Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 5 ESTU WIDYA P. FIRDAUSI NUZULA HANI MEI P. Memahami komunikasi dalam jaringan (Daring-online)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 5 ESTU WIDYA P. FIRDAUSI NUZULA HANI MEI P. Memahami komunikasi dalam jaringan (Daring-online)"— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 5 ESTU WIDYA P. FIRDAUSI NUZULA HANI MEI P. Memahami komunikasi dalam jaringan (Daring-online)

2

3 Kompetensi Inti 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah Kompetensi Dasar 3.1 : Memahami komunikasi dalam jaringan (daring-online)

4 Tujuan Pembelajaran O Memahami pengertian komunikasi dan komunikasi dalam jaringan O Mengetahui sejarah komunikasi dalam jaringan O Mengidentifikasi jenis-jenis komunikasi dalam jaringan O Menjelaskan tujuan dan fungsi komunikasi dalam jaringan O Mengidentifikasi komponen pendukung komunikasi dalam jaringan

5 Pengertian Sejarah komunikasi Kelebihan & Kelemahan Fungsi komunikasi Komponen pendukung Tujuan komunikasi Jenis komunikasi M

6 PENGERTIAN Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami. Selain itu menurut Handoko (2002 : 310), Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain. Sedangkan komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. M

7 Sejarah Komunikasi dalam Jaringan O Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan komputer- komputer yang tersebar di kampus tersebut. O Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya Word Wide Web. M

8 JENIS KOMUNIKASI dalam JARINGAN Ada 2 jenis komunikasi dalam jaringan:  Komunikasi dalam jaringan sinkron (Serempak) Merupakan komunikasi dalam jaringan secara real time menggunakan komputer sebagai media. Contoh: aplikasi chat (yahoo messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype, line, facetime, google+ hangout, dll).  Komunikasi dalam jaringan asinkron (Tidak Serempak) Merupakan komunikasi dalam jaringan secara tunda menggunakan komputer sebagai media. Contoh: aplikasi , video streaming, dll). M

9 TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN O Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan. O Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh. O Penggunaan komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi O Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih. M

10 Fungsi Komunikasi dalam Jaringan O Sebagai informasi; membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan O Sebagai kendali; untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara dengan harus mematuhi aturan O Sebagai motivasi; membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan apa saja yang harus dilakukan M

11 Kelebihan Komunikasi Daring O Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja O Efisiensi biaya O Efisiensi waktu O Meningkatkan intensitas berkomunikasi; tidak hanya berkomunikasi melalui dunia nyata saja tetapi juga melalui dunia maya O Meningkatkan partisipasi; dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi M

12 Kelemahan komunikasi Daring O Tidak mewakili emosi pengguna O Memerlukan perangkat khusus dalam pelaksanaannya butuh hardware dan software O Terlalu banyak informasi yang tidak penting O Menyita konsentrasi; melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat dapat mengabaikan hal lain M

13 KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM JARINGAN O Hardware/perangkat keras Perangkat keras adalah perangkat yang bentuknya dapat dilihat dan dapat kita raba secara langsung. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi dalam jaringan adalah: Komputer, Headset, Microphone, Webcam, dan perangkat pendukung koneksi internet (modem, wifi dan lain sebagainya) M

14 Perangkat jaringan komponen Hardware 1. Repeater Berfungsi untuk menerima sinyal kemudian meneruskan kembali sinyal yang diterima dengan kekuatan yang sama. Dengan adanya repeter, sinyal dari suatu komputer dapat komputer lain yang letaknya berjauhan.

15 2. Hub Fungsinya sama dengan repeater hanya hub terdiri dari beberapa port, sehingga hub disebut juga multiport repeter. Meskipun hub memiliki beberapa port tetapi tetap menggunaka metode broadcast dalam mengirimkan sinyal, sehingga bila salah satu port sibuk maka port yang lain harus menunggu jika ingin mengirimkan sinyal.

16 3. Bridge Berfungsi seperti repeater atau hub tetapi lebih unggul karena bekerja pada lapisan data link sehingga mempunyai kemampuan untuk menggunakan MAC address dalam proses pengiriman frame ke alamat yang dituju.

17 4. Switch Fungsinya sama dengan bridge hanya switch terdiri dari beberapa port sehingga switch disebut multiport bridge. Dengan kemampuannya tersebut jika salah satu port pada switch sibuk maka port-port lain masih tetap dapat berfungsi.

18 5. Transmitter / Receiver Transmitter dan receiver bekerja secara simultan pada satu perangkat. Saat ini terdapat berbagai macam perangkat transmitter dan receiver, seperti LAN-card, modem maupun WLAN-adapter.

19 Wireless Access Point (WAP) O WAP merupakan perangkat yang mengijinkan perangkat nirkabel (wireless) untuk terhubung ke jaringan komputer menggunakan standar WiFi maupun standar lain yang sesuai. O Cakupan wilayah penyebaran akses WAP biasa dikenal dengan istilah hot-spot.

20 O Local Area Network (LAN) – card Pada jaringan berskala lokal (LAN) data komputer ditransmisikan melalui media transmisi dan diterima kembali di komputer penerima melewati sebuah LAN-card atau yang biasa juga disebut Network Interface Card (NIC) atau Ethernet-card.

