Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SENGKETA INTERNASIONAL. PENGERTIAN SENGKETA INTERNASIONAL SENGKETA INTERNASIONAL ADALAH SUATU YANG MENYEBABKAN PERBEDAAN PENDAPAT, PERTENGKARAN, PERKARA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SENGKETA INTERNASIONAL. PENGERTIAN SENGKETA INTERNASIONAL SENGKETA INTERNASIONAL ADALAH SUATU YANG MENYEBABKAN PERBEDAAN PENDAPAT, PERTENGKARAN, PERKARA."— Transcript presentasi:

1 SENGKETA INTERNASIONAL

2 PENGERTIAN SENGKETA INTERNASIONAL SENGKETA INTERNASIONAL ADALAH SUATU YANG MENYEBABKAN PERBEDAAN PENDAPAT, PERTENGKARAN, PERKARA ATAU PERBANTAHAN YANG MELIBATKAN NEGARA-NEGARA DISELURUH DUNIA ATAU MENDAPAT PERHATIAN YANG LUAS DARI MASYARAKAT DUNIA. SENGKETA INTERNASIONAL BIASANYA SERING MENYEBABKAN PEPERANGAN

3 FAKTOR PENYEBAB SENGKETA INTERNASIONAL DALAM BIDANG POLITIK KLAIM DARI SUATU NEGARA TERHADAP NEGARA LAIN SECARA MENYELURUH KLAIM DARI SUATU NEGARA TERHADAP SEBAGIAN WILAYAH NEGARA LAIN PERTENTANGAN IDEOLOGI MAUPUN PERANG DUNIA KEDUA PERTENTANGAN NASIONALIS

4 FAKTOR PENYEBAB TIMBULNYA PERTENTANGAN INTERNASIONAL DALAM BIDANG EKONOMI KESENJANGAN EKONOMI ANTARA NEGARA-NEGARA MAJU DAN TERBELAKANG KESENJANGAN KEKAYAAN ALAM ANTARA NEGARA-NEGARA DI DUNIA KESENJANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DARI RAKYAT SETIAP NEGARA BENCANA ALAM SELAIN FAKTOR POLITIK MAUPUN FAKTOR EKONOMI YANG MENYEBABKAN PERTENTANGAN INTERNASIONAL ADALAH MENGENAI GARIS PERBATASAN ANTAR NEGARA

5 SENGKETA BEBERAPA CONTOH SENGKETA YANG ADA DI DUNIA : Indonesia-Australia Indonesia-Timor Leste Kamboja-Thailand Republik Kosovo & Republik Serbia India-Pakistan Israel-Palestina Amerika-RusiaTibet-Cina

6

7 Hubungan Indonesia dan Australia pernah mengalami ketegangan saat 43 warga Papua meminta suaka politik ke Australia pada 2006.Kala itu Pemerintah Australia memberikan visa perlindungan sementara (temporary protection visa) kepada 42 dari 43 warga Papua itu.Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat itu sempat menarik duta besar Indonesia untuk Australia Hamzah Thayeb untuk berkonsultasi di Jakarta. Ketegangan itu berakhir saat Presiden SBY dan Perdana Menteri Australia saat itu John Howard bertemu dan sepakat untuk menormalisasi hubungan bilateral dan membangun kembali kerjasama yang lebih baik dan saling menghormati kedaulatan dan integritas wilayah.

8

9

10 KONFLIK REPUBLIK SERBIA DAN REPUBLIK KOSOVO

11

12 KONFLIK KAMBOJA DAN THAILAND

13 SENGKETA INTERNASIONAL ANTARA INDONESIA DAN TIMOR LESTE PEMERINTAH INDONESIA DAN TIMOR LESTE SALING KLAIM LOKASI SENGKETA DI DESA NELU, KECAMATAN NAIBENU, KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA (TTU), NUSA TENGGARA TIMUR (NTT) YANG MERUPAKAN WILAYAH PERBATASAN KEDUA NEGARA SEBAGAI MILIK MEREKA.

14

15

16

17

18

19

20

21 SENGKETA ANTARA CINA DAN FILIPINA SENGKETA SEPUTAR KARANG SCARBOROUGH DI LAUT CINA SELATAN SEMAKIN MERUNCING. RATUSAN WARGA FILIPINA MELAKUKAN PROTES, SEMENTARA CINA TAMPAKNYA SIAP MENUNJUKKAN KEKUATAN MILITER. SENGKETA BERBULAN-BULAN ANTARA CINA DAN FILIPINA TERKAIT KLAIM LAUT CINA SELATAN MENINGKAT MEMASUKI TATANAN BARU YANG MENUNJUKKAN PERTANDA TINDAKAN BALAS DENDAM DI BIDANG EKONOMI, BAHKAN PERANG. CINA DAN FILIPINA TERMASUK DUA NEGARA YANG BERSAMA DENGAN BRUNEI, MALAYSIA, TAIWAN DAN VIETNAM MENGKLAIM KEPEMILIKAN TERITORIAL KAWASAN PERAIRAN DAN KEPULAUAN DI LAUT CINA SELATAN. KAWASAN INI RAMAI DILINTASI JALUR PELAYARAN, KAYA AKAN IKAN DAN KAYA POTENSI SUMBER DAYA MINERAL.

