Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUMBER DAN METODE PENGUMPULAN DATA Khusnul hidayah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUMBER DAN METODE PENGUMPULAN DATA Khusnul hidayah."— Transcript presentasi:

1 SUMBER DAN METODE PENGUMPULAN DATA Khusnul hidayah

2 JENIS DATA JENIS DATA PENELITIAN TERKAIT DENGAN SUMBER DATA DAN PEMILIHAN METODE PENGUMPULAN DATA JENIS DATA PENELITIAN TERKAIT DENGAN SUMBER DATA DAN PEMILIHAN METODE PENGUMPULAN DATA DATA PENELITIAN DAPAT DIBEDAKAN MENJADI 3 JENIS DATA PENELITIAN DAPAT DIBEDAKAN MENJADI 3 JENIS 1. DATA SUBYEK 2. DATA FISIK 3. DATA DOKUMENTER

3 DATA SUBYEK (SELF REPORTED DATA) DATA SUBYEK ADALAH JENIS DATA PENELITIAN YANG BERUPA OPINI, SIKAP, PENGALAMAN ATAU KARAKTERISTIK DARI SESEORANG ATAU KELOMPOK ORANG YANG MENJADI SUBYEK PENELITIAN RESPONDEN. DATA SUBYEK ADALAH JENIS DATA PENELITIAN YANG BERUPA OPINI, SIKAP, PENGALAMAN ATAU KARAKTERISTIK DARI SESEORANG ATAU KELOMPOK ORANG YANG MENJADI SUBYEK PENELITIAN RESPONDEN. DATA PENELITIAN YANG DILAPORKAN SENDIRIOLEH RESPONDEN SECARA INDIVIDUAL ATAU KELOMPOK. DATA PENELITIAN YANG DILAPORKAN SENDIRIOLEH RESPONDEN SECARA INDIVIDUAL ATAU KELOMPOK. BISA DALAM WUJUD LAPORAN LISAN, TERTULIS DAN EKSPRESI. BISA DALAM WUJUD LAPORAN LISAN, TERTULIS DAN EKSPRESI.

4 DATA FISIK MERUPAKAN JENIS DATA PENELITIAN YANG BERUPA OBYEK ATAU BENDA-BENDA FISIK, BANGUNAN, BUKU, SENJATA… MERUPAKAN JENIS DATA PENELITIAN YANG BERUPA OBYEK ATAU BENDA-BENDA FISIK, BANGUNAN, BUKU, SENJATA… DATA FISIK DALAM PENELITIAN BISNIS DIKUMPULKAN DARI METODE OBSERVASI. DATA FISIK DALAM PENELITIAN BISNIS DIKUMPULKAN DARI METODE OBSERVASI.

5 DATA DOKUMENTER ADALAH JENIS DATA PENELITIAN YANG ANTARA LAIN BERUPA FAKTUR, JURNAL, SURAT- SURAT, NOTULEN HASIL RAPAT, DALAM BENTUK LAPORAN PROGRAM ADALAH JENIS DATA PENELITIAN YANG ANTARA LAIN BERUPA FAKTUR, JURNAL, SURAT- SURAT, NOTULEN HASIL RAPAT, DALAM BENTUK LAPORAN PROGRAM MEMUAT APA DAN KAPAN KEJADIAN ATAU TRANSAKSI SERTA SIAPA YANG TERLIBAT DALAM SUATU KEJADIAN. MEMUAT APA DAN KAPAN KEJADIAN ATAU TRANSAKSI SERTA SIAPA YANG TERLIBAT DALAM SUATU KEJADIAN. DIKUMPULKAN MELALUI METODE OBSERVASI DIKUMPULKAN MELALUI METODE OBSERVASI DIHASILKAN MELALUI CONTENT ANALYSIS ANTARA LAIN BERISI KATEGORI ISI, TELAAH DOKUMEN, PEMBERIAN KODE BERDASAR KARAKTERISTIK KEJADIAN. DIHASILKAN MELALUI CONTENT ANALYSIS ANTARA LAIN BERISI KATEGORI ISI, TELAAH DOKUMEN, PEMBERIAN KODE BERDASAR KARAKTERISTIK KEJADIAN.

