Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KD 3.11 Mendeskripsikan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi dari studi pustaka baik teori lama maupun kecenderungan baru tentang teori evolusi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KD 3.11 Mendeskripsikan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi dari studi pustaka baik teori lama maupun kecenderungan baru tentang teori evolusi."— Transcript presentasi:

1

2 KD 3.11 Mendeskripsikan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi dari studi pustaka baik teori lama maupun kecenderungan baru tentang teori evolusi 3.12 Membedakan teori evolusi Darwin dan teori-teori lain 3.13 Mendeskripsikan mekanisme terjadinya evolusi

3 EVOLUSI berasal dari kata to evolve ( bahasa Inggris ) yang berarti berkembang atau berubah secara perlahan – lahan. Evolusi adalah ilmu tentang perubahan- perubahan organisme yang berangsur- angsur menuju kepada kesesuaian dengan waktu dan tempat.

4 Dari definisi tersebut, evolusi tidak akan pernah membuktikan bagaimana kera berubah menjadi manusia. Evolusi bukan proses perubahan dari suatu organisme (spesies) ke organisme (spesies) yang lain.

5 Berikut pendapat para ahali mengenai teori evolusi: Anaximander -> Mempercayai manusia berevolusi dari makhluk akuatik. Empedocles -> Kehidupan muncul dari lumpur dan tumbuhan Eramus Darwin -> Berawal dari asal mula yang sama dan respon fungsional diwariskan

6 Sir Charles Lyell -> Permukaan bumi terbentuk melalui proses bertahap dalam jangka waktu yang lama. Thomas Robert Malthus -> tidak adanya keseimbangan antara penduduk dan bahan makanan. George Cuvier -> Setiap masa diciptakan makhluk hidup yang berbeda

7 Teori Evolusi Lamarck berisi dua gagasan utama, yaitu: Gagasan use and disuse (digunakan dan tidak digunakan) bagian tubuh yang digunakan secara intensif untuk menghadapi suatu lingkungan tertentu akan menjadi besar dan kuat. Sementara itu, bagian tubuh yang jarang digunakan akan mengalami kemunduran. Sifat atau ciri-ciri dari lingkungan dapat diwariskan kepada keturunannya.

8 Charles Robert Darwin ( ) Yang dikenal sebagai Bapak Teori Evolusi lahir di daerah Inggris bagian barat. Teori Evolusi Darwin tidak muncul begitu saja, namun berdasarkan hasil perjalanannya dengan kapal Beagle ke kepulauan Galapagos dan studi terhadap berbagai disiplin ilmu. Pelayaran Darwin ke Kepulauan Galapagos

9 Weismann tidak menentang pandangan Darwin, tetapi lebih menjelaskan pandangan Darwin mengenai seleksi alam. Weismann berpendapat bahwa perubahan sel tubuh karena pengaruh lingkungan tidak akan diwariskan kepada keturunannya. Evolusi menyangkut bagaimana pewarisan gen-gen melalui sel-sel kelamin, artinya evolusi adalah gejala seleksi alam terhadap faktor- faktor genetika.

10 Teori Evolusi Darwin ( Teori Seleksi Alam ) Penemuan Teori Evolusi Darwin 1). Pelayaran Darwin ke Kepulauan Galapagos >> burung finch di Galapagos 2). Isi Teori Seleksi Alam Spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies-spesies yang hidup di masa silam Evolusi terjadi melalui seleksi alam

11 Perbandingan Teori Evolusi Lamark, Darwin dan Weismann

12 Prinsip – Prinsip Evolusi Proses evolusi dapat dibedakan atas dasar faktor-faktor berikut : Evolusi Berdasarkan Arahnya Evolusi Progresif : merupakan evolusi menuju pada kemungkinan yang dapat bertahan hidup (survival). Proses ini dapat dijumpai melalui peristiwa evolusi yang terjadi pada burung Finch. Evolusi Regresif : merupakan proses menuju pada kemungkinan kepunahan. Hal ini dapat dijumpai melalui peristiwa evolusi yang terjadi pada hewan dinosaurus.

13 Lanjutan... Evolusi Berdasarkan Skala Perubahannya Makroevolusi : perubahan evolusi yang dapat mengakibatkan perubahan dalam skala besar. Adanya makroevolusi dapat mengarah kepada terbentuknya spesies baru. Mikroevolusi : proses evolusi yang hanya mengakibatkan perubahan dalam skala kecil. Mikroevolusi ini hanya mengarah kepada terjadinya perubahan pada frekuensi gen atau kromosom.

14 Lanjutan Evolusi Berdasarkan Hasil Akhir Evolusi Divergen : perubahannya berasal dari satu spesies menjadi banyak spesies baru. Evolusi divergen ditemukan pada peristiwa terdapatnya lima jari pada vertebrata yang berasal dari nenek moyang yang sama dan sekarang dimiliki oleh bangsa primata dan manusia. Evolusi Konvergen : perubahannya didasarkan pada adanya kesamaan struktur antara dua organ atau organisme pada garis sama dari nenek moyang yang sama. Hal ini dapat ditemukan pada hiu dan lumba-lumba.

