Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM MULTIMEDIA Minggu ke 3. Produk Konten Multimedia Teks Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM MULTIMEDIA Minggu ke 3. Produk Konten Multimedia Teks Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks."— Transcript presentasi:

1 SISTEM MULTIMEDIA Minggu ke 3

2 Produk Konten Multimedia Teks Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut.

3 Audio Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran. Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound. Video Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak.

4 Graph/Image Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.

5 Proses Produksi Konten Multimedia Ada 2 kategori multimedia berdasarkan definisi dari media/medium yaitu: 1. Multimedia content production 2. Multimedia communication

6 Tabel dibawah merupakan ilustrasi dari keterkaitan antara multimedia content production dan multimedia communication

7 Akuisisi Proses pengambil alihan konten media dalam multimedia. Digitalisasi Digitalisasi merupakan proses merubah bentuk analog menjadi digital, seperti: a. Image b. Audio

8 a.Image Menggunakan camera analog  camera digital, kemudian dapat dilakukan image processing pada komputer secara digital dengan berbagai software, diantaranya :  Paint (untuk proses pewarnaan)  Microsoft Paint  Lview Pro  Paint Shop Pro  Core (Photo-Paint)  Draw (Untuk Proses menggambar)  Power Point  Corel Draw  ACDsee

9 b. Audio Salah satu kunci maraknya musik digital adalah kemajuan teknologi kompresi data. Pemanfaatan ini bisa memperkecil data jadi sepersepuluh kali, bahkan seperseratus kalinya. Sebagai contoh, kompresi data audio MP3 biasanya berkisar pada angka 11:1 bila dikompresi pada bitrate 128 kilobit per second (kbps). CD Audio : 20 lagu, CD musik format MP3 bisa : ratusan lagu. Ini karena kompresi MP3 kompresinya lebih tinggi dari pada kompresi CD audio.

10 Editing Editing adalah Proses persiapan secara tertulis, visual, dan juga terdengar, serta pemilihan media film yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Informasi disampaikan melalui proses koreksi, kondensasi, organisasi, dan modifikasi lainnya di berbagai media. Proses editing ini dilakukan untuk menghasilkan output yang benar, konsisten, akurat dan lengkap. Editing software multimedia memberikan kemampuan untuk membuat video atau rekaman audio. Alat video dapat memotong bagian yang tidak diinginkan, menampilkan bagian yang berbeda bersama-sama, dan overlay grafis dan teks bersamaan. Editing yang baik membutuhkan waktu dan beberapa keterampilan, tetapi sejumlah biaya- rendah dapat menggunakan paket langsung seperti : GarageBand, Audacity, iMovie, dan Adobe Premiere Elements Paket audio dapat: – Mengedit percakapan yang panjang, – Memotong jeda, dan – Menambahkan musik atau sulih suara perkenalan.

11 Berbagai macam perangkat lunak yang digunakan untuk editing, yaitu : Digital Audio Editing a. Cool Edit a very powerful and popular digital audio toolkit; emulates a professional audio studio multitrack productions and sound file editing including digital signal processing effects. b. Sound Forge a sophisticated PC-based program for editing audio WAV files. c. Pro Tools a high-end integrated audio production and editing environment-MIDI creation and manipulation; powerful audio mixing, recording, and editing software.

12 Graphics and Image Editing a.Adobe Illustrator: a powerful publishing tool from Adobe. Uses vector graphics; graphics can be exported to Web. b.Adobe Photoshop: the standard in a graphics, image processing and manipulation tool. c.Macromedia Fireworks: software for making graphics specifically for the web. d.Macromedia Freehand: a text and web graphics editing tool that supports many bitmap formats such as GIF, PNG, and JPEG.

13 Video Editing a. Adobe Premiere: an intuitive, simple video editing tool for nonlinear editing, i.e., putting video clips into any order: – Video and audio are arranged in “tracks". – Provides a large number of video and audio tracks, super impositions and virtual clips. – A large library of built-in transitions, filters and motions for clips_effective multimedia productions with little effort. b. Adobe After Effects: a powerful video editing tool that enables users to add and change existing movies. Can add many effects: lighting, shadows, motion blurring; layers. c. Final Cut Pro: a video editing tool by Apple; Macintosh only.

14 Authoring Proses yang melibatkan penyusunan, strukturisasi dan menyajikan informasi dalam bentuk multimedia digital, yang dapat menggabungkan teks, audio, gambar diam dan gambar bergerak Secara tradisional telah diterapkan pada produksi dokumen teks statis. Dengan munculnya sistem multimedia digital - yang dapat menggabungkan teks, audio, dan gambar bergerak, proses authoring menjadi jauh lebih kompleks. Sistem multimedia interaktif memungkinkan pengguna untuk mengubah konten yang disajikan

15 Software yang digunakan sebagai Multimedia Authoring diantaranya : a.Macromedia Flash b.Macromedia Director c.Authorware d.Quest(similar to Authorware in many ways) e. Adobe Premiere f. Macromedia Director, Flash and MX

16 Dengan menggunakan Tools multimedia authoring, dapat dilakukan : a.Video productions b.Animations c.Games d.Demo disks and interactive guided tours e.Presentations f.Interactive kiosk application g.Interactive training h.Simulations, prototypes, and technical visualizations

17 Animasi Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan. Pada video atau film, animasi merancu pada teknik dimana setiap frame dalam film dibuat secara terpisah. Frame bisa dihasilkan dari komputer, dari fotografi atau dari gambar lukisan.

18 Jenis-jenis Animasi : 1.Animasi Cel “celluloid”  materi yangdigunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. 2. Animasi Frame Adalah bentuk animasi paling sederhana. Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbeda-beda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak. 3. Animasi Sprite Gambar digerakkan, latar belakang diam. Adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya: burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.

19 4. Animasi Path Obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu. Kebanyakan animasi dilakukan dgn efek looping. 5. Animasi Spline Spline adalah representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva. 6. Animasi Vektor Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang. Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite- nya.

20 7. Animasi Character Biasanya terdapat di film kartun. Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaan. Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited : Toy Story dan Monster Inc.


Download ppt "SISTEM MULTIMEDIA Minggu ke 3. Produk Konten Multimedia Teks Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google