6 SUMBER DATA DATA PRIMER: DIPEROLEH LANGSUNG DARI SUMBER ASAI (TIDAK MELALUI MEDIA PERANTARA) DATA PRIMER: DIPEROLEH LANGSUNG DARI SUMBER ASAI (TIDAK MELALUI MEDIA PERANTARA) ADA DUA METODE YANG DAPAT DIGUNAKAN UTK MENGUMPULKAN DATA PRIMER: METODE SURVEI DAN METODE OBSERVASI. ADA DUA METODE YANG DAPAT DIGUNAKAN UTK MENGUMPULKAN DATA PRIMER: METODE SURVEI DAN METODE OBSERVASI. DATA SEKUNDER: DIPEROLEHPENELITI SECARA TIDAK LANGSUNG MELALUI MEDIA PERANTARA ATAU DIPEROLEH/DICATAT OLEH PIHAK LAIN. DATA SEKUNDER: DIPEROLEHPENELITI SECARA TIDAK LANGSUNG MELALUI MEDIA PERANTARA ATAU DIPEROLEH/DICATAT OLEH PIHAK LAIN.

7 PENELITIAN DATA SEKUNDER METODE PENELITIAN YANG UMUMNYA MENGGUNAKAN DATA SEKUNDER ADALAH PENELITIAN ARSIP YANG MEMUAT KEJADIAN MASA LALU (HISTORIS). METODE PENELITIAN YANG UMUMNYA MENGGUNAKAN DATA SEKUNDER ADALAH PENELITIAN ARSIP YANG MEMUAT KEJADIAN MASA LALU (HISTORIS). PENGUMPULAN DATA RELATIF LEBIH CEPAT DAN MURAH DIBANDING DATA PRIMER PENGUMPULAN DATA RELATIF LEBIH CEPAT DAN MURAH DIBANDING DATA PRIMER DATA SEKUNDER TIDAK DIRANCANG UTK MEMENUHI PENELITIAN KHUSUS/TERTENTU. DATA SEKUNDER TIDAK DIRANCANG UTK MEMENUHI PENELITIAN KHUSUS/TERTENTU. OLEH KARENA ITU SEBELUM MENGGUNAKAN DATA SEKUNDER HARUS MELAKUKAN EVALUASI APAKAH DATA SEKUNDER YANG TERSEDIA DAPAT MEMENUHI KEBUTUHAN PENELITI. OLEH KARENA ITU SEBELUM MENGGUNAKAN DATA SEKUNDER HARUS MELAKUKAN EVALUASI APAKAH DATA SEKUNDER YANG TERSEDIA DAPAT MEMENUHI KEBUTUHAN PENELITI.

8 ASPEK DATA SEKUNDER YANG HARUS DIEVALUASI PENELITI 1. KEMAMPUAN DATA YANG TERSEDIA UTK MENJAWAB MASALAH ATAU PERTANYAAN (KESESUAIAN DENGAN TUJUAN PENELITIAN) 2. KESESUAIAN ANTARA PERIODE WAKTU TERSEDIANYA DATA DENGAN PERIODE WAKTU YANG DIINGINKAN DENGAN PERIODE WAKTU YANG DIINGINKAN DALAM PENELITIAN. 3. KESESUAIAN ANTARA POPULASI DATA YANG ADA DENGAN POPULASI YANG MENJADI PERHATIAN PENELITI 4. RELEVANSI DAN KONSISTENSIUNIT PENGUKUR YANG DIGUNAKAN

9 CONT. 5. BIAYA YANG DIPERLUKAN UTK MENGUMPULKAN DATA SEKUNDER 6. KEMUNGKINAN BIAS YANG DITIMBULKAN OLEH DATA SEKUNDER. 7. DAPAT TIDAKNYA DILAKUKAN PENGUJIAN THD AKURASI PENGUMPULAN DATA.

10 TUJ PENELITIAN DG DATA SEKUNDER ADA DUA KATEGORI TUJUAN PENELITIAN BISNIS YANG UMUMNYA MENGGUNAKAN DATA SEKUNDER: ADA DUA KATEGORI TUJUAN PENELITIAN BISNIS YANG UMUMNYA MENGGUNAKAN DATA SEKUNDER: 1. PENGUNGKAPAN FAKTA/ FACT FINDING 2. PENYUSUNAN MODEL (MODEL BUILDING

11 TIPE DATA SEKUNDER DATA INTERNAL: DOKUMEN AKUNTANSI DAN OPERASI YANG DIKUMPULKAN DICATAT DAN DISIMPAN DALAM SATU ORGANISASI. DATA INTERNAL: DOKUMEN AKUNTANSI DAN OPERASI YANG DIKUMPULKAN DICATAT DAN DISIMPAN DALAM SATU ORGANISASI. DATA EKTERNAL: DISUSUN OLEH SUATU ENTITAS, MISALNYA BPS. DATA EKTERNAL: DISUSUN OLEH SUATU ENTITAS, MISALNYA BPS.

