Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 4 PENYIMPANAN DATA (STORAGE). Tujuan Mahasiswa dapat membedakan antara internal dan external memory Mahasiswa dapat membedakan antara ROM dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 4 PENYIMPANAN DATA (STORAGE). Tujuan Mahasiswa dapat membedakan antara internal dan external memory Mahasiswa dapat membedakan antara ROM dan."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 4 PENYIMPANAN DATA (STORAGE)

2 Tujuan Mahasiswa dapat membedakan antara internal dan external memory Mahasiswa dapat membedakan antara ROM dan RAM Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam alat penyimpanan Mahasiswa dapat membedakan macam-macam alat penyimpanan

3 MEMORY – Internal Memory Berada didalam komputer. Mencakup beberapa jenis tempat penyimpanan, seperti main storage, cache memory, dan register khusus  diakses secara langsung oleh processor.

4 MEMORY – External Memory Disebut sbg backing store atau secondary memory, memungkinkan penyimpanan secara permanen untuk jumlah data yang besar. Terbaru  metode optical yang menggunakan sinar laser pada permukaan disc (CD- ROM)

5 MEMORY Kelebihan ekternal memory -Kapasitas penyimpanan tinggi, ratusan megabyte atau gigabytes (satu miliar bytes). -Semua informasi disimpan sehingga tidak akan hilang apabila komputer dimatikan.

6 INTERNAL MEMORY - RAM (Random Access Memory) Disebut juga main memory. RAM (read dan write)  menuliskan dan membaca data RAM. RAM  sifat volatile, membutuhkan aliran listrik yang stabil untuk menjaga data, sehingga saat listrik dimatikan, data akan hilang.

7 INTERNAL MEMORY Jenis RAM, yaitu Dynamic RAM (DRAM) dan Static RAM (SRAM). Perbedaan : o Dynamic RAM memerlukan refresh ratusan kali tiap detik. o Static RAM tidak perlu untuk direfresh, yang menyebabkan menjadi lebih cepat, tapi juga lebih mahal

8 INTERNAL MEMORY SDRAM (Synchronous DRAM) – Tipe DRAM  bekerja pada clock yang lebih tinggi dari memory pada umumnya. sinyal clock adalah frekuensi osilasi untuk mengkoordinasikan interaksi antara sirkuit digital, simply put, sinkronisasi dan komunikasi. – SDRAM sinkronisasi dgn bus CPU dan dapat bekerja 133 MHz, lebih cepat dua kali dibandingkan EDO DRAM dan BEDO (Burst Extended Data Output) DRAM. – SDRAM menggantikan EDO(extended data output) DRAM pada komputer terbaru.

9 INTERNAL MEMORY DDR-SDRAM (Double Data Rate-Synchronous DRAM) – Jenis SDRAM mendukung pengiriman data pada kedua batas dari tiap clock cycle ( batas atas dan batas bawah), dengan menggandakan hasil kerja chip memory data – DDR-SDRAM membutuhkan lebih sedikit listrik, cocok notebook. – DDR-SDRAM disebut jg SDRAM II dan DDRAM

10 INTERNAL MEMORY PROM (Programmable Read-only Memory) PROM adalah memory chip untuk menyimpan program. Tapi sekali PROM digunakan, tidak bisa dihapus dan digunakan untuk menyimpan yang lain. ROM (Read Only Memory) ROM tidak bisa ditulisi.

11 INTERNAL MEMORY EPROM (Erasable Programmable Read-only Memory): EPROM adalah tipe khusus dari PROM yang dapat dihapus dengan menggunakan sinar ultraviolet. EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory): EEPROM adalah tipe khusus dari PROM yang dapat dihapus dengan menggunakan aliran listrik.

