Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perkembangan Teknologi Komunikasi Pertemuan ke 3 & 4 Teknologi Komunikasi Modern Teknologi yang mendasari komunikasi modern Transmisi Informasi Sistem.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perkembangan Teknologi Komunikasi Pertemuan ke 3 & 4 Teknologi Komunikasi Modern Teknologi yang mendasari komunikasi modern Transmisi Informasi Sistem."— Transcript presentasi:

1 Perkembangan Teknologi Komunikasi Pertemuan ke 3 & 4 Teknologi Komunikasi Modern Teknologi yang mendasari komunikasi modern Transmisi Informasi Sistem Fiber optik Sistem satelit Teknologi wireless

2 Teknologi komunikasi adalah perlengkapan hardware, struktur organisasi dan bernilai sosial bagi setiap kelompok individu dalam proses dan pertukaran informasi dengan individu yang lain. ( Rogers, 2:1986) Perubahan dari komunikasi dalam masyarakat

3 Teknologi komunikasi memberikan pengaruh yang besar dalam penelitian komunikasi khususnya masalah yang mendasari: interpersonal channels; menyangkut a face to face antara dua orang atau lebih, mass media channels; semua yang berkaitan dengan media sebagai perantara pesan, “machine-assisted interpersonal communication” berkaitan dengan keduanya. interpersonal channels; menyangkut a face to face antara dua orang atau lebih, mass media channels; semua yang berkaitan dengan media sebagai perantara pesan, “machine-assisted interpersonal communication” berkaitan dengan keduanya.

4 Namun yang jelas pendekatan terhadap tingkah laku manusia dalam teknologi komunikasi menjadi fokus yang paling utama yaitu Adopsi Dampak sosial Siapa yang mengadopsi -Akibat dari user Kenapa -Akibat jika tidak m’gunakan Jenis yang diminati- Perbedaan dengan yang lama dll- dll

5 Sejarah Ilmu Komunikasi Ilmuan Amerika yang kita kenal saat ini sebagian merupakan para intelektual yang berasal dari eropa. Diketahui bahwa pada zaman Nazi berkuasa, Masyarakat yahudi yang bergelar professor dipecat dari posisinya di universitas, dan beberapa ribu dari para ilmuan teratas bermigrasi ke Amerika; Albert Einstain, Erik Erikson, John Von Neumann dan masih banyak lagi. Para peneliti yang bermigrasi memberikan kontibusinya pada militer untuk penelitian selam perang dunia kedua ; sebagi contoh banyak diantara mereka yang bekerja di Manhattan Project.

6 Ada saatnya teknologi yang awalnya digunakan untuk kesejahteraan masyarakat memberikan dampak yang negative bagi manusia. Karena teknologi mengandung potensi merusak dan potensi kekuasaan jika dikuasai penguasa maka potensi merusak bias ditujukkan segera dan tanpa ampun, misalnya; bom nuklir Hirosima dan Nagasaki. Pengrusakan teknologi juga tidak hanya bersifat fisik, tidak jarang untuk memenangkan kekuasaan politik ataupun kebudayaan ataupun ekonomi. Suasana ini akan terjadi jika yang dikuasai adalah teknologi.

7 Teknologi Komunikasi Modern Dalam telekomunikasi, komunikasi radio dua-arah melewati Atlantik pertama terjadi pada 25 Juli Dengan berkembangnya teknologi, protokol komunikasi juga turut berkembang, contohnya, Thomas Edison telah menemukan bahwa "halo"

8 Selama ini kita hidup di era revolusi komunikasi dimana hal yang baru dan keberadaan teknologi dan aplikasinya menpertajam komunikasi industry dan masyarakat misalnya; Lahirnya generasi terakhir PC yang selalu berpengalaman dalam presentasi multimedia Opical disk menawarkan peningkatan kapasitas produk dan lebih kuat Jaringan telepon sebagai saluran yang banjir akan informasi Satelit yang dapat melayani sebagai podium komunikasi personal.

9 Bahkan kebutuhan akan informasi sebagai sebuah tanda dari sebuah media komunikasi yang fleksibel (CD dan DVD) dan masyarakat informasi yang memiliki kekuatan yang besar bagi perkembangan teknologi komunikasi. Selain itu implikasi terhadap revolusi komunikasi: teknologi konvergensi, demokratisasi terhadap informasi, implikas ekonomi, intelektual property, isu amandemen pertama, privacy dan isu yang lainnya.

