Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Masyarakat Sebagai Media Pembelajaran) Dosen: Unang Wahidin, S.Pd., M.Pd.I.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Masyarakat Sebagai Media Pembelajaran) Dosen: Unang Wahidin, S.Pd., M.Pd.I."— Transcript presentasi:

1 MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Masyarakat Sebagai Media Pembelajaran) Dosen: Unang Wahidin, S.Pd., M.Pd.I

2 Jenis-jenis media pembelajaran dengan karakteristiknya pada dasarnya memvisualkan fakta, gagasan, kejadian, peristiwa dalam bentuk tiruan dari keadaan sebenarnya utk dibahas di dlm kelas dalam membantu proses pengajaran. Jenis-jenis media pembelajaran dengan karakteristiknya pada dasarnya memvisualkan fakta, gagasan, kejadian, peristiwa dalam bentuk tiruan dari keadaan sebenarnya utk dibahas di dlm kelas dalam membantu proses pengajaran. Sedangkan studi masyarakat adalah mempelajari keadaan sebenarnya di luar kelas dgn menghadapkan para siswa kepada lingkungan yang aktual utk dipelajari, diamati dlm hubungannya dgn PBM. Cara ini lebih bermakna disebabkan para siswa dihadapkan dgn peristiwa dan keadaan yg sebenarnya secara alami, sehingga lebih nyata, lebih faktual, dan kebenarannya lebih dapat dipertanggungjawabkan. Sedangkan studi masyarakat adalah mempelajari keadaan sebenarnya di luar kelas dgn menghadapkan para siswa kepada lingkungan yang aktual utk dipelajari, diamati dlm hubungannya dgn PBM. Cara ini lebih bermakna disebabkan para siswa dihadapkan dgn peristiwa dan keadaan yg sebenarnya secara alami, sehingga lebih nyata, lebih faktual, dan kebenarannya lebih dapat dipertanggungjawabkan.

3 Beberapa cara mempelajari lingkungan masyarakat sebagai media pembelajaran: Beberapa cara mempelajari lingkungan masyarakat sebagai media pembelajaran: 1. Karyawisata, dlm pengertian pendidikan karyawisata adalah kunjungan siswa ke luar kelas utk mempelajari obyek tertentu sebagai bagian integral dari kegiatan kulikuler sekolah. 2. Nara sumber, mengundang tokoh masyarakat ke sekolah utk memberikan penjelasan mengenai keahliannya kepada siswa. Misal: dokter, petugas pertanian, dll. 3. Survei masyarakat, siswa mengunjungi lingkungan masyarakat setempat utk mempelajari proses sosial, budaya, ekonomi, kependudukan, dll.

4 4. Proyek pelayanan terhadap masyarakat, cara ini dilakukan apabila sekolah (guru dan siswa secara bersama-sama melakukan kegiatan memberikan bantuan kepada masyarakat seperti pelayanan, penyuluhan, partisipasi dlm kegiatan lain yg diperlukan) 5. Berkemah, siswa menghayati bagaimana kehidupan alam seperti suhu, iklim, suasana. Misal, berkemah cocok utk mempelajari ilmu pengetahuan alam, ekologi, biologi, kimia, fisika. 6. Kerjasama pengalaman, praktek lapangan dilakukan para siswa utk memperoleh keterampilan dan kecakapan khusus. Misal, siswa SMK dikirim ke perusahaan utk mempelajari dan memperaktekan pembukuan, akuntansi dll. Keenam cara di atas tdk hanya bermanfaat bagi proses belajar siswa namun lebih dari itu dapat digunakan sebagai media kerjasama sekolah dengan masyarakat.


Download ppt "MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Masyarakat Sebagai Media Pembelajaran) Dosen: Unang Wahidin, S.Pd., M.Pd.I."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google