15 KD 3.11 Mendeskripsikan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi dari studi pustaka baik teori lama maupun kecenderungan baru tentang teori evolusi 3.12 Membedakan teori evolusi Darwin dan teori-teori lain 3.13 Mendeskripsikan mekanisme terjadinya evolusi

16 Syarat-syarat Evolusi menurut Hardy Weinberg a. Tidak ada mutasi. b. Tidak ada seleksi alam. c. Ukuran populasi sangat besar. d. Semua anggota populasi dapat berkembang biak. e. Semua anggota populasi dapat kawin secara acak. f. Semua anggota populasi menghasilkan keturunan dalam jumlah yang sama. g. Tidak ada migrasi keluar atau masuk dari dan ke populasi

17 Hukum Hardy-Weinberg

18 SOAL TEST Suatu daerah memiliki jumlah penduduk sebanyak jiwa, dan di daerah tersebut terdapat penderita albino sebanyak 3600 jiwa. Tentukan: a.Jumlah frekuensi genotip yang heterozygot b.Jumlah penduduk yang normal

19 Mekanisme Evolusi Biologi Seleksi alami Seleksi mengarah, mengakibatkan frekuensi alel akan mengarah pada salah satu ciri. Seleksi stabilisasi, sifat yang paling umum merupakan sifat yang lebih mampu bertahan hidup. Seleksi disruptif, terjadi pada individu heterozigot. Seleksi ini akan memecah populasi menjadi dua kelompok yang berbeda, tetapi miliki alel homozigot.

20 Variasi Genetis Mutasi dapat meningkatkan frekuensi alel pada individu di dalam populasi. Dengan demikian, setiap populasi dapat mengembangkan variasi-variasi yang ada di dalam populasinya. Contoh variasi ini terlihat pada ayam yang memiliki jengger berbeda-beda. a.Mutasi gen b.B. Rekombinasi gen

21 Spesiasi Isolasi reproduktif, adanya isolasi reproduktif menyebabkan perkawinan antarspesies tidak dapat terjadi. Model spesiasi, Populasi suatu spesies dapat terpisahkan misalnya menjadi dua kelompok oleh penghalang (barier) fisik maupun geografis.

22 Lanjutan... Isolasi Geografis, maerupakan batas alam yang apabila alam tersebut tidak dapat dilewati, maka suatu populasi tidak akan bertemu Isolasi ekologi, dua spesies yang berkerabat dekat ada dalam daerah geografis yang sama namun habitat beda Isolasi musim, disebabkan oleh masa kawin dan pematangan gamet yang berbedaIsolasi tingkah laku, adanya ritual dan perilaku tertentuIsolasi mekanis, perbedaan morfologi tubuhIsolasi gamet, susunan kimiawi dan molekul yang berbeda pada gamet

23 TUGAS MANDIRI 1. Mutasi yang menyebabkan perubahan besar pada organisme adalah…. 2. Hukum Hardy-Weinberg menyatakan bahwa frekuensi alel pada suatu populasi selalu tetap dari generasi ke generasi berikutnya. Yang termasuk syarat lain berlakunya hukum Hardy-Weinberg adalah…. 3. Frekuensi gen a dalam suatu populasi adalah 0,25. Frekuensi gen A dalam populasi tersebut adalah…. 4. Diketahui frekuensi orang albino pada suatu masyarakat adalah 25 diantara orang. Presentase orang pembawa sifat albino yang heterozigot adalah…. 5. Contoh hewan yang merupakan hasil domestikasi adalah….

24 Asal Usul Kehidupan Teori Abiogenesis Teori abiogenesis disebut juga teori generatio spontanea. Apa benar hal itu terjadi begitu saja??

25 Teori Biogenesis Teori ini dikemukakan oleh Louis Pateur, Lazzaro Spallanzani, dan Fransisco Redi. Percobaan Redi

26 Percobaan Lazzaro Spallanzani

27 Percobaan Louis Pasteur

28 Teori Evolusi Kimia Stanley Miller dan Harold Urey melakukan percobaan laboratorium untuk membuktikan hipotesis Oparin dan Haldane. Percobaan itu pada dasarnya memenuhi syarat – syarat atmosfer purba untuk terjadinya senyawa organik seerhana dari zat – zat anorganik.

29 Teori Evolusi Biologi Asal usul prokariot

30 Asal usul eukariotik

31

32 Kecenderungan Baru Tentang Teori Evolusi Penemuan fosil berperan penting dalam penentuan suatu peta kekerabatan organisme. Pohon filogenetik juga dapat disusun berdasarkan homologi morfologi dan homologi molekul (DNA). Homologi menunjukkan kesamaan dikarenakan adanya hubungan kekerabatan dengan nenek moyang yang sama..

33

34 Terima Kasih :D


Download ppt "KD 3.11 Mendeskripsikan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi dari studi pustaka baik teori lama maupun kecenderungan baru tentang teori evolusi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google