Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

REVOLUSI DI DUNIA. PEMICU REVOLUSI INDUSTRI Perkembangan faham Nasionalisme, Kapitalisme dan, Rationalisme Aufklarung (pencerahan) Renaissance di Eropa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "REVOLUSI DI DUNIA. PEMICU REVOLUSI INDUSTRI Perkembangan faham Nasionalisme, Kapitalisme dan, Rationalisme Aufklarung (pencerahan) Renaissance di Eropa."— Transcript presentasi:

1 REVOLUSI DI DUNIA

2 PEMICU REVOLUSI INDUSTRI Perkembangan faham Nasionalisme, Kapitalisme dan, Rationalisme Aufklarung (pencerahan) Renaissance di Eropa

3 REVOLUSI SOSIAL DAN POLITIK Revolusi Perancis (1799) Pemutusan sistem feodalis ke sistem masyarakat terbuka Revolusi Amerika (1776) Kebebasan berpolitik dan berdagang Revolusi Industri (1860) Prinsip-prinsip baru dalam proses prosuksi

4 FAKTOR PENDORONG KELAHIRAN REVOLUSI INDUSTRI DI INGGRIS Inggris menjadi basis industri kapas dan tektil Inggris telah mengalami revolusi sosial dan agama (1688). Inggris memiliki lebih banyak kapal dibandingkan dengan Perancis. Inggris memiliki sumber daya industri lebih dibandingkan dengan BelandaNegara lain (Belgia, Perancis, Jerman dan USA) lebih memfokuskan pada perubahan dalam sektor komunikasi, Pertanian, permesinan, dan transportasi

5 F AKTOR PENDORONG KEMAJUAN PESAT : kapitalisme, perdagangan internasional, markantilisme, kolonialisme, dan etika kerja protestan. Perubahan dari masyarakat agraris menuju masyarakat industrialisasi modern perubahan struktur ekonomi di Inggris 1769 James Watt mematenkan pengembangan mesin Uap dari Thomas Newcomen yang ditemukan tahun 1700

6 KONTEKS Agrarian Handmade goods rural industrial machine-made Goods urban

7 PERUBAHAN YG TERJADI : Pola Kerja Struktur kelas sosial Standar Hidup Kekuatan yang berimbang

8 D AMPAK : Timbulnya peperangan dari isyu identitas nasional. Perlombaan mencari kolonialisme baru sebagai pasar industri akibat melimpahnya produksi. Persaingan kualitas industrial antara Jerman, Inggris, Perancis, dan Rusia Menyebabkan timbulnya beberapa peperangan besar. Timbulnya urbanisasi dan kapitalisme modern

9 IMPERIALISME MODERN Imperialisme Industri atau Imperialisme modern, yaitu nafsu untuk merampas dan menguasai daerah atau negara bangsa lain untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok industri yaitu: a. Sebagai daerah produsen bahan baku dan bahan mentah b. Sebagai daerah pemasaran hasil-hasil industrinya c. Sebagai daerah untuk meenanamkan modal lebih dalam bentuk penanaman modal asing.

10 Pada tahun 1642 pelaut Inggris Abel Tasman di daerah Pasifik berhasil menemukan Pulau Tasmania dan kemudian disusul oleh James Cook berhasil menemukan Australia. Pada tahun 1796 EIC berhasil merebut Pulau Penang di Selat Malaka sebagai pangkalan untuk menguasai daerah-daerah di Semenanjung Malaka. Pada tahun 1819 Raffles membeli Pulau Tumasik, kemudian dibangun sebagai kota pangkalan armada dan pusat perdagangan di Asia Tenggara, yaitu Singapura.

11 Sejak awal abad ke 17 Inggris mulai memperluas wilayah dengan merampas negeri bangsa lain. Pada zaman Ratu Elizabeth I mulai terjadi perpindahan orang-orang Inggris ke Amerika Utara. Sekitar tahun 1607 penduduk Inggris mendarat di pantai timur Amerika Utara yang kemudian dikenal dengan daerah Virginia. Perpindahan penduduk berlangsung terus menerus dan membentuk daerah-daerah koloni baru. Dengan dipimpin oleh Robert Clive dan Warren hasting, kompeni dagang Inggris (EIC) memperluas kekuasaan di India. Dari india EIC memperluas kekuasaan di wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur.

