Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Audevin Naufalyoda N ( XI-2 / 24).  Hemodialisis berasal dari kata “hemo” artinya darah, dan “dialisis ” artinya pemisahan zat-zat terlarut. Hemodialisis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Audevin Naufalyoda N ( XI-2 / 24).  Hemodialisis berasal dari kata “hemo” artinya darah, dan “dialisis ” artinya pemisahan zat-zat terlarut. Hemodialisis."— Transcript presentasi:

1 Audevin Naufalyoda N ( XI-2 / 24)

2  Hemodialisis berasal dari kata “hemo” artinya darah, dan “dialisis ” artinya pemisahan zat-zat terlarut. Hemodialisis berarti proses pembersihan darah dari zat-zat sampah, melalui proses penyaringan di luar tubuh. Hemodialisis menggunakan ginjal buatan berupa mesin dialisis. Hemodialisis dikenal secara awam dengan istilah ‘cuci darah’.

3

4

5  Pada proses hemodialisa, darah dialirkan ke luar tubuh dan disaring di dalam ginjal buatan (dialyzer). Darah yang telah disaring kemudian dialirkan kembali ke dalam tubuh. Rata – rata manusia mempunyai sekitar 5,6 s/d 6,8 liter darah, dan selama proses hemodialisa hanya sekitar 0,5 liter yang berada di luar tubuh

6  Bengkak pada seluruh tubuh  Tekanan darah yang tinggi  Rasa lelah yang berlebihan dan tubuh terasa sangat lemas  Insomnia atau sulit tidur di malam hari  Mual dan muntah yang hebat  Rasa gatal pada seluruh tubuh tanpa sebab yang jelas  Kejang berulang atau kram pada otot terutama otot kaki  Kesadaran yang menurun

7  Menggantikan fungsi ginjal dalam fungsi ekskresi, yaitu membuang sisa-sisa metabolisme dalam tubuh, seperti ureum, kreatinin, dan sisa metabolisme yang lain.  Menggantikan fungsi ginjal dalam mengeluarkan cairan tubuh yang seharusnya dikeluarkan sebagai urin saat ginjal sehat.  Menggantikan fungsi ginjal sambil menunggu program pengobatan yang lain.

8  Arterial – Venouse Blood Line (AVBL)  Dializer /ginjal buatan (artificial kidney)  Air Water Treatment  Larutan Dialisat  Mesin Haemodialisis

9  Kram otot  Aritmia  Gangguan pencernaan


Download ppt "Audevin Naufalyoda N ( XI-2 / 24).  Hemodialisis berasal dari kata “hemo” artinya darah, dan “dialisis ” artinya pemisahan zat-zat terlarut. Hemodialisis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google