12 INTERNAL MEMORY Perbedaan ROM dan RAM. – ROM bersifat non-volatile, RAM bersifat volatile – Data ROM hanya bisa dibaca, data RAM selain bisa dibaca juga bisa diubah

13 EXTERNAL MEMORY Disebut sebagai backing store atau secondary memory, atau removable storage Manfaat: – Commercial software – Membuat back-up dari informasi penting – Transportasi data antara dua komputer – Menyimpan software dan informasi yang tidak dibutuhkan secara terus menerus – Membuat salinan informasi untuk diberikan pada orang lain – Mengamankan informasi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain

14 EXTERNAL MEMORY Kapasitas 1.44 megabytes (MB) ukuran standard floppy sampai 20-gigabyte (GB) pada peralatan portable. Kategori : – Magnetic storage – Optical storage – Solid-state storage

15 Magnetic Storage Jenis: – Diskette / Floppy Disk – Hard Disk – Magnetic Tape

16 Diskette / Floppy Disk Awal disket berukuran 8-inch (sekitar 19 cm), perkembangan teknologi ukurannya menjadi lebih kecil yaitu 5.25-inch (sekitar 13 cm), terakhir berukuran 3.5-inch (sekitar 9 cm). Floppy disk, terbuat dari selembar plastik tipis yang dibungkus dengan bahan magnetic pada kedua sisinya.

17 Diskette / Floppy Disk Tempat didalam disket terbagi beberapa track, dan setiap track terbagi beberapa sector. Sector merupakan bagian terkecil dimana data disimpan. Setiap sector menampung hingga 256 karakter. TRACK SECTOR

18 Hard Disk Secara umum hard disk terpasang dan menyatu didalam CPU (fixed disk). Mekanisme yang menyebabkan data yang tersimpan bisa dibaca ataupun ditulis didalam hard disk, disebut sebagai disk drive.

19 Hard Disk Didalam hard disk terdapat lempengan-lempengan logam bundar yang disusun berlapis-lapis serta terdapat motor penggerak lempengan logam dan read/write head-nya.

20 Magnetic Tape Magnetic tape  untuk komputer jenis mini ataupun mainframe. Jenis : - Standart yang memiliki lebar pita 1/2 " (12.7 mm). - Kaset ataupun catridge seperti pada kaset di audio tape recorder.

21 Magnetic Tape Media magnetic tape  menyimpan dan membaca data secara sequential atau berurutan, Shg jauh lebih lambat dibandingkan dengan penulisan/ pembacaan data secara random (acak).

22 Optical storage Jenis adalah : CD-ROM dan DVD-ROM CD ROM menyimpan data hingga 600 MB dgn Harga CD ROM relative murah dibandingkan disket atau hard disk. Kira2 430 disket yang berukuran 1.4 MB.

23 DVD-ROM Digunakan utk meyimpan data film, atau musik. Standard DVD dapat menyimpan tujuh kali lebih besar dari CD Cara pembuatan DVD juga hampir sama seperti CD, hanya saja DVD mempunyai beberapa format, yaitu : – Single sided, single layer – Single sided, double layer – Double sided, double layer

24 DVD-ROM Setiap layer mempunyai data track berbentuk spiral. Pada single-layer, track selalu berputar dari dalam menuju keluar.

25 DVD-ROM – Multi-layer storage DVD Mempunyai empat layer, masing-masing dua layer pada tiap side.

26 Solid-state storage Seperti CompactFlash atau SmartMedia card saat ini adalah bentuk paling umum dari electronic nonvolatile memory. CompactFlash card dibuat oleh Sandisk pada tahun 1994

27 Solid-state storage Kelebihan Flash memory daripada hard disk: – Flash memory is noiseless. – Aksesnya lebih cepat – Ukurannya lebih kecil – Lebih ringan – Tidak mempunyai bagian-bagian yang bergerak


Download ppt "Pertemuan 4 PENYIMPANAN DATA (STORAGE). Tujuan Mahasiswa dapat membedakan antara internal dan external memory Mahasiswa dapat membedakan antara ROM dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google