Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Marilah Kita menyanyikan lagu Wajib BERKIBARLAH BENDERAKU Berkibarlah benderaku Lambang suci gagah perwira Di seluruh pantai Indonesia Kau tetap pujaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Marilah Kita menyanyikan lagu Wajib BERKIBARLAH BENDERAKU Berkibarlah benderaku Lambang suci gagah perwira Di seluruh pantai Indonesia Kau tetap pujaan."— Transcript presentasi:

1 Marilah Kita menyanyikan lagu Wajib BERKIBARLAH BENDERAKU Berkibarlah benderaku Lambang suci gagah perwira Di seluruh pantai Indonesia Kau tetap pujaan bangsa Siapa berani menurunkan engkau Serentak rakyatmu membela Sang merah putih yang perwira Berkibarlah Slama-lamanya

2 BLITZKREIG UNISYA IZHARI RINSTA SAVIRA 1 PRAKASYA ARIQ S 2 ELENA SULTHANAH MUMTAZ 3 HASNA ALIMAH BESTARI 4 JESICA APOLIA 5 IBNU HABBAN M 6 Sumber Sejarah

3 Sumber Sejarah adalah..... sesuatu yang langsung atau tidak langsung yang menyampaikan kepada kita tentang sesuatu kenyataan dimasa lalu.

4  Menurut Moh Ali : Sumber sejarah adalahsegala sesuatu yang berwujud dan tidakberwujud serta berguna bagi penelitian sejarahsejak zaman purba sampai sekarang.

5  Berdasarkan sifat-sifatn sumber sejarah, sumber sejarah dibagi menjadi 3 yaitu :  1. sumber primer  2. sumber sekunder  3. sumber tersier

6 1.Sumber Primer (sumber pertama /sumber asli) adalah sumber yang menununjukkan kesaksian langsung pada saat peristiwa sejarah ituterjadi. 2. Sumber Sekunder (Sumber kedua) Sumber yang ditulis oleh sejarawan berdasarkan sumber primer atau sumber yang bukan merupakan kesaksian langsung padaperiode sejarah yang diteliti oleh sejarawan.

7 3.Sumber Tersier yaitu berupa buku-buku sejarah yang disusun berdasarkan laporan penelitian ahli sejarah tanpa melakukan penelitian langsung.

8  Sumber rekaman  Sumber benda  Sumber lisan  Sumber tertulis

9 Sumber Rekaman  Sumber rekaman dapat berupa sekaman kaset audio dan rekaman kaset video.  Banyakperistiwa sejarah yang dapat terekam,misalnya Masa Pendudukan Jepang,Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945,Perang Kemerdekaan dan sebagainya.

10  Sumber benda /sumber corporal  Sumber benda yaitu sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda-benda kebudayaan,  Misalnya:  alat-alat atau benda budaya,seperti:  A. kapak  B. gerabah,  C. Perhiasan  D. manik-manik  E. Candi  F. patung.

11 Sumber Lisan Sumber lisan adalah keterangan langsung dari pelakuatau saksi dari suatu peristiwa sejarah. Cara yang dilakukan untuk memperoleh sumber lisan,yaitu dengan melakukan wawancara. Sebelum melakuakanwawancara terlebih dahulu kita harus memiliki persiapanyang matang. Hal yang harus dipersiapkan adalah kita harusmemilih pengetahuan tentang hal yang akan kita tanyakan

12  Sumber tertulis adalah keterangan tertulis yang berkaitan dengan peristiwa sejarah.  Contohnya antara lain : prasasti,kronik, babad, piagam, dokumen, laporan, arsip, dan suratkabar.  Menurut Sartono Kartodirdjo, sumber tertulis dapat dibagi menjadi 4,yaitu:  a) Otobiografi c) Surat Kabar  b) Surat pribadi, catatan atau buku harian, dan memori  d) Cerita roman e) Dokumen pemerintah

13

14 Untuk mengungkap sumber-sumber sejarah diatas diperlukan berbagai ilmu bantu, seperti :

15 1) Epigrafi : tulisan kuno atau prasasti. 2) Arkeologi : benda/peninggalan kuno. 3) Ikonografi : patung. 4) Nomismatik : uang. 5) Ceramologi : keramik. 6) Geologi : lapisan bumi. 7) Antropologi : asal-usul kejadian serta perkembangan makhluk manusisa dan kebudayaannya. 8) Paleontologi : sisa makhluk hidup yang sudah membantu. 9) Paleoantropologi : bentuk manusia yang paling sederhana hingga sekarang. 10) Sosiologi adalah : sifat keadaan dan pertumbuhan masyarakat. 11) Filologi yaitu : bahasa, kebudayaan, pranatadan sejarah suatu bangsa sebagaimana terdapat di bahan-bahan tertulis.

16 SEKIAN DARI KAMI


Download ppt "Marilah Kita menyanyikan lagu Wajib BERKIBARLAH BENDERAKU Berkibarlah benderaku Lambang suci gagah perwira Di seluruh pantai Indonesia Kau tetap pujaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google