Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Minyak bumi Minyak bumi adalah minyak mentah yang terbentuk secara alami dalam batuan endapan dan sebagian besar terdiri dari hidrokarbon. Istilah minyak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Minyak bumi Minyak bumi adalah minyak mentah yang terbentuk secara alami dalam batuan endapan dan sebagian besar terdiri dari hidrokarbon. Istilah minyak."— Transcript presentasi:

1

2

3 Minyak bumi Minyak bumi adalah minyak mentah yang terbentuk secara alami dalam batuan endapan dan sebagian besar terdiri dari hidrokarbon. Istilah minyak bumi diterjemahkan dari bahasa latin (petroleum), artinya petrol (batuan / karang) dan oleum (minyak). Minyak bumi juga dijuluki sebagai emas hitam, yaitu cairan kental, coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi.

4 Pembentukkan minyak bumi

5 Eksplorasi Minyak Bumi

6

7 Komponen minyak bumi Minyak bumiHidrokarbon alifatik (alkana) siklik (sikloalkana) aromatik

8

9 Destilasi Destilasi (Destilasi Bertingkat) atau Penyulingan Bertingkat Minyak Bumi ARTIARTI ARTIARTI Proses pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi berdasarkan perbedaan titik didih.

10 Menara Destilasi

11

12

13 Fraksi Minyak Bumi No.FraksiJumlah AtomTitik Didih ( o C)Kegunaan 1Gas C 1 – C 4 < 20LPG & produk Petrokimia 2Ligronin / Nafta C 5 – C 9 60 – 100Pelarut non-polar & zat aditif bensin 3Bensin (gasoline) C 5 – C Bahan bakar 4Kerosin (minyak tanah) C 12 – C – 325Kompor & mesin jet (avtur) 5Solar > C – 400Mesin diesel 6Oli > C – 500Pelumas 7Residu > C 25 > 500Lilin,paraffin,aspal

14 Cracking Cracking (perengkahan) ARTIARTI ARTIARTI Proses pemecahan hidrokarbon molekul-molekul besar dalam fraksi minyak bumi menjadi molekul yang lebih kecil. Contoh Pengubahan solar menjadi minyak tanah

15 Reforming ARTI Pengubahan molekul bensin yang bermutu rendah menjadi bermutu baik. FUNGSIFUNGSI FUNGSIFUNGSI Mengubah hidrokarbon rantai lurus menjadi hidrokarbon rantai bercabang.

16 Polimerisasi ARTI Proses penggabungan molekul-molekul kecil dalam minyak bumi menjadi molekul yang besar ContohContoh ContohContoh Penggabungan isobutena dengan isobutana menjadi isooktana yang merupakan bensin bermutu tinggi.

17 Treating ARTI Proses pemurnian minyak bumi dengan menghilangkan zat-zat pengotornya, yaitu pengotor yang menimbulkan bau tak sedap, lumpur, belerang dsb.

18 Blending ARTIARTI ARTIARTI Proses pencampuran minyak bumi dengan zat- zat aditif agar kualitasnya baik.

19 Bensin dan Bilangan Oktan BENSIN campuran senyawa- senyawa hidrokarbon yang terdiri dari isomer- isomer heptana (C 7 H 16 ) dan isooktana (C 8 H 18 ). Kualitas bensin dapat ditentukan berdasarkan jumlah ketukan dan dinyatakan dengan bilangan oktan.

20 BILANGAN OKTAN bilangan yang menyatakan presentase isooktana yang dikandung dalam bensin sedang sisanya adalah presentase n-heptana. dinyatakan dengan angka 0 sampai 100.

21 Bensin yang dihasilkan dari pengolahan minyak bumi (bilangan oktan <60) ditingkatkan Ditambah zat aditif berupa TEL (tetraethyl lead) TELTEL TELTEL Cairan seperti minyak berwarna dan sangat beracun yang berfungsi sebagai zat anti ketukan pada bensin merupakan Senyawa timbal dengan rumus Pb (C 2 H 5 ) 4. Mengurangi Ketukan Pada Bensin MENU

22 Agar oksida timbel yang dihasilkan tidak menempel di mesin, ditambah etilen bromida (C 2 H 4 Br 2 ) menghasilkan Gas Timbel bromida (PbBr 2 ) Gas Timbel bromida (PbBr 2 ) sifatsifat sifatsifat Gas bersifat racun, dan merusak sistem saraf pusat (otak) maka TEL diganti dengan MTBE (metil tersier butil eter) Mengurangi Ketukan Pada Bensin MENU

23 Dampak Pembakaran Bahan Bakar Terhadap Lingkungan dan Kesehatan

24 Berdiskusi Silahkan berdiskusi dengan 1 orang teman kalian untuk mendiskusikan sumber bahan pencemar, serta dampaknya bagi lingkungan maupun kesehatan.

25 Sumber Bahan Pencemaran 1.Pembakaran tidak sempurna menghasilkan gas CO dan jelaga. Contoh : C 8 H ,5 O 2  CO + 9H 2 O 2.Pengotor dalam bahan bakar Contoh : batu bara yang mengandung belerang (membentuk belerang oksida) 3.Bahan Aditif dalam bahan bakar Contoh : penambahan TEL dalam bahan bakar yang akan menghasilkan timbal (II) oksida

26 Pencemaran Udara Peningkatan Kadar Komponen Udara tertentu seperti: a. Karbon Monoksida (CO) b. Karbon Dioksida (CO 2 ) c. Oksida Nitrogen (NO dan NO 2 ) d. Oksida Belerang (SO 2 dan SO 3 ) e. Partikel Timbel Efek Rumah Kaca Hujan Asam

27 Dampak Polusi Udara CO 2  gas rumah kaca CO  sakit kepala dan pernafasan SO 2  terhirup akan bersenyawa dengan air membentuk asam sulfit  merusak jaringan. SO 3  membentuk hujan asam. NO & NO 2  asap-kabut  iritasi mata, saluran pernapasan. Timbal  keracunan timbal  depresi, kerusakan organ inti, penyimpangan perilaku.


Download ppt "Minyak bumi Minyak bumi adalah minyak mentah yang terbentuk secara alami dalam batuan endapan dan sebagian besar terdiri dari hidrokarbon. Istilah minyak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google