22 SENGKETA KARANG SCARBOROUGH KONFLIK AKTUAL INI MULAI DIPICU 8 APRIL SAAT PIHAK BERWENANG FILIPINA MEMERGOKI 8 KAPAL PENANGKAP IKAN CINA DI KARANG SCARBOROUGH. KETIKA ANGKATAN LAUT FILIPINA AKAN MENANGKAP PARA NELAYAN TERSEBUT, TINDAKAN INI DIHALANGI AKSI KAPAL CINA LAINNYA. KEDUA NEGARA MENGKLAIM KEPEMILIKAN PULAU KECIL DI LAUT CINA SELATAN ITU, YANG TERLETAK SEKITAR 230 KILOMETER DARI FILIPINA DAN LEBIH DARI 1200 KILOMETER DARI CINA.

23 A. PEREBUTAN WILAYAH KASHMIR KONFLIK KASHMIR ADALAH PERSENGKETAAN WILAYAH ANTARA PEMERINTAH INDIA, GERILYAWAN KASHMIR DAN PEMERINTAH PAKISTAN DALAM MASALAH KENDALI ATAS KASHMIR. SEMENTARA SENGKETA ANTAR NEGARA ATAS KASHMIR ANTARA INDIA DAN PAKISTAN TELAH ADA SEJAK PERANG INDIA-PAKISTAN 1947, KONFLIK INTERNAL ANTARA GERILYAWAN KASHMIR (BEBERAPA MENDUKUNG AKSESI KASHMIR KE PAKISTAN, DAN BEBERAPA MENDUKUNG KEMERDEKAAN PENUH KASHMIR.) DAN PEMERINTAH INDIA MERUPAKAN KONFLIK UTAMA DAN SUMBER KEKERASAN DI WILAYAH ITU SEJAK TAHUN 2002.

24 PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK SENGKETA PERBATASAN WILAYAH KASHMIR A. FAKTOR AGAMA KONFLIK YANG DIDASARI ATAS AGAMA DALAM KONFLIK DI KASHMIR YAITU ANTARA INDIA DAN PAKISTAN. PAKISTAN MENGKLAIM BAHWA KASHMIR YANG MAYORITAS MUSLIM MERUPAKAN WILAYAH INTEGRAL PAKISTAN, SEBAB NAMA PAKISTAN SENDIRI MERUPAKAN GABUNGAN BEBERAPA ETNIK. SEDANGKAN BAGI INDIA, JUGA MENGKLAIM DI KASHMIR TERDAPAT KOMUNITAS HINDU YANG TERINTEGRASIKAN DENGAN INDIA.

25 B. FAKTOR PERBATASAN KONFLIK KASHMIR SEMAKIN RUNCING MANAKALA ORANG KASHMIR SENDIRI MENGARTIKULASIKAN KEPENTINGANNYA DALAM BENTUK NASIONALISME KASHMIR. KELOMPOK INI BERUSAHA UNTUK MEMBENTUK NEGARA TERSENDIRI, PISAH DARI DOMINASI INDIA. MEMANG SECARA TERRITORIAL, KASHMIR BERADA DI BAWAH OTORITA INDIA, TINDAKAN DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH INDIA YANG CENDERUNG REPRESIF INI MEMANCING PAKISTAN MEMBERIKAN PERHATIAN. SEHINGGA KONFLIK DI KASHMIR INI SEMAKIN RUNCING KARENA MELIBATKAN 3 KELOMPOK, YAKNI KELOMPOK NASIONALIS KASHMIR YANG BERUSAHA MENDIRIKAN NEGARA KASHMIRI JAMMU-KASHMIR, LIBERATION FRONT, KELOMPOK IRREDENTIS YANG PRO PAKISTAN HIZBUL MUJAHIDIN JAMMU- KASHMIR, YANG BERKEHENDAK BERGABUNG DENGAN PAKISTAN, SERTA KELOMPOK IRREDENTIS YANG PRO INDIA, YANG BERKEHENDAK BERGABUNG DENGAN INDIA.

