Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEGMENTASI PASAR (SEGMENTING MARKETS) Segmentasi Pasar : Adalah proses mengidentifikasi dan menganalisis kelompok pembeli di pasar produk dengan karakteristik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEGMENTASI PASAR (SEGMENTING MARKETS) Segmentasi Pasar : Adalah proses mengidentifikasi dan menganalisis kelompok pembeli di pasar produk dengan karakteristik."— Transcript presentasi:

1 SEGMENTASI PASAR (SEGMENTING MARKETS) Segmentasi Pasar : Adalah proses mengidentifikasi dan menganalisis kelompok pembeli di pasar produk dengan karakteristik tanggapan yang hampir sama (misalnya dalam hal frekuensi pembelian). Mengapa diperlukan segmentasi Pasar ? Kebutuhan/keinginan konsumen yang berbeda-beda Konsumen mempunyai preferensi dan prioritas dan pola konsumsi yang berbeda Kemampuan perusahaan untuk memuaskan kebutuhan/keinginan konsumen sangat terbatas.

2 Segmentasi Pasar Dan Proses Strategi Menggerakkan Pasar  Segmentasi Pasar Dan Nilai Dari Peluang : Segmentasi Pasar merupakan proses menempatkan pembeli dalam pasar produk pada kelompok-kelompok sehingga setiap anggota kelompok menunjukkan respon yang serupa dan strategi positoning tertentu. Serupa dalam jumlah dan frekuensi pembelian, kesetiaan pada merek terntentu, penggunaan suatu produk, Jadi segmentasi adalah proses untuk mengelompokkan pembeli pada pasar total. Peluang untuk melakukan segmentasi terjadi apabila terjadi perbedaan permintaan oleh pembeli  Menyesuaikan Peluang Dengan Kemampuan Keunggulan kompetitif dan peluang pasar merupakan hasil dari analisis segment. Segment pasar yang spesifik dapat mengidentifikasi : 1. Menyesuaikan preferensi pembeli dengan kemampuan perusahaan. 2. Membandingkan kekuatan/ kelemahan perusahaan dengan pesaing pada tiap segmen

3  Market Targeting Dan Strategic Positioning Market Targeting berkaitan denganevaluasi dan pemilihan satu atau lebih segmen yang memenuhi syara yang disesuaikan dengan kemampuan organisasi Strategi positioning merupakan kombinasi dari manajemen kegiatan perusahaan untuk menentukan kebutuhan/keinginan tiap segmen. Manajemen perusahaan harus memikirkan bagaimana mempengaruhi pembeli untuk memposisikan produk di mata dan pikirannya. Mengidentifikasi Segmen Pasar Setelah pasar diputuskan akan disegmentasikan, satu atau lebih variabel dipilih untuk mengidentifikasi segmen Karakteristik Dari Manusia Dan Organisasi 1. Pasar Konsumen : a. Geografi (lokasi) Dan Demografi (usia, pendapatan, pendidikan) b. Psychographic (gaya hidup dan kepribadian) 2. Pasar Organisasi : a. Tipe industri b. Ukuran perusahaan c. Tingkat perkembangan industri

4 Segmentasi Atas Dasar Situasi Penggunaan Produk Pasar dapat disegmentasikan atas dasar bagaimana produk digunakan Misalnya, Baking Soda memiliki beberapa kegunaan lain, selain untuk penambah rasa, untuk menghilangkan bau di lemari es dan oven microwave serta sebagai dasar resep pembuatan gigi. Kebutuhan dan Preferensi Pembeli Kebutuhan dan preferensi produk dan merek tertentu dapat digunakan sebagai dasar dan uraian segmentasi, seperti : status loyalitas merek, manfaat yang dicari dan kecenderungan untuk melakukan negosiasi. Pembeli dapat tertarik pada merek lain karena manfaat yang ditawarkan - Consumenr Needs Kebutuhan memotivasi orang untuk melakukan kegiatan/permintaan. - Attitude (sikap) Sikap dapat mempengaruhi perilaku konsumen - Persepsi Adalah proses seseorang memilih, mengorganisir dan mengintepretasikan informasi untuk menciptakan penggambaran tentang sesuatu.