12 Pada tahun 1841 James brook memperoleh tanah di serawak. Dari serawak inggris memperluas kekuasaannya di Kalimantan Utara. Di asia timur sejak peristiwa Perang Candu, Inggris memperoleh Pulau Hongkong dan memaksa agar pelabuhan-pelabuhan Cina dibuka untuk perdagangan dengan orang Eropa. Antara tahun David Livingstone dan Henry Morton Stanley melakukan ekspedisi ke daerah pedalaman Afrika Selatan. Sejak itu, Inggris mengembangkan kekuasaan kolonial nya ke daerah-daerah pedalaman Afrika. Inggris bergerak dari ujung Afrika Selatan menembus ke utara dan dari Mesir bergerak ke daerah-daerah pedalaman di selatan.

13 Pada tahun 1811 Inggris (EIC) yang berpusat di India berhasil merebut Indonesia dari Pemerintah Hindia belanda. Dengan demikian, daerah kekuasaan kolonial Inggris benar-benar tersebar dan membentang di seluruh bagian dunia. Armada Inggris dapat menguasai lalu lintas pelayaran di semua samudra. Pada masa kejayaannya, inggris dapat membanggakan diri bahwa wilayah kekuasaannya bagaikan “Matahari tidak Pernah Tenggelam”, karena wilayah kekuasaannya tersebar di semua pelosok dunia.

14 I NDUSTRI DI INGGRIS a. Industri tekstil berkembang sekitar tahun b. Industri besi baja mulai berkembang sekitar tahun Ahli- ahli yang mengembangkan industri besi baja di Inggris ialah Gilchrist dan Thomas. c. Industri prasarana angkutan kereta api mulai berkembang sekitar tahun Jalan kereta api pertama dibuat di kota Manchester ke Liverpool dan dari Stockton ke Darlington. Pusat-pusat perindustrian terdapat di kota-kota besar, antara lain Birmingham, Manchester, Glasgow, Liverpool dan Lancshire. Pada abad berikutnya berkembanglah cabang-cabang perindustrian yang lain. Misalnya industri mesin-mesin, mobil, kapal, kimia, obat-obatan, cat dan alat-alat pertanian. James Watt ( ) menemukan mesin uap. Industri Britania Raya = Inggris mengalami kejayaan ( ). Konsumsi bahan baku katun dalam kurun waktu 100 tahun ( ) mengalami peningkatan, Inggris mencapai 330 satuan, Perancis hampir 100 satuan, dan Jerman hampir 50 satuan.

15 R EVOLUSI PERANCIS : 1799 naiknya Napoleon Bonaparte sebagai konsul Kejatuhan sistem monarkhi 1792 Revolusi Perancis Revolusi perancis membawa ide-ide demokrasi keseluruh dunia barat Napoleon memberi insipirasi tentang code of Napoleon, model hukum sipil modern 1804 Napoleon mengukuhkan dirinya sebagai kaisar

16 I NDUSTRI DI P ERANCIS Industri di Perancis mulai tumbuh pada zaman pemerintahan Kaisar napoleon Bonaparte. Pada zaman pemerintahan Napoleon III, Perancis melaksanakan industrialisasi (pembangunan industri besar-besaran). Terutama industri pertanian (agro industri).

17 I NDUSTRI DI JERMAN Industrialisasi di Jerman dijalankan sejak zaman pemerintahan perdana Menteri Otto Von Bismarck. Dalam membangun industri, Jerman memanfaatkan ilmu kimia. Dalam waktu singkat, Jerman menjadi negara industri besar dan mampu menyaingi Inggris.

18 I NDUSTRI DI AS Industrialisasi di AS mulai dijalankan pada tahun 1850, setelah ditemuksn tambang batu bara dan besi. Terutama di sekitar New Foundland. Industri di AS menggunakan peralatan canggih dan sistem kerja yang efisien. Oleh karena itu, dalam waktu singkat AS mampu menyaingi Inggris.

19 I NDUSTRI DI JEPANG Industri di Jepang mulai berkembang setelah kaisar (tenno) memegang pemerintahan pada tahun Tenno melaksanakan modernisasi dan industrialisasi. Industri dibangun secara modern dan besar-besaran. Dalam waktu singkat, Jepang menjadi negara industri yang tangguh. Jepang mampu menyaingi negera- negara Eropa dan AS.

20 T HANKS... G OOD LUCK FOR YOUR MID TERM ^_^


Download ppt "REVOLUSI DI DUNIA. PEMICU REVOLUSI INDUSTRI Perkembangan faham Nasionalisme, Kapitalisme dan, Rationalisme Aufklarung (pencerahan) Renaissance di Eropa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google