Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penulisan Advertorial. MODUL 1 A. Pengertian advertorial Advertorial = Advertising + Editorial. Advertising = Iklan, penyajian materi persuasive kepada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penulisan Advertorial. MODUL 1 A. Pengertian advertorial Advertorial = Advertising + Editorial. Advertising = Iklan, penyajian materi persuasive kepada."— Transcript presentasi:

1 Penulisan Advertorial

2 MODUL 1 A. Pengertian advertorial Advertorial = Advertising + Editorial. Advertising = Iklan, penyajian materi persuasive kepada public dengan menggunakan sarana ruang, waktu di media massa yang dibeli untuk mempromosikan produk, jasa atau gagasan. Editorial = pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari redaksi. Namun, editorial yang dimaksud di sini adalah publisitas yang dilakukan kalangan PR suatu organisasi untuk menyampaikan pesan melalui media massa dalam bentuk pemberitaan atau tulisan berupa artikel. Pesan yang disampaikan merupakan perspektif pembuat pesan, yakni kalangan PR itu sendiri.

3 Dengan demikian, advertorial merupakan bentuk periklanan yang disajikan menggunakan gaya penulisan jurnalistik. Menggunakan 5W + 1 H seperti pada penulisan straight news, depth news dan feature Tata letak (lay out) sama dengan pembuatan berita. Sehingga advertorial = iklan dalam bentuk berita atau pemberitaan bernafaskan nilai iklan.

4 Bentuk advertorial di tiap media massa berbeda tergantung gaya penulisan dan format tata letak yang berlaku pada media masing- masing. Bentuk penyajiannya bergantung pada kesepakatan pemasang advertorial dan media bersangkutan pada proses tawar menawar. Karena bentuknya yang menyerupai berita biasa, pembaca seringkali kesulitan membedakan mana berita, mana advertorial. Untuk memudahkan membedakannya, biasanya ada kode bertuliskan adv ( advertorial) di pojok kanan atau kiri bawah, atau sudut atas. Bagi kalangan PR kemiripan wujud ini dianggap sebagai keberhasilanpublikasi yang dilakukannya. Karena mereka ingin beritanya disejajarkan dengan berita lain yang dimuat tim redaksi sehingga informasi yang disampaikan bisa diterima masyarakat dengan baik.

5 Apa Keuntungan bagi Media ? Kredibilitas media dikalangan khalayak media meningkat. Khalayak percaya dengan obyetivitas berita yang dimuat media tersebut. Khalayak media harusmenjaga kepercayaan tersebut sesuai kode etik jurnalistik.

6 MODUL 2 B. Jenis dan Sifat Advertorial 1. Advertorial Produk Jenis ini dalam penulisannya banyak menyajikan mengenai produk barang yang akan dipasarkan atau telah dipasarkan ke masyarakat. Tpoik pembahasan bisa berupa merek, jenis, kualitas, keberadaan dan hal lain yang berhubungan dengan produk. 2. Advertorial Jasa Banyak menyajikan pembahasan tentang jasa yang ditawarkan kepada khalayak. Topik pembahasannya berupa jenis atau kualitas pelayanan yang disediakan perusahaan penyedia jasa.

7 3. Advertorial Korporat Banyak menyajikan pembahasan tentang eksistensi suatu perusahaan swasta atau pemerintah, topik pembahasannya mengenaik kegiatan yang perusahaan ybs. Misalnya bakiti sosial yang membantu warga miskin. 4. Advertorial pemerintahan Banyak menyajikan aktivitas pemerintah. Seperti potensi investasi pariwisata, bisnis atau keberhasilan yang telah dicapai di bidang tertentu.


Download ppt "Penulisan Advertorial. MODUL 1 A. Pengertian advertorial Advertorial = Advertising + Editorial. Advertising = Iklan, penyajian materi persuasive kepada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google