5 Perilaku Pembelian Ukuran dan frekuensi pembelian merupakan varisbel yang sering digunakan dalam segmentasi. Pemasar dapat mengklasifikasikan pelanggan dalam kategori berdasarkan volume pembelian. Keputusan pembelian sangat penting dan kompleks dan ini digunakan untuk mengklasifikasikan supaya lebih memahami karakteristiknya, produk yang ditawarkan dan strategi pemasaran untuk tiap perilaku pembelian Keputusan Pembelian dapat diklasifikasikan berdasarkan keterlibatan pembeli dalam keputusannya. Keputusan dengan keterlibatan tinggi (high- involvement) mungkin untuk pembelian barang-barang mahal, mempunyai resiko dan dampaknya pada kebutuhan sosial dan ego konsumen. Situasi pengambilan keputusan terdiri dari pemecahan masalah (high involvement), pengambilan keputusan terbatas atau pengambilan keputusan yang bersifat rutin (low involvement)

6 PEMBENTUKAN SEGMEN  Persyaratan Segmentasi Ada 5 kriteria untuk melakukan segmentasi : 1. Tanggapan terhadap perbedaan Kunci untuk melakukan segmentasi adalah menentukan perbedaan tanggapan konsumen,sehingga dibutuhkan strategi dan program pemasaran yang berbeda. Apabila pasar produk tidak dapat dibedakan maka tidak perlu dilakukan segmentasi 2. Segmen dapat diidentifikasi. Harus dapat mengidentifikasi kelompok pembeli yang menunjukkan perbedaan tanggapan, meskipun seringkali sangat sulit dilakukan. Contoh : variasi jumlah pembelian di pasar, ada kemungkinan tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan tanggapan.

7 3.Segmentasi Dapat Dilaksanakan Organisasi harus dapat menjalankan strategi program pemasaran pada setiap segmen yang dipilih. Termasuk mempertimbangkan banyaknya pesaing pada segmen yang dipilih. 4. Biaya/Manfaat Segmentasi Segmentasi harus mempunyai nilai jika dilakukan. Tujuan melakukan segmentasi adalah untuk memperoleh pendapatan yang lebih baik pada berbagai variasi biaya 5.Stabilitas Setiap Saat Segmen harus menunjukkan kestabilan setiap saat, sehingga usaha- usaha pemasaran yang dilakukan akan memberikan hasil yang memuaskan.

8 Perbedaan Diferensiasi Produk Dengan Segmentasi Pasar Sering tidak jelas terlihat perbedaan antara Diferensiai produk dengan Segmentasi Pasar Diferensiasi Produk : Adalah pandangan pembeli terhadap produk yang ditawarkan perusahaan dibandingkan dengan karakteristik produk fisik atau non fisik pesaing, termasuk harga. Dengan menggunakan strategi diferensiasi produk, perusahaan dapat memfokuskan pada seluruh pasar atau satu (lebih) segmen. Perusahaan pesaing akan menderensiasikan produk yang ditawarkannya untuk memperoleh keunggulan bersaing dari kelompok pembeli sasaran yang sama Segmen dibentuk dengan : 1. Mengelompokkan konsumen, menggunakan karakteristik deskriptif dan membandingkan tanggapan yang berbeda diantara kelompok atau 2. Menciptakan kelompok atas dasar perbedaan tanggapan (seperti frekuensi pembelian)

9  Identifikasi Kelompok Pembeli Setelah Pasar produk ditentukan, dilakukan identifikasi segmen yang menjanjikan, manajemen akan mempertimbangkan informasi yang diperoleh atau berdasarkan hasil penelitian pemasaran. Segmen baru dapat dianalisis dengan menggunakan 1. Pertimbangan dan pengalaman manajemen 2. Didukung dengan analisis statistik  Pembentukan Kelompok berdasarkan Perbedaan Tanggapan Alternatif lain untuk membentuk kelompok konsumen berdasarkan karakteristik deskriptif yaitu dengan mengidentifikasikan para pembeli dengan menggunakan tanggapan yang berbeda untuk membentuk segmen. Hal ini dapat dilakukan dengan Cluster Analysis (Analisis kelompok) atau Perceptual Maps (Peta Persepsi Konsumen) Lihat contoh.

10 Segmen Pasar Yang Menarik Microsegmentation (Segmentasi Mikro) Bentuk segmentasi yang menggunakan satu atau lebih variabel segmentasi. Hasilnya berupa segmen-segmen kecil yang memerlukan desain marketing mix yang berbeda Mass Customization (Penyeragaman produk secara masal) Menghasilkan produk yang seragam dalam jumlah banyak pada harga yang tidak terlalu tinggi. Hal ini dapat dicapai dengan mendesain perangkat lunak komputer dan pabrik, teknik pabrik yang fleksibel dan sistem penawaran yang fleksibel. Variety Seeking Strategy Strategi produk dengan memberi kesempatan konsumen untuk menentukan pilihannya dengan pilihan produk yang unik. Pembeli jika ditawarkan berbagai macam alternatif, maka akan meningkatkan pembelian totalnya pada merek tersebut.


Download ppt "SEGMENTASI PASAR (SEGMENTING MARKETS) Segmentasi Pasar : Adalah proses mengidentifikasi dan menganalisis kelompok pembeli di pasar produk dengan karakteristik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google