Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA. 1.1 Proses Pengembangan Multimedia Melibatkan fase-fase pengembangan dan langkah yang terlibat dalam setiap fase. Mulai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA. 1.1 Proses Pengembangan Multimedia Melibatkan fase-fase pengembangan dan langkah yang terlibat dalam setiap fase. Mulai."— Transcript presentasi:

1 PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA

2 1.1 Proses Pengembangan Multimedia Melibatkan fase-fase pengembangan dan langkah yang terlibat dalam setiap fase. Mulai dari perencanaan hingga instalasi aplikasi. Proses Pengembangan memiliki siklus hidup tertentu - membuat aplikasi selalu tersedia dan memenuhi kebutuhan saat. Langkah-langkah umum: Pra-ProduksiProduksi Pos Produksi

3 1.1 Proses Pengembangan Multimedia Model desain : Rajah 1.1: Model desain Instruksi Hannafin & Peck Rajah 1.2: Model ADDIE

4 1.2 Fasa Pengembangan Multimedia Fasa 1 Perancangan Fasa 2 Penghasilan Fasa 3 Pengujian Pernyataan Tujuan lokalisir pengguna Cara Implementasi Story Board Spesifikasi PengembanganKonsep Rajah 1.3: Fasa Pembangunan Multimedia Pengujian Isi Content/ Daftar Isi Authoring Langkah-langkah

5 1.3 Fasa 1: Perancangan Fasa 1 Perancangan Pernyataan Tujuan Lokalisir Pengguna Cara Implementasi Story Board Spesifikasi PengembanganKonsep Langkah-langkah Rajah 1.3: Fasa Pembangunan Multimedia

6 1.3 Fasa 1: Perancangan Pengembangan Konsep Konsep berbasis ide Harus sejalan dengan tujuan, kesauran, biaya produksi dan penyebaran proyek multimedia Proses menghasilkan sebuah ide adalah:  sesi brainstorming;  menggambar / mencoret pada kertas  cara formal seperti: daftar periksa beserta kriteria penilaian.

7 1.3 Fasa 1: Perancangan Pengembangan Konsep (smb) Ide digunakan untuk menetapkan visi Harus dinyatakan dengan jelas, dapat diukur dan memiliki sasaran yang dicapai. Perlu ada pedoman yang tersusun dan merencanakan dengan rasional meliputi:  keahlian, waktu, belanja, peralatan dan sumber yang ada pada saat itu. Rencanakan keseluruhan proses dimulai dengan ide pertama Anda dan berakhir dengan proyek yang telah siap untuk penyebaran.

8 1.3 Fasa 1: Perancangan Pernyataan Tujuan Menentukan tujuan & sasaran dengan detail Tujuan dan sasaran membantu menentukan arah proses Pengembangan aplikasi multimedia Dapat digunakan untuk menilai kesesuaian suatu aplikasi multimedia sewaktu dan setelah itu dikembangkan.  Tujuan adalah pernyataan yang luas tentang apa yang akan dicapai  Sasaran - suatu pernyataan yang lebih tepat & spesifik

9 1.3 Fasa 1: Perancangan Lokalisir Pengguna Sasaran Profil pengguna harus dipahami untuk memastikan aplikasi yang dihasilkan memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna Pengguna atau pemirsa dapat dijelaskan dengan banyak cara seperti menurut faktor demografis, juga gaya hidup dan perilaku seseorang. Pengembang perlu analisa profil pengguna dan menggunakan informasi tersebut untuk mengembangkan aplikasi yang berhasil memenuhi keinginan pengguna.

10 1.3 Fasa 1: Perancangan Penentuan Cara Implementasi Konsep; sasaran; target pengguna; menentukan gaya presentasi aplikasi. Komponen yang perlu ditentukan:  Ton  Pendekatan  Metafora  Penekanan

11 1.3 Fasa 1: Perancangan Penentuan Cara Implementasi (smb) Ton  Memilih ton yang sesuai dengan sasaran dan konsep aplikasi  Dipengaruhi oleh elemen-elemen media yang digunakan Pendekatan  Langkah atau instruksi yang disediakan kepada pengguna  Perlulah sesuai dengan konper dan target pengguna

12 1.3 Fasa 1: Perancangan Penentuan Cara Implementasi (smb) Metafora  Mengacu pada peta gambar istimewa - menggunakan gambar dalam konteks yang lebih berarti.  Informasi disembahkan dalam bentuk objek.  Sering digunakan pada antaramuka utama Penekanan  Penekanan dipertimbangkan ketika terjadi kengkangan waktu, keuangan, sumber dll.

13 1.3 Fasa 1: Perancangan Pengembangan Spesifikasi Spesifikasi mengacu kepada kepada:  spefikasi hardware dan software Tujuan:- memastikan aplikasi yang dikembangkan memenuhi sasaran dan memenuhi keinginan konsumen sasaran. Elemen dalam spesisfikasi ialah hardware untuk sistem Pengembangandan sistem penyebaran (sistem pemutaran), perangkat lunak, elemen yang akan dimasukkan, kebolehfungsian dan antarmuka pengguna.

