Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Desaku yang kucinta Pujaan hatiku Tempat ayah dan bunda Dan handai taulanku Tak mudah kulupakan Tak mudah bercerai Selalu kurindukan Desaku yang permai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Desaku yang kucinta Pujaan hatiku Tempat ayah dan bunda Dan handai taulanku Tak mudah kulupakan Tak mudah bercerai Selalu kurindukan Desaku yang permai."— Transcript presentasi:

1 Desaku yang kucinta Pujaan hatiku Tempat ayah dan bunda Dan handai taulanku Tak mudah kulupakan Tak mudah bercerai Selalu kurindukan Desaku yang permai.

2  Kak Ipung

3 MEMAHAMI PESERTA DIDIK, MERUPAKAN SIKAP PEMBINA, PELATIH PEMBINA PRAMUKA DAN PEMIMPIN KWARTIR YANG HARUS DIMILIKI DAN DILAKUKAN KARENA DENGAN MENGETAHUI ASPIRASI/TUNTUTAN PESERTA DIDIK DAPAT DIJADIKAN BAHAN PERTIMBANGAN DALAM PENYUSUNAN PROGRAM PESERTA DIDIK (PRODIK), MAKA KEGIATAN KEPRAMUKAAN AKAN DAPAT MEMENUHI KEBUTUHAN DAN MINAT MEREKA, SEHINGGA KEGIATAN KEPRAMUKAAN YANG DISAJIKAN MENJADI KEGIATAN YANG MENARIK DAN MENYENANGKAN.

4 KEBUTUHAN PESERTA DIDIK Kebutuhan dan Aspirasi (tuntutan) peserta didik dalam pengembangan diri, antara lain: Adanya tempat dan kesempatan yang menyenangkan memperoleh kegiatan yang menyenangkan. Dorongan naluri untuk memperoleh kebebasan berfikir, berpendapat, dan berprestasi. Hak azazi untuk memperoleh pembinaan, bimbingan dan kasih sayang dari orang dewasa, orangtua dan masyarakat. Pengembangan bakat. Pengembangan minat. Peningkatan kemampuan dan kecakapan. Pencapaian cita-cita. Peningkatan daya cipta (kreativitas). Daya pembaharuan (inovasi) Cipta, rasa, karsa, dan karya. Hasrat hidup, berjasa, dan berbakti.

5 TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN Tugas perkembangan anak seusia Pramuka Siaga, antara lain: Belajar keterampilan pisik. Membentuk sikap hidup sehat (mengenai dirinya sendiri). Belajar bergaul denegn teman-teman sebaya. Belajar peranan jenis. Membentuk keterampilan dasar : membaca, menulis dan berhitung.

6 TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA SEUSIA PRAMUKA PENGGALANG, antara lain: Berfikir kritis. Mudah terjadi identifikasi yang sangat emosional. Minat dan aktivitas mulai mencerminkan jenis-jenis secara lebih. Dorongan kuat untuk ekspansi diri bertualang. Pengaruh kelompok sebaya sangat besar.

7 TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA LANJUT, SEUSIA PRAMUKA PENEGAK & PRAMUKA PANDEGA, Antara lain: Menerima keadaan fisik tertentu tidak lagi mengganggu. Memperoleh kebebasan emosional. Mampu bergaul. Menemukan model/untuk identifikasi. Mengetahui dan menerima kemampuan sendiri. Memperkuat penguasaan diri atas dasar skala nilai dan norma. Meninggalkan reaksi dan cara penyesuaian kekanak-kanakan.

8 USAHA-USAHA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PESERTA DIDIK. Pembina Pramuka harus berusaha menyajikan kegiatan yang dapat menarik minat peserta didik/pemuda yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan mereka. Untuk keperluan ini para Pembina Pramuka perlu: Memahami tugas perkembangan peserta didik yang dibinanya, agar kegiatan yang disajikan dapat mengembangkan aspek-aspek psikologis yang berkembang pada peserta didik. Memperhatikan apa yang diinginkan atau diminta oleh peserta didik. Menyusun acara kegiatan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Membangkitkan minat peserta didik untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri.

9 MENYELENGGARAKAN KEGIATAN YANG MENGARAH PADA :  Kegiatan beragama.  Pemeliharaan kesehatan.  Kegiatan seni budaya.  Kegiatan produktif.  Kegiatan bakti masyarakat.  Kegiatan yang dapat mengembangkan ketahanan spiritual, pisik, intelektual, emosional dan sosial

10


Download ppt "Desaku yang kucinta Pujaan hatiku Tempat ayah dan bunda Dan handai taulanku Tak mudah kulupakan Tak mudah bercerai Selalu kurindukan Desaku yang permai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google