Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Etika Pergaulan di Tempat Kerja. Etika dapat dikatakan sebagai mekanisme internal di tingkat pribadi maupun dalam kelompok, yang harus diperkuat kontrol.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Etika Pergaulan di Tempat Kerja. Etika dapat dikatakan sebagai mekanisme internal di tingkat pribadi maupun dalam kelompok, yang harus diperkuat kontrol."— Transcript presentasi:

1 Etika Pergaulan di Tempat Kerja

2 Etika dapat dikatakan sebagai mekanisme internal di tingkat pribadi maupun dalam kelompok, yang harus diperkuat kontrol eksternal oleh pihak lain, yang dalam sistem sosial berfungsi sebagai kelompok penekan. Etika dapat dikatakan sebagai mekanisme internal di tingkat pribadi maupun dalam kelompok, yang harus diperkuat kontrol eksternal oleh pihak lain, yang dalam sistem sosial berfungsi sebagai kelompok penekan.

3 Definisi Etika Kerja Perilaku karyawanyang spesifik yang dinilai dan dihargai oleh perusahaan. Etika ditempat kerja Mengapa membahas Etika? Setiap orang memahami etika,setiap orang mengetahui bagaimana bersikap ditempat kerja.Setiap orang memahami untuk tidak mengambil barang perusahaan, atau mengusik orang lain.

4 Well….…. Bagaimana dengan….… Kadang kala datang terlambat ke tempat kerja? Kadang kala datang terlambat ke tempat kerja? Searching Web pada saat senggang? Searching Web pada saat senggang? Download beberapa lagu ke computer anda? Download beberapa lagu ke computer anda? Install software tanpa persetujuan perusahaan? Install software tanpa persetujuan perusahaan? Alpa melaksanakan beberapa tugas yang Alpa melaksanakan beberapa tugas yang diberikan? diberikan? Terbentur pada satu masalah tetapi tidak mau Terbentur pada satu masalah tetapi tidak mau mencari pertolongan (bertanya) mencari pertolongan (bertanya)

5 Aspek atau unsur tentang etika pergaulan di tempat kerja :  Datanglah tepat waktu setiap hari. Kerjakanlah tugas anda dengan baik.  Selesaikan tugas anda dengan cepat,konsisten dengan tatanan dan cara yang baik.  Gunakan gaya bicara yang positif.  Berani bertanggung jawab.  Berkomunikasidenganaktif  Profesional, dengan cara tidak menggunakan fasilitas di kantor untuk kepentingan pribadi.

6 Bagaimana bila anda melakukan kesalahan dengan rekan kerja ?  JUJURLAH, beritahukan kepada atasan anda secepatnya,sehingga tidak akan mengejutkan apabila diketahuinya.  BUATLAH ANALISA PERMASALAHANNYA; mengapa timbul permasalahan, bagaimana mencegah agar tidak terulang lagi?  Kemukakan melalui komunikasi yang asertif, dengan atasan anda. Pelajari sudut pandang yang berbeda. Pelajari sudut pandang yang berbeda. Bersiaplah mendengar masukan yang tidak anda harapkan, dan hadapilah secara jujur. Bersiaplah mendengar masukan yang tidak anda harapkan, dan hadapilah secara jujur. Mintalah pendapat pihak ketiga, HRD misalnya. Mintalah pendapat pihak ketiga, HRD misalnya. Jangan menyebar isu permasalahan, yang akan lebih mempersulit posisi anda. Jangan menyebar isu permasalahan, yang akan lebih mempersulit posisi anda.

7 Kamus Perilaku yang baik : Hormat/Respect Bertanggung jawab DipercayaJujurPerduli

8 Apakah Hormat/Respect ? Cara kita berfikir tentang orang lain…. Cara kita memperlakukan orang lain…… Adalah “tingkat kehormatan”, kesopanan, atau pandangan Tanggung Jawab Definisi: Pertanggungan jawab secara Moral, mental. Sebagai Jawaban dari suatu kewajiban tertentu. Setiap tindakan mempunyai akibat.

9 Pertanggung jawaban. Kita bebas untuk memilih,dan kita dituntut mempertanggung jawabkan setiap pilihan kita. Pertanggung jawaban. Kita bebas untuk memilih,dan kita dituntut mempertanggung jawabkan setiap pilihan kita. Kewajiban. Kita dituntut untuk melaksanakan melalui kebajikan, apa yang diharapkan dari pekerjaan kita, sesuai dengan jabatannya. Kewajiban. Kita dituntut untuk melaksanakan melalui kebajikan, apa yang diharapkan dari pekerjaan kita, sesuai dengan jabatannya.Percaya/Trust Suatu usaha yang sukses harus secara konstan….

10 Memelihara hubungan dengan sesama rekan kerja, pelanggan, supplier dan pemilik perusahaan. Memelihara hubungan dengan sesama rekan kerja, pelanggan, supplier dan pemilik perusahaan. Memahami bagaimana memelihara perilaku dan kata dengan naluri saling percaya. Memahami bagaimana memelihara perilaku dan kata dengan naluri saling percaya. Memahami bahwa tidak kepercayaan mengakibatkan hubungan yang tidak baik selamanya. Memahami bahwa tidak kepercayaan mengakibatkan hubungan yang tidak baik selamanya.

11 Kejujuran Digambarkan dengan kejujuran dan sikap tidak memihak.Terlepas dari kepentingan pribadi, prasangka dan pilih kasih. Perduli Perasaan perduli dan minat, memiliki kegemaran dan menyukainya.

12 Thank's Any Question ?


Download ppt "Etika Pergaulan di Tempat Kerja. Etika dapat dikatakan sebagai mekanisme internal di tingkat pribadi maupun dalam kelompok, yang harus diperkuat kontrol."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google