Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Keluargaku, Pendidikku. Baca Alkitab yuk… Ulangan 6:7 “Haruslah engkau mengajarkan berulang- ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Keluargaku, Pendidikku. Baca Alkitab yuk… Ulangan 6:7 “Haruslah engkau mengajarkan berulang- ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau."— Transcript presentasi:

1 Keluargaku, Pendidikku

2 Baca Alkitab yuk… Ulangan 6:7 “Haruslah engkau mengajarkan berulang- ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.” Bagaimana pendapatmu?

3 Pendidikan??? Apa definisinya? PENDIDIKANPENDIDIKANSEKOLAHSEKOLAH

4 Pendidikan berasal dari kata educere dan educare yang berarti merawat, memperlengkapi dengan gizi agar sehat, dan juga berarti membimbing keluar dari. KBBI : Pendidikan berarti proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik.

5 Jadi, pendidikan mengarah kepada pembentukan satu pribadi secara utuh atau holistik (mencakup aspek rohani atau spiritual, psikis atau mental, fisik serta sosial) yang dapat diperoleh dari pengalaman hidup sehari- hari.

6 Keluarga sebagai Pusat utama pendidikan Apa maksudnya? Orangtua/keluarga: Memberikan pendidikan yang baik bagi kita -Melahirkan, -Memenuhi sandang, pangan dan papan -Melahirkan, -Memenuhi sandang, pangan dan papan

7 Mengapa orang tua harus memberikan pendidikan kepada kita? Masih ingat dengan kalimat: ALLAH adalah oknum pembentuk/pencipta keluarga?? ALLAH IBU AYAH KELUARGA Inilah yang disebut dengan panggilan sebagai orang tua.

8 Ortu perlu mendidik anak untuk mengasihi Allah dan sesama sesuai dengan nilai kristiani. Ortu perlu mengupayakan perubahan dan pembaharuan anggota keluarga dengan meneladani Yesus Kristus dalam terang Roh Kudus.

9 Keluargaku, Pusat Pendidikanku 1.Peran keluarga dalam proses sosialisasi 2.Peran keluarga dalam proses edukasi

10 Apa hubungannya? KELUARGAKELUARGA SOSIALISASISOSIALISASI 1. Peran keluarga dalam proses sosialisasi

11 Sejak kamu bayi You learn to talk and walk Semakin bertumbuh secara mandiri lalu kamu Makan sendiri, mandi sendiri, dll. Lalu kamu sekarang: Mempelajari sikap, nilai, norma yang berlaku dalam komunitasmu. SOSIALISASISOSIALISASI SOSIALISASISOSIALISASI

12 SOSIALISASISOSIALISASI Proses belajar seseorang, dimana orang tua, persekutuan, atau masyarakat meneruskan pengetahuan, kebiasaan, maupun nilai-nilai dalam lingkungannya. Sosialisasi itu penting bagi pembentukan kepribadian seseorang (termasuk identitas iman Kristennya). Orang tua memberi contoh dan anak menirukan (role model). Nilai-nilai dilakukan oleh orang tua terlebih dahulu lalu diikuti oleh sang anak.

13 Nilai-nilai kristiani itu seperti: Kasih, keadilan, kesetaraan, pengampunan, penebusan, penyelamatan oleh Allah, pertobatan, mengasihi Tuhan dengan segenap hati, mengasihi diri sendiri, serta mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri.

14 Orang tua bukan menjadi Mr. dan Mrs. YES atau Mr. dan Mrs. NO. Tapi memilah mana yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan berdasarkan nilai-nilai, pengetahuan, sikap, keterampilan dan tingkah laku Kristiani yang dianut.

15 Dalam sosialisasi, peran orang tua adalah: Mengawasi dan mengendalikan kita dalam bersosialisasi (agent of social control) agar nilai-nilai kehidupan yang dijalani tidak bertentangan dengan nilai-nilai kristiani yang ditanamkan sejak kecil.

16 2. Peran Keluarga dalam proses edukasi Proses edukasi adalah proses pendidikan yang diberikan secara sengaja, terencana dan terstruktur agar tercipta individu yang kritis dalam menyikapi dampak sosialisasi yang ada, termasuk dalam membawa orang kepada kedewasaan iman.

17 Pemutaran Video “I Love You This Much”

18 Refleksi Video Jawablah: 1.Bagaimanakah kalian melihat sikap hidup dari sang ayah? Jelaskan! 2.Menurutmu, apa yang akhirnya disadari anak tersebut atas kebenciannya terhadap sang ayah? 3.Apa yang kalian harapkan dari orang tua kalian bertolak dari video tersebut?

19 Bacalah 2 Timotius 1:3-10 dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! 1.Siapakah Timotius itu? 2.Bagaimanakah latar belakang kehidupan keluarga Timotius yang mempengaruhi imannya kepada Tuhan? 3.Apa pesan Paulus kepada Timotius? HOMEWORK


Download ppt "Keluargaku, Pendidikku. Baca Alkitab yuk… Ulangan 6:7 “Haruslah engkau mengajarkan berulang- ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google