Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perkembangan teknologi zaman praaksara “REVOLUSI KEBUDAYAAN ZAMAN NEOLITIKUM”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perkembangan teknologi zaman praaksara “REVOLUSI KEBUDAYAAN ZAMAN NEOLITIKUM”"— Transcript presentasi:

1

2 Perkembangan teknologi zaman praaksara “REVOLUSI KEBUDAYAAN ZAMAN NEOLITIKUM”

3 Pertanyaan menantang ? Pelajaran minggu yg lalu  coba sebutkan beberapa contoh kebudayaan zaman mesolitikum?

4  contoh produk dari sebuah revolusi kebudayaan yang ada pada saat ini. Contohnya dalam teknologi komunikasi ada surat elektronik atau . Manusia tidak lagi harus berkirim surat dalam waktu lama “Sebuah Revolusi”

5 1)menganalisis pembabakan waktu zaman teknologi bebatuan; 2)menganalisis hasil-hasil kebudayaan zaman paleolitikum; dan 3) menganalisis perkembangan teknologi bebatuan zaman mesolitikum. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu:

6 1) menganalisis perkembangan kebudayaan zaman neolitikum; 2) menganalisis makna revolusi kebudayaan zaman neolitikum; dan 3) menganalisis manusia pendukung kebudayaan nelolitikum. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu:

7 ALAT APAKAH INI ?

8  alat ini sampai sekarang masih banyak kita temukan di rumah tangga di Indonesia. Alat ini sering disebut dengan cobek, alat untuk menghaluskan rempah-rempah, menghaluskan bumbu masak atau tempat membuat sambal.  Alat bebatuan ini sudah dikenal ribuan tahun yang lalu  Nah, kali ini kita akan mengkaji tentang “Perkembangan teknologi bebatuan sampai dengan masa mesolitikum”.

9  a) Apa makna paleolitikum?  b) Hasil kebudayaan zaman praaksara bersifat trial and eror, apa maksudnya?  c) Beberapa jenis kapak yang ditemukan dalam Kebudayaan Pacitan misalnya kapak ….  d) Jelaskan tentang Kebudayaan Kjokkenmoddinger  e). Jelaskan tentang Kebudayaan Abris sous roche.... Tugas diskusi

10 pertanyaan untuk melihat penguasaan materi dan kompetensi yang dicapai. a) Apa makna Paleolitikum? b) Jelaskan ciri hasil kebudayaan masa Mesolitikum! c) Sebutkan hasil kebudayaan dari masa Paleolitikum! QUIZ/PERTANYAAN

11  melakukan identifikasi hasil-hasil kebudayaan zaman Paleolitikum dan Mesolitikum, dan jangan lupa menyertakan gambar-gambarnya.  Tugas di kliping dikumpulkan minggu depan. Tugas Rumah (PR)

12 TERIMA KASIH

13 SEJARAH XSUMARWOTO PAULUS, S. Pd12 ZAMAN PALEOLITIKUM (KEBUDAYAAN BATU TUA) KEBUDAYAAN PACITAN KEBUDAYAAN NGANDONG

14 SEJARAH XSUMARWOTO PAULUS, S. Pd13 KEBUDAYAAN PACITAN  DIAWALI TH KETIKA VAN KOENIGWALD MENEMUKAN ALAT-ALAT BATU DI PUNUNG, PACITAN.  ALAT-ALAT DARI BATU INI BENTUKNYA MASIH SANGAT KASAR DAN SEDERHANA.  PARA AHLI MENYEBUT PENEMUAN DI PACITAN INI DENGAN SEBUTAN KAPAK GENGAM ATAU KAPAK BERIMBAS KARENA PENGGUNAANNYA DENGAN CARA DIGENGGAM. NAMUN LAZIM JUGA DISEBUT CHOPPER ATAU ALAT PENETAK.  SELAIN DI PUNUNG (PACITAN) HASIL BUDAYA PACITAN INI JUGA DIKETEMUKAN DI PARIGI DAN GOMBONG (JAWA TENGAH), SUKABUMI (JAWA BARAT), SERTA LAHAT (SUMATERA SELATAN).

15 SEJARAH XSUMARWOTO PAULUS, S. Pd14  DI CHINA SENDIRI, YAKNI DI GUA CHOUKOUTIEN DITEMUKAN SEJUMLAH FOSIL MANUSIA JENIS PITHECANTHROPUS ERECTUS YANG DISEBUT DENGAN NAMA SINANTROPUS PEKINENSIS. BERSAMAAN DENGAN DIKETEMUKANNYA FOSIL-FOSIL MANUSIA JENIS INI, DIKETEMUKAN JUGA ALAT-ALAT BATU YANG DIKETEMUKAN DI GUA CHOUKOUTIEN YANG MIRIP DENGAN ALAT-ALAT BATU YANG DIKETEMUKAN DI PACITAN. SEHINGGA DAPATLAH DISIMPULKAN BAHWA PENDUKUNG KEBUDAYAAN KAPAK GENGGAM ATAU CHOPPER ADALAH JENIS PITHECANTHROPUS.

16 SEJARAH XSUMARWOTO PAULUS, S. Pd15 KEBUDAYAAN NGANDONG  DI DAERAH NGANDONG DAN SIDOREJO (NGAWI) DIKETEMUKAN BANYAK ALAT-ALAT DARI TULANG DAN TANDUK, DAN KARENA DIKETEMUKAN DI DAERAH NGANDONG MAKA LAZIM DISEBUT DENGAN BUDAYA NGANDONG. ALAT-ALAT YANG DIKETEMUKAN ITU KEBANYAKAN TERBUAT DARI TULANG DAN TANDUK RUSA. DAN BERFUNGSI SEBAGAI PENUSUK ATAU BELATI, YANG NAMPAKNYA BERFUNGSI SEBAGAI ALAT UNTUK MENGOREK UBI ATAU KELADI DALAM TANAH.