12 CONT. BERDASAR PENERBITNYA DATA SEKUNDER EKSTERNAL DAPAT DIBEDAKAN: BERDASAR PENERBITNYA DATA SEKUNDER EKSTERNAL DAPAT DIBEDAKAN: 1. BUKU, JURNAL, TERBITAN PERIODIK 2. TERBITAN YANG TDK DIPUBLIKASIKAN OLEH ISNTANSI PEMERINTAH 3. TERBITAN YANG DIKELUARKAN MEDIA MASA ATAU PERUSAHAAN.

13 PENELUSURAN DATA SEKUNDER DILAKUKAN DENGAN 2 CARA PENELUSURAN SECARA MANUAL UNTUK DATA DALAM FORMAT KERTAS HASIL CETAKAN PENELUSURAN SECARA MANUAL UNTUK DATA DALAM FORMAT KERTAS HASIL CETAKAN PENELUSURAN DENGAN KOMPUTER UNTUK DATA DALAM FORMAT ELEKTRONIK. PENELUSURAN DENGAN KOMPUTER UNTUK DATA DALAM FORMAT ELEKTRONIK.

14 METODE SURVEY ADA DUA TEKNIK PENGUMPULAN DATA DENGAN METODE SURVEY YAITU WAWANCARA DAN KUESIONER ADA DUA TEKNIK PENGUMPULAN DATA DENGAN METODE SURVEY YAITU WAWANCARA DAN KUESIONER WAWANCARA MERUPAKAN TEKTIK PENGUMPULAN DATA DALAM METODE SURVEY YANG MENGGUNAKAN PERNYATAAN LISAN KEPADA SUBYEK PENELITIAN. WAWANCARA MERUPAKAN TEKTIK PENGUMPULAN DATA DALAM METODE SURVEY YANG MENGGUNAKAN PERNYATAAN LISAN KEPADA SUBYEK PENELITIAN. BEBERAPA METODE WAWANCARA: WAWANCARA TATAP MUKA, VIA TELP. BEBERAPA METODE WAWANCARA: WAWANCARA TATAP MUKA, VIA TELP. METODE KUESIONER; SECARA PERSONAL DAN VIA POS. METODE KUESIONER; SECARA PERSONAL DAN VIA POS.

15 METODE OBSERVASI YAITU PROSES PENCATATAN POLA PERILAKU SUBYEK (ORANG, OBYEK, BENDA) ATAU KEJADIAN SECARA SISTEMATIK TANPA ADANYA PETANYAAN ATAU KOMUNIKASI DENGAN INDIVIDU2 YANG DITELITI. YAITU PROSES PENCATATAN POLA PERILAKU SUBYEK (ORANG, OBYEK, BENDA) ATAU KEJADIAN SECARA SISTEMATIK TANPA ADANYA PETANYAAN ATAU KOMUNIKASI DENGAN INDIVIDU2 YANG DITELITI. DATA LEBIH AKURAT DATA LEBIH AKURAT DAPAT MENGHASILKAN DATA LEBIH RINCI. DAPAT MENGHASILKAN DATA LEBIH RINCI.

16 TIPE OBSERVASI OBSERVASI LANGSUNG: DILAKUKAN LANGSUNG OLEH PENELITI OBSERVASI LANGSUNG: DILAKUKAN LANGSUNG OLEH PENELITI OBSERVASI MEKANIK: DILAKUKAN DENGAN BANTUAN PERALATAN MEKANIK A.L. KAMERA FOTO, VIDEO. OBSERVASI MEKANIK: DILAKUKAN DENGAN BANTUAN PERALATAN MEKANIK A.L. KAMERA FOTO, VIDEO.


Download ppt "SUMBER DAN METODE PENGUMPULAN DATA Khusnul hidayah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google