Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CREATIVE THINKING Episode 9 Season 2 BRAINSTORMING.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CREATIVE THINKING Episode 9 Season 2 BRAINSTORMING."— Transcript presentasi:

1 CREATIVE THINKING Episode 9 Season 2 BRAINSTORMING

2 Brainstorming Teknik sederhana untuk mengumpulkan banyak ide dari beragam orang dalam sebuah perusahaan. Teknik ini banyak digunakan dalam memunculkan ide-ide dalam menyelesaikan persoalan (problem solving).

3 Kiat yang populer dalam upaya mengembangkan kreativitas kelompok adalah melalui Brainstorming (curah pendapat) Alex Osborn (1950). Meskipun hal ini telah di praktekan secara luas, namun jarang yang mempergunakannya secara benar sehingga tidak dapat memperoleh manfaat maksimal. Definisi dari Brainstorming itu sendiri adalah Praktek teknik konferensi dimana sebuah kelompok berupaya mencari solusi atas masalah tertentu dengan menghimpun semua ide yang disumbangkan oleh para anggotanya secara spontan.

4 Aturan – aturan brainstorming : 1.Peserta ditempatkan dalam situasi informal. 2.Peserta didorong berlaku liar secara intelektual. 3.Tidak boleh ada yang mengecam ide orang lain. 4.Semakin tidak biasa atau gila idenya, semakin baik.

5 5. Semakin banyak saran semakin baik. 6. Ide-ide dapat digabungkan sampai berkali-kali. 7. Semua ide dari peserta dibutuhkan. 8. Semua peserta berstatus setingkat.

6 Keunggulan Brainstorming : - Ide yang muncul lebih banyak dan beragam - Kesalahan akan terdeteksi karena yang terlibat banyak orang - Waktu dan tenaga dicurahkan oleh banyak orang dan dengan demikian terdapat lebih banyak akses informasi dan keahlian. Kelemahan Brainstorming : - Menjadi buang – buang waktu apabila sesi brainstorming ditujukan untuk mengatasi masalah yang salah. - Tidak efektif untuk situasi-situasi sangat terstruktur yang memiliki solusi pasti - Tidak bisa dipergunakan untuk keputusan berskala cepat dan kepemimpinan terarah.

7 Brainstorming Terstruktur (Andy Green) Dalam teknik ini terdiri dari 9 langkah : 1.Seorang pimpinan group menganalisis ringkasan penugasan 2.Pembentukan Kriteria 3.Pembuatan rencana awal 4.Langkah 4 & 5 sesi brainstorming 6.Pengumpulan ide-ide tambahan 7.Mengevaluasi menilai ide 8.Menetapkan Rencana/keputusan 9.Galang penerimaan

8 Brainstorming (Yoris Sebastian) 1.Kumpulkan semua orang yang ingin Anda explore ide-idenya 2.Undang mereka ke suatu tempat yang membantu mereka untuk fresh. 3.Ajukan permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan. 4.Minta setiap orang berpikir kemudian mengajukan idenya masing-masing. Ide apapun yang keluar harus ditampung dan dicatat. Jangan dibatasi atau dibantah. 5.Setelah semua ditulis, diskusikan mana yang paling mungkin dilaksanakan. 6.Ambil dua atau tiga ide yang paling mungkin dilaksanakan.

9 MELANJUTKAN TUGAS PRESENTASI KELOMPOK TUGAS


Download ppt "CREATIVE THINKING Episode 9 Season 2 BRAINSTORMING."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google