17 SEJARAH XSUMARWOTO PAULUS, S. Pd16  DI SAMPING DIKETEMUKAN DI NGANDONG ALAT- ALAT INI JUGA DIKETEMUKAN DI SANGIRAN.  ALAT-ALAT INI DIPERKIRAKAN BERASAL DARI LAPISAN PLESTOSEN ATAS.  DAN DIPERKIRAKAN ALAT-ALAT INI DIPERGUNAKAN OLEH MANUSIA JENIS HOMO SOLOENSIS DAN HOMO WAJAKENSIS.

18 SEJARAH XSUMARWOTO PAULUS, S. Pd17 CONTOH ALAT-ALAT DARI TULANG/ TANDUK (BUDAYA NGANDONG)

19 SEJARAH XSUMARWOTO PAULUS, S. Pd18 KJOKKENMODDINGER  KJOKKENMODDINGER MERUPAKAN ISTILAH DARI BAHASA DENMARK KJOKKEN YANG ARTINYA DAPUR DAN MODDING YANG ARTINYA SAMPAH. SEHINGGA KJOKKENMODDINGER SECARA HARAFIAH MEMILIKI ARTI SAMPAH-SAMPAH DAPUR.  ADAPUN ARTI SEBENARNYA DARI KJOKKENMODDINGER ADALAH TIMBUNAN ATAU TUMPUKAN KULIT KERANG DAN SIPUT YANG MENGGUNUNG. TIMBUNAN-TIMBUNAN KULIT KERANG/ SIPUT INI BANYAK DIKETEMUKAN DI SEPANJANG PANTAI SUMATRA TIMUR ANTARA LANGSA HINGGA ACEH DAN MEDAN.  DARI BEKAS-BEKAS YANG ADA MENUNJUKKAN BAHWA MANUSIA PURBA ZAMAN MESOLITIKUM INI BERTEMPAT TINGGAL DI TEPI-TEPI PANTAI. RUMAH-RUMAH MEREKA BERTONGGAK, MEREKA GEMAR MAKAN SIPUT ATAU KERANG-KERANGAN. SETELAH ISINYA DIAMBIL UNTUK DIMAKAN KEMUDIAN KULITNYA DIBUANG DI BAWAH KOLONG RUMAH. DAN KARENA TERJADI DALAM WAKTU YANG LAMA, SEHINGGA KULIT-KULIT KERANG/ SIPUT YANG MENUMPUK MENYERUPAI BUKIT. DAN BUKIT-BUKIT KERANG/ SIPUT INILAH YANG KEMUDIAN DINAMAKAN KJOKKENMODDINGER.

20 SEJARAH XSUMARWOTO PAULUS, S. Pd19 ABRIS SOUS ROCHE  MEMILIKI ARTI BUDAYA DALAM GUA; GUA-GUA YANG ADA DIJADIKAN TEMPAT TINGGAL DAN BENTUKNYA LEBIH MENYERUPAI CERUK SEHINGGA CUKUP UNTUK BERLINDUNG DARI PANAS DAN HUJAN.

21 SEJARAH XSUMARWOTO PAULUS, S. Pd20  PENELITIAN ABRIS SOUS ROCHE INI DIAWALI OLEH VAN STEIN CALLENFIELS ANTARA TAHUN 1928 S/D TAHUN 1931 DI GUA LAWA, SAMPUNG, PONOROGO. ALAT-ALAT YANG DIKETEMUKAN DALAM GUA ITU ANTARA LAIN: ALAT-ALAT BATU YANG BERUPA UJUNG PANAH, BATU PENGGILINGAN, KAPAK-KAPAK YANG SUDAH DIASAH; ALAT-ALAT DARI TULANG DAN TANDUK RUSA. DAN KARENA SEBAGIAN BESAR YANG DITEMUKAN ALAT-ALAT DARI TANDUK DAN TULANG MAKA KEMUDIAN MUNCUL ISTILAH SAMPUNG BONE CULTURE.

22 SEJARAH XSUMARWOTO PAULUS, S. Pd21  GUA-GUA SEBAGAI ABRIS SOUS ROCHE ANTARA LAIN DITEMUKAN DI BESUKI, BOJONEGORO, SULAWESI SELATAN. BAHKAN DI GUA-GUA SULAWESI SELATAN, SEPERTI DI DAERAH LAMOCONG SAMPAI AKHIR ABAD 19 MASIH DIDIAMI OLEH SUKU BANGSA TOALA, SEHINGGA DIKENAL DENGAN ISTILAH BUDAYA TOALA.

23 SEJARAH XSUMARWOTO PAULUS, S. Pd22  HASIL DARI BUDAYA TOALA INI ANTARA LAIN: FLAKES (ALAT-ALAT KECIL DARI BATU), ALAT-ALAT DARI TULANG, SERTA SERPIH BILAH YANG BERFUNGSI UNTUK MELUBANGI SESUATU, MISALNYA KULIT.

24 GOOD LUCK


Download ppt "Perkembangan teknologi zaman praaksara “REVOLUSI KEBUDAYAAN ZAMAN NEOLITIKUM”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google