10 Transmisi Informasi Transmisi informasi yang dilakukan dalam teknologi komunikasi secara terbuka sangat memberikan andil yang besar dalam perkembangan teknologi komunikasi khususnya di era revolusi informasi. Beberapa transmisi informasi yang berarti tidak terlepas dari system kerja komputerisasi yang semakin canggih. Seperti system optikal disk, satelit, teknologi wireless yang akn dibahas lebih lanjut nantinya.

11 Chelsy YesichaCompany Logo SisTem Fiber optik Teknologinya yang terbilang canggih dan mahal membuat media komunikasi fiber optik menjadi pilihan utama bagi pengguna yang menginginkan kualitas prima dalam berkomunikasi. Fiber Optik Teknologinya yang terbilang canggih dan mahal membuat media komunikasi fiber optik menjadi pilihan utama bagi pengguna yang menginginkan kualitas prima dalam berkomunikasi.

12 Perkembangan Wireless Wireless atau adalah suatu bentuk teknologi komunikasi yang popular kita dengar saat ini. Dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Wireless atau tanpa kabel ini telah mulai dirintis oleh Jepang pada tahun 1940.

13 Contoh: Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.

14 Teknologi Dunia Penyiaran Radio & TV Dalam dunia penyiaran dan non penyiaran tetap mendapatkan perngaruh dari teknologi digital dan computer. Beberapa efek yang ikut terpengaruh; Perkenalan dari audio system baru Adopsi perangkat digital dan meningglkan sistem tape recording Lahirnya newsroom elektronik Kemampuan mengkreasikan visual effect yang menakjubkan Bergerak dengan kecepatan yang luar biasa dengan semua fasilitas produksi digital

15 Teknologi Percetakan Dalam lingkup pekerjaan wartawan, teknologi komunikasi informasi menjadi sebuah isu krusial. Wartawan akan selalu balapan dengan waktu untuk menerbitkan tulisan-tulisannya di surat kabar. Dan waktu menjadi sesuatu yang konstan, tidak pernah berubah dan selalu ada dalam batasan-batasan yang tidak pernah bisa diterobos.

16 Dengan teknologi komunikasi informasi, waktu bisa didekati dengan mempercepat proses penulisan, baik itu menulisnya sendiri maupun proses pengiriman kembali ke redaksi. Teknologi komunikasi informasi pada tingkat yang paling awal sekitar 20 tahun lalu memberikan makna yang sangat penting dalam menopang pekerjaan wartawan. Dengan teknologi yang mendukung seperti hardware (computer monitor, printer, scanner) dan digital/ electronic camera (software).

17 Media trasmisi non fisik terresial Media Transmisi Non Fisik Terestrial adalah media transmisi dalam bentuk gelombang radio yang perambatannya tidak jauh atau seolah-olah sejajar dengan bumi (tidak termasuk transmisi satelit) Pemakaian gelombang radio sebagai media transmisi biasanya ditentukan berdasarkan frekuensi/panjang gelombang Frekuensi adalah banyaknya getaran yang melewati titik tertentu dalam suatu interval waktu yang berlainan Satuan frekuensi disebut : Heartz sesuai penemu gelombang elektromagnetik : Heinrich Hertz ( Jerman)

18 Marger Teknologi Sistem Transmisi

19 Jenis Frekuensi : Middle Frekuensi (MF) : 300 – KH (Radio swasta niaga) High Frekuensi (HF) : 3 – 30 MHz (hub. ke tempat yang jauh/ terpencil) Very High Frekeunsi (VHF) : MHz (Hub. Jarak dekat) Ultra High Frekuensi (UHF) : 300 – MHz (Hub. Jarak dekat) Super High Frekuensi (SFH) : 3 – 30 GHz Extremely High Frekuensi (EHF) : 30 – 300 GHz (Telkom)


Download ppt "Perkembangan Teknologi Komunikasi Pertemuan ke 3 & 4 Teknologi Komunikasi Modern Teknologi yang mendasari komunikasi modern Transmisi Informasi Sistem."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google