsur pelaku, peristiwa, dan latar STRATEGI PEMODELAN: mengkreasikan cerpen yang berbeda dari cerpen model untuk menghasilkan cerpen baru sesuai dengan keinginannya. Catatan penting: rangkaian peristiwa yang dikreasikan/ dibelokkan dijaga agar tetap logis dan dramatik/ menarik B. Unsur Pembangun Cerpen: 1. Unsur Instrinsik : terdapat dalam teks cerpen 2. Unsur ekstrinsik: di luar teks cerpen

2 Unsur-unsur Instrinsik Cerpen 1. Alur : jalan cerita, tahapan cerita 2. Latar/ setting: waktu dan tempat terjadinya cerita dan suasana yang terjadi. 3. Pelaku : tokoh/pemeran dalam cerita. 4. Penokohan: perwatakan para pelaku 5. Gaya bahasa: cara pengungkapan cerita melalui media bahasa. 6. Tema : persoalan pokok dalam cerita 7. Amanat : pesan/pelajaran dalam cerita 8. Sudut pandang: posisi penulis dalam cerita

3 Unsur-unsur Ekstrinsik Cerpen 1. Nilai-nilai: a. Nilai Agama: berkaitan dengan ke-Tuhanan b. Nilai Moral: berkaitan dengan baik/buruk c. Nilai Sosial: berkaitan dengan hubungan antarmanusia. d. Nilai budaya: berkaitan dengan hasil budidaya manusia untuk kemaslahatan umat manusia dalam hidupnya. 2. Situasi sosial budaya masyarakat : kepercayaan, tingkat strata sosial, tata sosial yang berlaku. 3. Biografi penulis, termasuk ideosinkresi penulis. 4. Perwajahan buku

4 Pelaku, Peristiwa, dan Latar Pelaku: 1. Pelaku utama 2. Pelaku sampingan 3. Pelaku figuran Peristiwa: Tahapan peristiwa yang sambung menyambung membentuk alur cerita.

5 Memahami Alur Cerita Skema Alur

6 Latar (setting) a. Latar Waktu: kapan terjadinya cerita. b. Latar Tempat : di mana terjadinya cerita. c. Latar Suasana: suasana yang terbangun dalam cerita. Latar, pelaku, dan alur dalm cerpen model dapat dikreasikan untuk membentuk cerpen baru.

7 Contoh penerapan strategi pemodelan Versi Model: Terjadi kecelakaan --- korban meninggal – pelaku melarikan diri – keluarga korban menuntut --- pelaku menjadi buron – pelaku ditangkap dan diadili – pelaku dihukum. Versi setelah dikreasikan: Terjadi kecelakaan – korban meninggal – pelaku bertanggung jawab (biaya rmh sakit dan biaya pemakaman, santunan – keluarga korban tdk menuntut – pelaku tdk dihukum, bahkan hub keluarga dg keluarga korban menjadi baik

8 STRUKTUR CERPEN 1. ABSTRAK: ringkasan/inti cerita(opsional) 2. ORIENTASI: pengenalan latar cerita 3. KOMPLIKASI: masalah mulai timbul karena sebab-akibat rangkaian peristiwa, kemudian sampai pada klimaks 4. EVALUASI: penurunan masalah. 5. RESOLUSI: penyelesaian masalah 6. KODA: pelajaran yang bisa dipetik dari cerita (opsional)

9 TUGAS 1. Identifikasikan alur pada cerpen Ketika Mas Gagah Pergi, mulai dari : pengenalan, konflik, klimaks, masalah mulai reda, dan penyelesaiannya. 2. Kreasikan alurnya pada saat Mas Gagah kecelakaan di Bogor. Latarnya bisa diubah/ diganti sesuai kebutuhan. 3. Tulislah hasil mengkreasikan tersebut menjadi sebuah cerpen baru.


Download ppt "MENULIS CERPEN DENGAN STRATEGI PEMODELAN KD 8.2 Menulis karangan berdasarkan kehidupan orang lain dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar) Tujuan:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google