21 Wireless LAN (WLAN) – Adaptor Perangkat inilah yang memungkinkan pengguna komputer dapat memanfaatkan akses jaringan di suatu area yang biasa disebut “Hot Spot”. Pada perangkat-perangkat mobile terkini seperti laptop, Personal Digital Assintance (PDA), smart-phone, maupun Ultra- Mobile Portable Computer (UMPC), WLAN- adaptor merupakan perangkat wajib yang biasanya sudah terintegrasi.

22 O Modulator – Demodulator (Modem) Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

23 O Software Software adalah perangkat perantara antara perangkat keras (hardware) dengan perangkat pengguna (brainware). Perangkat lunak yang biasa digunakan untuk daring antara lain browser, skype, yahoo messanger.

24 O Brainware Brainware atau perangkat pengguna adalah manusia yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan komunikasi dalam jaringan.

25 LATIHAN SOAL MULAI M

26 1. Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami disebut …. Data Informasi Komunikasi Komunikasi dalam jaringan Komunikator B C D E A

27 2. Istilah pengirim informasi dalam proses komunikasi disebut…. Narator Orator Komunikasi Komunikator Komunikan E. D. C. B. A.

28 3. Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun E. D. C. B. A.

29 4. Jenis komunikasi dalam jaringan terbagi menjadi..... macam E. D. C. B. A.

30 5. Yang merupakan contoh dari jenis komunikasi Asinkron adalah …. Gerak isyarat Isyarat Twitter Facebook A. E. D. C. B.

31 6. Yang bukan termasuk jenis komunikasi daring Sinkron adalah …. Video Chat Text Chat Skype Video Conference Surat Elektronik A. B. C. D. E.

32 7. Komunikasi dalam jaringan secara real time menggunakan komputer sebagai media disebut.... Komunikasi dalam jaringan sinkron Komunikasi dalam jaringan asinkron Komunikasi lisan Komunikasi non verbal Komunikasi langsung A. B C. D. E.

33 8. Komunikasi yang menggunakan gerak isyarat (gesture) termasuk komunikasi …. Nirkata Asinkron Nirkabel Lisan Sinkron A. B. E. D. C.

34 9. Jenis komunikasi dalam jaringan dilakukan secara serempak disebut juga …. Blog Sinkron Asinkron Surel A. B. C. D. E.

35 10. Kelebihan dari komunikasi daring, kecuali.… Hemat biaya Jangkauan sempit Tidak berbatas tempat Terintegrasi dengan fasilitas TIK Tidak berbatas waktu A. B. E. D. C.

36 11. Berikut ini yang termasuk dalam Tujuan komunikasi dalam jaringan adalah.... Agar tidak kesepian Agar banyak teman Agar mudah cari kerja Agar dapat menyampaikan ide / perasaan Agar memudahkan pengelolaan A. B. E. D. C.

37 12. Dibawah ini yang bukan termasuk fungsi komunikasi dalam jaringan adalah ….. Sebagai kendali Sebagai informasi Sebagai motivasi Sebagai tindakan kriminalitas Sebagai pengungkapan emosi A. B. E. D. C.

38 13. Dibawah ini adalah komponen pendukung utama komunikasi daring dari segi hardware untuk komunikasi daring, kecuali…. Komputer Telepon Printer Modem Webcam A. B. E. D. C.

39 14. Contoh software yang digunakan untuk mendukung komunikasi dalam jaringan …. Microsoft Word Internet Explorer Microsoft Access Microsoft Excel Adobe photoshop A. B. E. D. C.

40 15. Langkah pengaktifan Yahoo Messenger yang tepat adalah… Klik Menu Programs–>klik folder Yahoo messenger–>klik ikon Yahoo messenger –>isi dan password–>klik tombol Sign in Klik ganda ikon Yahoo Messenger –>klik program–>ketik dan pasword Ketik dan pasword–>klik menu Programs–>klik tombol sign in Klik Folder Yahoo Messenger–>Klik ikon Yahoo messenger–>klik tombol sign in –>ketik dan pasword Ketik dan pasword–>klik tombol sign in A. B. E. D. C.

41 16. Agar komunikasi menggunakan VideoChat bisa dilakukan dengan lancar maka harus ditambah perangkat yaitu…. Mouse Printer Scanner Webcam lightpen A. B. E. D. C.

42 17. Untuk membuka dapat dilakukan langkah-langkah berikut…. Buka web layanan ->klik sign in/masuk->ketik id dan pasword->klik sign in atau enter Buka web layanan ->klik teks register->ketik id dan pasword->klik tombol sign in Buka web layanan ->klik register->ketik id dan pasword- >tekan Enter Buka web layanan ->klik sign in->klik register->ketik id - >tekan tombol Enter Buka web layanan ->klik create->ketik id dan pasword A. B. E. D. C.

43 18. Model E-learning dimana teori dilaksanakan secara daring, sedangkan pembelajaran praktik dilaksanakan secara tatap muka disebut.... Adjunt Adjunct-learning Blended Fully Online Semi Blended A. B. E. D. C.

44 19. Aplikasi yang digunakan untuk mengelola pembelajaran, mengirimkan konten (content delivery system), dan melacak aktivitas daring dalam kelas maya disebut dengan.... CMS SLN LCMS LMS SLNs A. B. E. D. C.

45 20. Contoh aplikasi / software kelas maya Social Learning Networks (SLN), kecuali …. Skype Edmodo Remixlearning Einztein Sophia A. B. E. D. C.

46

47 TERIMA KASIH


Download ppt "KELOMPOK 5 ESTU WIDYA P. FIRDAUSI NUZULA HANI MEI P. Memahami komunikasi dalam jaringan (Daring-online)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google