Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 5 Kita Semua Sederajat dan Bersaudara Pertemuan : 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 5 Kita Semua Sederajat dan Bersaudara Pertemuan : 1."— Transcript presentasi:

1 BAB 5 Kita Semua Sederajat dan Bersaudara Pertemuan : 1

2

3 Menjelaskan pengertian hak asasi manusia Menjelaskan sejarah perkembangan hak asasi manusia Menjelaskan macam hak asasi manusia Menyusun hasil telaah tentang hak asasi manusia Menyajikan hasil telaah tentang hak asasi manusia

4 Perhatikan gambar berikut ! Gaza

5 HAM

6 Hak Asasi Manusia John Locke : hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan yang Maha Pencipta sebagai sesuatu yang bersifat kodrati. PBB : hak-hak yang melekat pada setiap manusia den tanpanya mustahil manusia dapat hidup sebagi manusia.

7 Hak Asasi Manusia UU No. 39 th 1999 : seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai mahluk Tuhan yang Maha Esa dan merupakn anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

8 Sejarah Perkembangan HAM Magna Charta (1215) merupakan cikal bakal perkembangan HAM di benua eropa. Piagam ini berisi tentang perjanjian antara kaum bangsawan dengan para raja-raja di Inggris. Raja harus mempertanggungjawabkan kebijakan pemerintahannya didepan parlemen. Masa ini adalah masa peralihan dari monarki ke mornaki parlementer.

9 Sejarah Perkembangan HAM Petition of Rights (1628) di Inggris Merupakan pernyataan-pernyataan mengenai hak-hak rakyat beserta jaminannya. Petisi ini diajukan oleh para bangsawan kepada raja dihadapan parlemen. Secara umum, isi petisi ini menuntut hak- hak sebagai berikut : a)Pajak dan pungutan istimewa harus disertai persetujuan. b)Warga Negara tidak boleh dipaksakan menerima tentara dirumahnya. c)Tentara tidak boleh menggunakan hukum perang dalam keadaan damai.

10 Sejarah Perkembangan HAM Habeas Corpus Act (1679) di Inggris Merupakan dokumen hukum yang mengatur tentang penahanan seseorang. Isinya sebagai berikut : a)Menetapkan bahwa orang yang ditahan harus dihadapkan dalam tiga hari setelah penahanan. b)Alasan penahanan seseorang harus disertai bukti yang syah menurut hukum

11 Sejarah Perkembangan HAM Declarations of Independence (1776) di Amerika. Deklarasi ini merupakan suatu kesepakatan dari kongres yang mewakili 13 negara yang baru bersatu, dan dideklarasikan pada tanggal 4 Juli Dalam deklarasi kemerdekaan Amerika tersebut termuat kalimat “…. bahwa semua orang diciptakan sama, bahwa mereka diciptakan oleh Tuhan dengan hak-hak tertentu yang tidak dapat dialihkan, yaitu hak hidup, hak kebebasan, dan hak mengejar kebahagian”.

12 Sejarah Perkembangan HAM Bill of Rights (1689) merupakan undang-undang HAM di Inggris yang menekankan asas equality before the law (persamaan di depan hukum). Trias Politica adalah teori tentang sistem politik yang membagi kekuasaan pemerintahan menjadi tiga komponen yaitu; eksekutif, legislatif dan yudikatif.

13 Sejarah Perkembangan HAM Declarations des droit de l’hommes du citoyen, tahun 1789 di Prancis Merupakan suatu dokumen HAM di Prancis, yang dicetuskan oleh Jean Jacques Rousseau dan Lafayette untuk melawan kesewang-wenangan raja diawal revolusi Prancis. Dokumen ini berisi tentang pernyataan atas kebebasan (liberte), kesamaan (egalite), dan persaudaraan atau kesetiakawanan (franternite).

14 Sejarah Perkembangan HAM The Four Freedoms (1941) di Amerika yang diproklamirkan oleh presiden Roosevelt yaitu : Hak bebas berbicara Hak bebas beragama Hak bebas dari kemiskinan Hak bebas dari rasa takut

15 Sejarah Perkembangan HAM Universal Declaration of Human Rights atau Deklarasi Universal HAM (1948) yang dikukuhkan oleh PBB memiliki lima jenis hak asasi, yakni: Hak personal (kebutuhan pribadi) Hak legal (perlindungan hukum) Hak sipil dan politik Hak subsistensi (penunjang hidup) Hak ekonomi, sosial dan budaya

16 Instrumen Hukum HAM Nasional UUD 1945 pasal 28A – 28J TAP MPR No. XVII/MPR/1998 tentang HAM UU No. 9 th 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum UU No. 39 th 1999 tentang HAM UU No. 26 th 2000 tentang Pengadilan HAM UU No. 23 th 2002 tentang Perlindungan Anak

17 Macam Hak Asasi Manusia Dalam pelaksanaannya hak asasi manusia memiliki banyak bentuk, beberapa pandangan yang menyebutkan tentang macam-macam hak asasi manusia adalah sebagai berikut : Thomas Hobbes, menurut omas Hobbes bahwa satu-satunya hak asasi adalah hak hidup. Jhon Locke, menurut Jhon Locke hak asasi meliputi hak hidup, kemerdekaan dan hak milik.

18 Macam Hak Asasi Manusia Secara umum hak asasi diklasi kasikan yaitu: 1)Hak asasi pribadi (personal rights) 2)Hak asasi politik (political rights) 3)Hak asasi ekonomi (property rights) 4)Hak social dan kebudayaan (social and culture rights) 5)Hak mendapatkan pengayoman dan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan (rights of legal equality) 6)Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan dalam tata cara peradilan dan perlindungan (procedural rights)


Download ppt "BAB 5 Kita Semua Sederajat dan Bersaudara Pertemuan : 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google