26 PENYELESAIAN SENGKETA WILAYAH KASHMIR MENURUT HUKUM INTERNASIONAL PBB KEMBALI MENGELUARKAN RESOLUSI. RESOLUSI TERSEBUT JUGA MENYATAKAN UNTUK PENARIKAN PASUKAN PAKISTAN DARI KASHMIR, MENGUKUHKAN HAK TENTARA INDIA DALAM MEMPERTAHANKAN KASHMIR, DAN SEGERA MELAKSANAKAN REFERENDUM DI KASHMIR SECARA INDEPENDEN. SETELAH INDIA DAN PAKISTAN MENGUMUMKAN GENJATAN SENJATA DIBAWAH NAUNGAN PBB, MAKA SELAMA TAHUN 1949 PBB MELALUI UNCIP MELAKUKAN BERBAGAI PERTEMUAN DAN KESEPAKATAN MENGENAI PERUMUSAN PROSES GENJATAN SENJATA YANG DILAKUKAN. PROSES-PROSES TERSEBUT ANTARA LAIN MENGENAI GARIS GENJATAN SENJATA, PENARIKAN PASUKAN SECARA BERTAHAP, SERTA PENGAWASAN PROSES GENJATAN SENJATA. TAHUN 1957 PBB KEMBALI MENGIRIM PERWAKILANNYA, YAITU GUNNAR JARRING, NAMUN MENGALAMI KEGAGALAN PULA.

27 TAPI PENGUASA KASHMIR KETIKA ITU YANG BERAGAMA HINDU, LEBIH MEMILIH UNTUK BERGABUNG DENGAN INDIA, SEHINGGA KASHMIR SEKARANG TERBELAH MENJADI DUA, KASHMIR PAKISTAN DAN KASHMIR INDIA. PERJUANGAN KASHMIR MENGALAMI DILEMA. JIKA MEMAKAI CARA-CARA DAMAI DAN PENDEKATAN POLITIK, INDIA MENGKLAIM BAHWA ORANG-ORANG KASHMIR TELAH MENERIMA STATUS QUO, MENJADI BAGIAN INDIA.

28 SENGKETA ANTARA AMERIKA DAN RUSIA “KONFLIK CRIMEA (UKRAINA)”

29 INTI MASALAH… AMERIKA MENGATAKAN BAHWA RUSIA MENCAPLOK KEDAULATAN NEGARA UKRAINA DENGAN MEREBUT WILAYAH CRIMEA MASUK KE WILAYAH RUSIA. Padahal, secara hukum, Crimea adalah bagian dari Ukraina, sebagaimana dalam memorandum yang ditandatangani juga oleh AS, Inggris, dan Perancis pada tahun 1994.

30 AWAL MULA… S edangkan Ukraina telah menentukan masa depan mereka dengan bergabung bersama Rusia pada referendum yang digelar pada Ahad (17/3 2014). Dan hasilnya 90 % menginginkan bergabung dengan Rusia. P residen Obama mengatakan, “Masa depan Ukraina harus ditentukan oleh rakyat Ukraina, Ini berarti kedaulatan dan kesatuan wilayah Ukraina harus dihormati dan hukum internasional harus dijunjung tinggi.”(REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON)

31 KONFLIK… NEGARA BAGIAN BARAT DIMOTORI AS, INGGRIS, DAN PRANCIS MENOLAK HASIL REFERENDUM TERSEBUT. Anehnya… A merika tidak melakukan hal yang sama pada sengketa serbia dengan Bosnia. Serbia yang ada di posisi Rusia di dukung oleh Amerika. Mengapa dengan Rusia??

32 PENYEBAB…… RUSIA YANG MEMILIKI KEPENTINGAN AS yang merasa ketakutan Vs Jika crimea bergabung dengan Rusia, yang paling pertama bermanfaat bagi Rusia adalah Armada Laut Hitam Rusia akan semakin kuat, yang berdampak pada pertahanan dan keamanan Rusia itu sendiri. Karena hanya pelabuhan sevastopol yang mampu menampungArmada laut Hitam di wilayah Rusia. Amerika serikat tidak ingin tersaingi dalam hal Negara Super Power. Dibawah traktat persahabatan, kerjasama dan kemitraan Moskow- kiev tahun 1997, rusia mengakui status kepemilikan sevastopol dan kedaulatan Ukraina. Dan sebagai balasannya, Ukraina memberikan Rusia hak untuk terus menggunakan pelabuhan sevastopol untuk armada laut mereka.


Download ppt "SENGKETA INTERNASIONAL. PENGERTIAN SENGKETA INTERNASIONAL SENGKETA INTERNASIONAL ADALAH SUATU YANG MENYEBABKAN PERBEDAAN PENDAPAT, PERTENGKARAN, PERKARA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google