Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya."— Transcript presentasi:

1 Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya

2 Komponen Aplikasi Android  Activities  Intents  Services  Content Providers  Broadcast Receivers

3  Activity pada Android merupakan satu tampilan / aktivitas pada aplikasi.  Setiap aplikasi android bisa terdiri dari multi activity.  Home Activity ditampilkan saat aplikasi dijalankan.  Masing2x Activity dapat saling bertukar data. Hello World! Android HelloWorld Button1 Activity

4 Setiap Activity dibuat dari beberapa komponen Grafis. Komponen2x grafis tsb (biasa disebut view) dapat berinteraksi dengan user melalui event (Button, Form, dll) Ada 2 cara membuat komponen grafis Secara program (Programatic Approach) Secara deklarasi xml (Declarative Approach)

5 Declarative Approach Contoh: < TextView android:layout_width=“fill_parent” android:layout_height=“wrap_content” />

6 Programatic Approach Contoh: TextView text= new TextView(); text.setText(“Hello world”);

7 7  Aplikasi Android menggunakan kedua metode diatas DECLARATIVE APPROACH PROGRAMMATIC APPROACH Define the Application layouts and resources used by the Application (e.g. labels). Manages the events, and handles the interaction with the user. XML Code Java Code

8 Activity Manager Activity Manager berfungsi untuk membuat, menghapus dan mengatur activity. Kondisi activity bisa menjadi starting, running, stopped, destroyed, paused Activity memiliki life cycle yang terstruktur

9 public class MyApp extends Activity { public void onCreate() {... } public void onPause() {... } public void onStop() {... } public void onDestroy(){... } …. } Called when the Activity is created the first time. Called when the Activity is created the first time. Called when the Activity is partially visible. Called when the Activity is partially visible. Called when the Activity is no longer visible. Called when the Activity is no longer visible. Called when the Activity is dismissed. Called when the Activity is dismissed.

10 Intents  Intents: Mrpk pesan asynchronous untuk mengaktifkan komponen utama Android (e.g. Activities).  Explicit Intent  Perpindahan Activity Komponen asal (Activity login) ke tujuan (Activity welcome) yang berbeda LOGIN PASSWORD Login marco ********** Welcome Marco! Login Intent Activity1 Activity2

11 View Implicit Intent Activity1 Activity2 Multiple choices might be available to the user! } Intent- Filters  Implicit Intent  Perpindahan Activity Komponen asal (Activity 1) ke tujuan (Activity 2) masih sama Activity tapi berbeda datanya misalnya melihat video dll

12 12  Services: Seperti Activity tetapi jalan di background, tanpa perlu user interface.  Digunakan untuk task non interaktif (e.g. networking).  Life cycle services terdiri dari 3 kondisi : StartingDestroyed Running (on background) onCreate() onStart() onDestroy() Services

13 Content Provider 13  Setiap aplikasi Android mpny database (apakah disimpan di file atau database SQLite).  Content Providers: Mrpk interface yang digunakan untuk mengakses data diantara aplikasi yang berbeda. DB APP insert() update() delete() query() Content Provider e.g. Photo Gallery

14 Broadcast Receiver  Broadcast Receivers: Penerima signal aplikasi yang berasal dari eksternal seperti telpon masuk dll.  Type Notifikasi : Call Telpon masuk, SMS terkirim, deteksi Wifi network, dll

15 Dengan Package Explorer, Dapat dilakukan explorasi terhadap file-file yang terdapat pada project Android. Struktur Source Code Android pada Eclipse

16 Secara umum sebuah project Android terdiri dari beberapa folder dan file utama yaitu: Folder src gen Android2.3.3 (tergantung pada target plaftform) assests res File AndroidManifest.xml default.properties (otomatis dibuat ADT) proguard.cfg (otomatis dibuat ADT) R.java File proguard.cfg akan digunakan pada saat anda melakukan build aplikasi pada “release mode”, dimana dilakukan proses shrinks, optimizes, dan obfuscates kode anda dengan menghilangkan kode yang tidak digunakan, menganti nama class, fields, dan method dengan nama semantik.

17 Folder res Folder res merupakan tempat dimana kita menempatkan segala sumber daya yang akan digunakan pada aplikasi seperti: Layout Gambar (icon) String dan Nilai variabel Sumber daya ini digunakan pada saat pembuatan layout, class java maupun manifest.

18 Drawable resources File-file gambar (icon) ditempatkan pada folder: drawable-hdpi (72x72) drawable-mdpi (48x48) drawable-ldpi (36x36) Sesuai dengan dpi masing-masing. Kita perlu menyediakan icon berbagai ukuran untuk mengantisipasi kemungkinan aplikasi anda diinstalasi pada perangkat dengan tampilan dpi yang berbeda. Konvensi penamaan: ic_, ic_launcher_, ic_menu_, ic_stat_notify_, ic_tab_, ic_dialog_

19 Perbandingan dpi Icon Icon ditampilkan pada layar dengan dpi berbeda Icon(36x36, 48x48, 72x72) menurut masing-masing dpi

20 Value resources Values resource merupakan file XML yang berisi deklarasi nilai untuk array, color, dimension, dan string. File XML tersebut ditempat pada folder res/values Hello World, HelloWorldActivity! HelloWorld File XML tersebut ditempat pada folder res/values

21 Layout Resources Layout resources merupakan rancangan antarmuka Activity pada program Android yang ditulis dalam format file XML.

22 Folder Assets Direktori “assets” dapat digunakan untuk menyimpan raw asset file, dan anda dapat mengakses data melalui AssetsManager dengan metod getAssets(). Contoh: InputStream is; try { is = getAssets().open("sample.txt"); BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(is)); String line = null; while ((line = br.readLine()) != null) { Log.e("wtf", line); } br.close(); } catch (IOException e) { // TODO Auto-generated catch block e.printStackTrace(); }

23 R.java File R.java ini merupakan hasil generate dari source code project secara otomatis, dan tidak diperbolehkan untuk melakukan perubahan pada file ini. /* AUTO-GENERATED FILE. DO NOT MODIFY. * * This class was automatically generated by the * aapt tool from the resource data it found. It * should not be modified by hand. */ package com.example; public final class R { public static final class attr { } public static final class drawable { public static final int icon=0x7f020000; } public static final class layout { public static final int main=0x7f030000; } public static final class string { public static final int app_name=0x7f040001; public static final int hello=0x7f040000; }

24 Source Code Semua source code aplikasi anda ditempatkan pada folder src, dibawah nama package anda (com.hendra). Contoh: package com.example; import android.app.Activity; import android.os.Bundle; public class HelloWorldActivity extends Activity { /** Called when the activity is first created. public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.main); }

25 Android Manifest Android Manifest adalah file XML yang berisi informasi terkait dengan aplikasi anda seperti Activity dan Permission. Contoh:

26 Tugas 1.Buatlah aplikasi Android yang menampilkan Nama, NIM, dan Alamat Anda! 2.Lakukan explorasi terhadap struktur project aplikasi tersebut dengan mempelajari masing- masing folder pada project. 3.Tuliskan kembali dalam kata-kata anda sendiri struktur project android Anda terkait dengan folder /src, /gen, /res/drawable, /res/layout, /res/values.


Download ppt "Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google