Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendahuluan Kemiri Kemiri dikenal dengan nama Candleberry, Indian Walnut atau Candlenut. Seluruh bagian dari tanaman kemiri ini dapat dimanfaatkan. Batang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendahuluan Kemiri Kemiri dikenal dengan nama Candleberry, Indian Walnut atau Candlenut. Seluruh bagian dari tanaman kemiri ini dapat dimanfaatkan. Batang."— Transcript presentasi:

1

2 Pendahuluan Kemiri Kemiri dikenal dengan nama Candleberry, Indian Walnut atau Candlenut. Seluruh bagian dari tanaman kemiri ini dapat dimanfaatkan. Batang kemiri mengandung selulosa, lignin, pentisan dan abu. Pegagan atau kulit batang mengandung tanin. Biji kemiri dalam keadaan mentah mengandung asam hidrosianik yang beracun, oleh karena itu penggunaan biji kemiri harus disangrai dahulu sampai hangat. Kemiri (Aleurites moluccana willd) berasal dari kepulauan Maluku, dan menurut Burkill (1935) berasal dari Malaysia. Tanaman ini menyebar dari sebelah Timur Asia hingga Fiji di kepulauan Pasifik. Di Indonesia kemiri tersebar luas dihampir seluruh wilayah Nusantara. Tanaman kemiri berkembang di Indonesia di daerah-daerah seperti Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, Lombok, Sulawesi, Maluku, Kalimantan Barat, Bau-Bau dan sekitarnya.

3 Klasifikasi Kemiri Minyak kemiri dihasilkan dari biji pohon Aleurites fordii, Aleurites moluccana, dan Aleurites tripesma dari family Euphorbiaceae Kingdom : Plantae Divisi: Magnoliophyta Class: Magnoliopsida Ordo: Malpighiales Family : Euphorbiaceae Genus : Aleurites Species : Aleurites moluccana Willd

4 Kandungan Minyak Kemiri  Mengandung protein dan lemak tidak jenuh.  Mengandung vitamin B6 dan Thiamin.  Mengandung vitamin E.  Mengandung serta makanan dan mineral.  Mengandung antioksidan fenolat.

5 Kandungan Minyak Kemiri Mengandung Zat Gizi dan Zat Non Gizi Zat Gizi : a.Protein b.Lemak c.Karbohidrat d.Vitamin e.Asam folat f.Fotosterol Zat Non Gizi : a.Flavonoida b.Polifenol c.Saponin

6 Manfaat Minyak Kemiri 1.Untuk Kesehatan 2.Untuk Kesehatan Rambut dan Kecantikan

7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan 1.Mengobati Diare 2.Mengobati Ambeien 3.Mengobati Sembelit 4.Mengobati Demam 5.Mengobati Disentri 6.Mengobati Sariawan

8 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Kecantikan 1. Untuk Rambut : a.Menghitamkan rambut b.Menumbuhkan rambut c.Mengatasi kerontokan rambut d.Menumbuhkan jambnag dan alis e.Meluruskan rambut

9 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Kecantikan 2.Untuk Kecantikan a.Mengencangkan kulit b.Mencegah keriput dini c.Menjadi tabir surya alami bagi kulit

10 Cara Pembuatan Minyak Kemiri Cara Pembutan Sederhana dengan Perasan : a.Parut / blender kemiri utuh. b.Tambahkan air, lalu diperas. c.Lakukan cara ini berulang kali, sampe air perasan sedikit bening. d.Taruh santan didalam tempat tertutup, diamkan selama 24 jam. e.Setelah 24 jam, di goreng hingga minyaknya keluar.

11 Cara Pembuatan Sederhana dengan Cara Dibakar a. Jemur kemiri di bawah sinar matahari langsung. b. Setelah kemiri kering, bakar kemiri sampai gosong. c. Setelah gosong lalu diblender/diulek. d. Sehabis itu tinggal dipakai.

12 Penutup Kesimpulan Minyak kemiri dihasilkan dari biji pohon Aleurites fordii, Aleurites moluccana, dan Aleurites tripesma dari family Euphorbiaceae, nama lain dari minyak kemiri adalah tungya, muyu, kiranggu, Chinese hout olie, kemiri olie, kamere, dan derekan. Seluruh bagian dari tanaman kemiri ini memiliki nilai pengobatan. Kemiri juga memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Biji kemiri yang ditumbuk halus dapat dipakai untuk mengobati sakit gigi, bisul, meredakan demam dan mengatasi bengkak pada sendi tulang. Biji kemiri juga dimanfaatkan sebagai obat pencahar.


Download ppt "Pendahuluan Kemiri Kemiri dikenal dengan nama Candleberry, Indian Walnut atau Candlenut. Seluruh bagian dari tanaman kemiri ini dapat dimanfaatkan. Batang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google