14 1.3 Fasa 1: Perancangan Pengembangan Spesifikasi (smb) Elemen Spesifikasi: Peralatan Peralatan berkeupayaan tinggi yang mampu mendukung elemen multimedia Sistem Pembangunan Peralatan Pengembangan yang digunakan: Sistem Penyebaran & Sistem Authoring Sistem Penyebaran Digunakan oleh pengguna akhir utk memainkan aplikasi Elemen yang dimasukkan Spesifikasi lengkap bagi setiap elemen yang kita masukkan Kebolehanfungsian Bagaimana aplikasi bereaksi dengan pengguna Interface pengguna desain objek pasa layar dan berinteraksi dengan pengguna

15 1.3 Fasa 1: Perancangan Papan Cerita Storyboard mewakili:  apa yang kita lihat pada setiap layar dan  hubungan antara layar-layar tujuan  Membantu Pengembang merancang dan mengelola proses pembangunan.  Memungkinkan Pengembang menguji keseluruhan konsep secara tampilan visual.  Memfasilitasi komunikasi secara visual antara pengembang- pengguna

16 Daftar isi Authoring 1.4 Fasa 2: Penghasilan Rajah 1.3: Fasa Pembangunan Multimedia Fasa 2 Penghasilan

17 1.4 Fasa 2: Penghasilan Pengembangan Konten Isi adalah informasi atau bahan-bahan yang membentuk jantung sebuah proyek yang dikembangkan. Pengembangan materi melibatkan:  Proses pengumpulan,  Proses penerjemahan, dan  Proses modifikasi elemen-elemen yang digunakan di dalam aplikasi yang dikembangkan.

18 1.4 Fasa 2: Penghasilan Pemilihan media atau bahan yang akan digunakan-grafik, audio, video. Cara: Mendapatkan bahan luar; menggunakan koleksi sendiri; hasilkan yang baru atau upah pakar grafis Pengumpulan elemen-elemen multimedia bukan pekerjaan yang mudah, bahkan ia membutuhkan perencanaan yang rapi dan sistematis. Pengumpulan Elemen Mengubah format elemen ke format yang interaktif - Cth: Format analog ke Digital Tujuan Terjemahan: memastikan elemen dapat diterima oleh perangkat lunak Authoring Proses modifikasi: Proses manipulasi untuk memberikan efek menarik kepada elemen multimedia. (cth: penggunaan Adobe Photoshop) Terjemahan & Modifikasi Elemen Pengembangan Konten AKTIVITIAKTIVITI

19 1.4 Fasa 2: Penghasilan Authoring Dilakukan setelah Pengembangan spesifikasi dan papan cerita telah disempurnakan. Proses Authoring melibatkan pengintegrasian semua bahan media. Elemen interaktivitas dimasukkan pada tingkat ini. Elemen ini akan mengeratkan lagi hubungan antara aplikasi - pengguna

20 1.5 Fasa 3: Pengujian Menguji aplikasi yang telah siap dibangun untuk memastikan itu telah memenuhi tujuan pembangunan. Pengujian merupakan proses yang berkelanjutan dan dapat dimulai di tingkat Pengembangan konsep lagi. Memastikan aplikasi yg dikembangkan bebas dari bug, tepat, beroperasi, sesuai ketentuan waktu dan keinginan pelanggan Fasa 3 Pengujian

21 1.5 Fasa 3: Pengujian Proses Pengujian pengujian Alfa  Tes secara internal tanpa melibatkan orang luar.  Ini cuma untuk distribusi internal saja.  Versi produk untuk pengujian alfa biasanya merupakan draft kerja pertama proyek Anda. pengujian Beta  Pengujian dengan pengguna nyata  Tujuan: untuk mendapatkan umpan balik yang sebanyak mungkin dari pengguna potensial terhadap kinerja nyata aplikasi

22 1.6 Penyebaran Penyebaran adalah proses penyerahan aplikasi kepada pengguna. Aplikasi yang dikembangkan siap disebarkan dalam berbagai cara: Online, CD-ROM, DVD Format penyebaran berbeda menurut jenis penyebaran aplikasi yang dipilih. Format penyebaran yang berbeda memiliki teknik, keahlian, dan konten yang berbeda. Cth: Utk aplikasi elemen video sesuai menggunakan format penyebaran CD / DVD dari format online.

23 1.6 Penyebaran kegiatan Penyebaran Sistem penyebaran adalah media atau perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk penyebaran aplikasi multimedia. Ini mungkin CD-ROM, disket, DVD-ROM, Internet atau Intranet. Sistem Penyebaran Multimedia Melibatkan penyediaan file, penyimpanan, perangkat keras utk memungkinkan aplikasi diinstal pada lingkungan pengguna. Ada program yang berfungsi sebagai rutin instalasi yang memungkinkan aplikasi dijalankan secara otomatis pada komputer pengguna. Cth: Installer Vise; InstallerMaker Penyediaan dokumentasi dan manual pengguna juga diperlukan. Penyediaan jasa layanan pelanggan dan dukungan teknis Persiapan untuk Penyebaran

24 Rumusan Proses Pengembangan aplikasi multimedia adalah rumit, mahal dan memakan waktu yang lama. Jadi, pastikan proses perencanaan sangat penting dan dirujuk di sepanjang proses pengembangan. Menetapkan Proses Pengembangan Multimedia: 80% perencanaan dan 20% produksi. 2 langkah utama yang fokus terhadap produksi / pengembangan: Pengembangan Konten & Authoring. Proses Pengembangan yang rapi merupakan faktor keberhasilan suatu proyek.


Download ppt "PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA. 1.1 Proses Pengembangan Multimedia Melibatkan fase-fase pengembangan dan langkah yang terlibat dalam setiap fase. Mulai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google