Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ekonomi Moneter DOSEN ABDUL HAMID, SE.MM. PENGERTIAN EKONOMI MONETER Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari tentang sifat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ekonomi Moneter DOSEN ABDUL HAMID, SE.MM. PENGERTIAN EKONOMI MONETER Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari tentang sifat."— Transcript presentasi:

1 Ekonomi Moneter DOSEN ABDUL HAMID, SE.MM

2 PENGERTIAN EKONOMI MONETER Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari tentang sifat fungsi serta pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi. Secara umum, kegiatan ekonomi dapat diartikan sebagai suatu kegiatanyang mempengaruhi tingkat pengangguran produksi, harga dan hubungan perdagangan/pembayaran internasional

3 perekonomian modern terdapat dua kebijakan yaitu: Kebijakan Fiskal yaitu kebijakan yang diambil oleh pemerintah untuk membelanjakan pendapatan Negara untuk tujuan-tujuan ekonomi. Kebijakan Moneter yaitu suatu usaha dalam mengendalikan keadaan ekonomi makro agar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan melalui pengaturan jumlah uang yang beredar dalam perekonomian atau langkah pemerintah untuk mengatur penawaran uang dan tingkat bunga

4 Kebijakan moneter terbagi dua yaitu: Kebijakan Moneter Ekspansif yaitu suatu kebijakan dalam rangka menambah jumlah uang yang beredar disuatu Negara, apabila tidak ada kebijakan ini maka jumlah uang di suatu negara akan menipis sehingga transaksi atau jual beli disuatu negara akan terganggu. Kebijakan Moneter Kontraktif yaitu suatu kebijakan dalam rangka mengurangi jumlah uang yang edar. Disebut juga dengan kebijakan uang ketat (tight money policy).

5 Dalam kebijakan moneter terdapat dua instrument yaitu: 1. Operasi pasar terbuka 2. Fasilitas Diskonto (Discount Rate) 3. Rasio Cadangan Wajib (Reserve Requirement Ratio) 4. Himbauan Moral (Moral Persuasion)

6 TUJUAN EKONOMI MONETER Adapun tujuan ekonomi moneter adalah untuk mencapai stablisasi ekonomi yang dapat diukur dengan: Kesempatan kerja. Kestabilan harga Neraca pembayaran internasional

7 KONSEP DASAR EKONOMI MONETER Ekonomi Moneter merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang peranan uang dalam mempengaruhi tingkat harga-harga dan tingkat kegiatan ekonomi dalam suatu negara.

8 tujuan memegang uang terdiri dari tiga keinginan, yaitu: Tujuan transaksi. Tujuan Berjaga-jaga Tujuan Spekulasi

9 RUANG LINGKUP EKONOMI MONETER Peranan dan fungsi uang dalam perekonomian Sistem moneter dan pengaruhnya terhadap jumlah uang beredar dan kredit Struktur dan fungsi bank sentral Pengaruh jumlah uang beredar dan kredit terhadap kegiatan ekonomi Pembayaran serta sistem moneter internasional.

10 Alasan perlunya mempelajari ilmu ekonomi moneter a. Dapat mengetahui secara mendalam tentang mekanisme penciptaan uang, tingkatbunga, pasar uang, sistem dan kebijakan moneter, serta pembayaran internasional. b. Dapat mengetahui serta menganalisa beberapa fenomena moneter dalamkaitannya dengan efek kebijakan moneter terhadap kegiatan ekonomi.

11 PENGERTIAN UANG Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapatditerima saecara umum. Alat tukar itu berupa benda apa saja yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

12 PERAN UANG DALAM PEREKONOMIAN Peran uang dalam perekonomian dapat diibaratkan darah yang mengalir dalam tubuh manusia. Tanpa darah, manusia seakan-akan hendak mati. Kekurangan uang bagaikan kekurangan darah yang mengakibatkan gairah hidup menurun dan lemah, yang pada akhirnya manusia menjadi sakit-sakitan. Uang yang semula dimaksudkan berfungsi sebagai alat tukar dan standar satuan nilai ternyata juga berdampak terhadap fokus budaya manusia ketika uang diaplikasikan sebagai properti yang menentukan martabat seseorang di tengah masyarakat.

13 Uang memang benda mati. Namun ternyata ia bisa mengendalikan hidup manusia. Ini bisa terjadi jika manusia lupa akan fungsi dan peran uang yang sesungguhnya. Dengan uang – yang notabene adalah benda mati – napas hidup perekonomian suatu negara dapat terlihat. Dengan uang manusia bisa membeli rasa “aman:, bersosialisasi, dihargai dan dihormati. Dengan uang manusia dapat mengaktualisasikan dirinya.

14 SEJARAH PERKEMBANGAN UANG Tahap sebelum barter Tahap barter Tahap uang barang Tahap uang logam Tahap uang kertas

15 FUNGSI UANG a. Fungsi Asli * Sebagai alat tukar (medium of change) Sebagai satuan hitung (unit of account) Sebagai penyimpan nilai (store of value) b. Fungsi Turunan Sebagai alat pembayaran Untuk menentukan harga Sebagai alat pembayaran hutang Sebagai alat penimbun kekayaan Sebagai alat pemindahan kekayaan (modal) Sebagai alat untuk meningkatkan status sosial

16 KARAKTERISTIK UANG Diterima secara umum (acceptability) Memiliki nilai yang cenderung stabil (stability of value) Ringan dan mudah dibawa (portability) Tahan lama (durability) Kualitasnya cenderung sama (uniformity) Jumlahnya terbatas dan tidak mudah dipalsukan (scarcity) Mudah dibagi tanpa mengurangi nilai (divisibility)

17 Jenis uang berdasarkan tingkat likuiditasnya terbagi atas: M1 adalah uang kertas dan logam ditambah simpanan dalam bentuk rekening koran (demand deposit). M2 adalah M1 + tabungan + deposito berjangka (time deposit) pada bank-bank umum. M3 adalah M2 + tabungan + deposito berjangka pada lembaga-lembaga tabungan nonbank.


Download ppt "Ekonomi Moneter DOSEN ABDUL HAMID, SE.MM. PENGERTIAN EKONOMI MONETER Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari tentang sifat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google