Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AWAL KEKUASAAN BANGSA BARAT DI INDONESIA PORTUGIS I512 menguasai Hitu,Seram dan Ternate Membantu Ternate menghadapi Tidore Mendirikan benteng Sao Paolo.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AWAL KEKUASAAN BANGSA BARAT DI INDONESIA PORTUGIS I512 menguasai Hitu,Seram dan Ternate Membantu Ternate menghadapi Tidore Mendirikan benteng Sao Paolo."— Transcript presentasi:

1 AWAL KEKUASAAN BANGSA BARAT DI INDONESIA PORTUGIS I512 menguasai Hitu,Seram dan Ternate Membantu Ternate menghadapi Tidore Mendirikan benteng Sao Paolo Monopoli perdagangan Hubungan dengan kerajaan Samudera Pasai => mendirikan benteng dan hak berdagang lada Hubungan dengan Pakuan Pajajaran/Sunda Kelapa => hak dagang rempah – rempah

2 AWAL KEKUASAAN BANGSA BARAT DI INDONESIA INGGRIS Kongsi dagang EIC Mendirikan kantor dagang EIC atas persetujuan Sultan Iskandar Thani di Aceh Kegiatan/transaksi dagang di Jayakarta, Banjar, Gowa dan Maluku Gagal karena cenderung memaksakan aturan Ketidakmampuan bersaing dengan armada dagang Belanda

3 AWAL KEKUASAAN BANGSA BARAT DI INDONESIA BELANDA (SEBELUM VOC)CORNELIS DE HOUTMAN 22 Juni 1596 – 1602 => Kedatangan Cornelis de Houtman dan rombongan Disusul oleh Pieter de Keyzer dan Jacob van Neck Tidak ada koordinasi antar pedagang Belanda Sesama pedagang Belanda bersaing mencari keuntungan Kalah bersaing dengan Portugis dan Inggris

4 AWAL KEKUASAAN BANGSA BARAT DI INDONESIA PIETER DE KAIZER/KEYZERJACOB VAN NECK

5 AWAL KEKUASAAN BANGSA BARAT DI INDONESIA Jan Huygen van LinschotenFrederick de Houtman

6 Ekspedisi Cornelis de Houtman

7 Kapal Cornelis dan rombongan

8 Jalur Pelayaran Belanda

9 Cornelis tiba di Banten

10 INGGRIS

11 Tokoh Francis Drake Thomas CavendishSir James Lacenster Sir Henry Middleton

12 Jalur Pelayaran

13 Dampak pelayaran Ekonomi Petani diberikan kebebasan untuk menanam tanaman ekspor dan pemerintah berkewajiban membuat pasar untuk merangsang petani menanam tanaman eksopor. Penghapusan pajak hasil bumi dan system penyerahan wajib. Politik Penjajahan rempah – rempah Membagi Pulau Jawa atas 16 keresidenan Sosial Menghapuskan kerja rodi Penghapusan perbudakan Peniadakan hukumam-hukuman yang kejam dan menyakiti

14 Dampak pelayaran Budaya ditulisnya buku tentang History of Java mendukung Bataviaach Genootschap, sebuah perkumpulan kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Ditemukannya bunga Rafflesia Arnoldi. Dirintisnya pembangunan Kebun Raya Bogor.

15 SPANYOL

16 Tokoh Pelayaran Christoper Colombus Ferdinand Magelhaens dan Juan Sebastian Del Cano

17

18 DAMPAK PELAYARAN TERHADAP INDONESIA Politik: menurunnya kekuasaan penguasa lokal. Ekonomi: ketidakbebasan rakyat dalam menjual dan menentukan harga panen. Sosial: daerah Indonesia terisolasi di laut sehingga kehidupan berkembang ke padalaman. Budaya: muncul dan berkembangnya tradisi barat dalam masyarakat bumi.

19 Belanda

20 Tokoh De Houtman dan Van Neck

21 Dampak Perlayaran Meski perjalanan ini bisa dibilang gagal, ini juga dapat dianggap sebagai semacam kemenangan bagi belanda. Dalam 5 tahun kemudian, 65 kapal telah berlayar ke wilayah tersebut dan bisa memulai penjajahan Hindia-Belanda.

22 PORTUGIS

23 JALUR PELAYARAN PORTUGIS MENUJU INDONESIA

24 Alfonso de Albuquerque Fransisco de Almaeda Pedro alvares Cabral Tokoh Terkenal Portugis dalam Penjajahan

25 Dampak Ekonomi Malaka yang merupakan daerah strategis perdagangan jatuh ke tangan portugis yang meyebabkan banyak pedagang yang berpindah haluan.


Download ppt "AWAL KEKUASAAN BANGSA BARAT DI INDONESIA PORTUGIS I512 menguasai Hitu,Seram dan Ternate Membantu Ternate menghadapi Tidore Mendirikan benteng Sao Paolo."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google