Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 5. BENTUK CITIZEN JOURNALISM ( Steve Outing  The 11 Layers of Citizen Journalism)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 5. BENTUK CITIZEN JOURNALISM ( Steve Outing  The 11 Layers of Citizen Journalism)"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 5

2 BENTUK CITIZEN JOURNALISM ( Steve Outing  The 11 Layers of Citizen Journalism)

3 Opening Up to Public Comment Komentar-komentar publik (pembaca) atas berita-berita yang dimuat oleh portal-portal berita. Pengelola portal berita mengizinkan pembaca untuk memberikan respons. Respons: Bisa berupa kritik, pujian atau tambahan informasi.

4 Open Source Reporting Bentuk kolaborasi liputan dengan sumber terbuka. Jurnalis profesional bekerja sama dengan pembaca yang memiliki pengetahuan tentang suatu masalah yang sedang terjadi, sehingga bisa melengkapi informasi yang diberitakan. Naskah berita tetap ditulis oleh jurnalis profesional.

5 The Citizen Add-On Reporter Pendapat warga (tambahan) Melengkapi berita yang ditulis wartawan profesional. Warga diminta menuliskan pengalamannya yang berkaitan dengan berita tersebut.

6 The Citizen Bloghouse Blog yang dikelola anggota masyarakat. Isinya bisa bermacam-macam, ada pengalaman pribadi, perjalanan, tips, kritik, cerita motivasi, dan gagasan-gagasan. Sang pemilik menulis info-info seperti itu dengan harapan blognya dikunjungi banyak orang.

7 Newsroom Citizen Transparency Blogs Blog yang dimiliki oleh sebuah organisasi media sebagai bentuk transparansi dan sarana komunikasi dengan pembacanya. Pengunjung blog atau pembaca diberi kesempatan oleh pengelola blog media untuk menyampaikan keluhan, kritik atau pujian terhadap apa yang ditampilkan organisasi media.

8 The Stand Alone Citizen Journalism Site Edited Version Informasi dari warga yang telah dikemas menjadi berita dan dimuat di media massa. Melalui proses penyuntingan tanpa mengurangi makna aslinya. Orang yang melakukan aktivitas citizen journalism seperti ini popular dengan sebutan kontributor atau penulis freelance.

9 The Stand Alone Citizen Journalism Site: Unedited Version Produk berita yang ditulis oleh warga dan dimuat pada sebuah situs tanpa melalui proses penyuntingan. Berita atau tulisan yang dikirim warga langsung muncul seketika di halaman situs.

10 Add a Print Edition Aktivitas citizen journalism  gabungan antara The stand-alone citizen journalism site dan edisi cetak.

11 The Hybrid: Pro + Citizen Journalism Penggabungan jurnalis profesional dengan penggiat citizen journalism. Berita yang ditulis jurnalis profesional diperlakukan sama dengan berita dari jurnalis warga.

12 Integrating Citizen and Pro Journalism Under One Roof Penggabungan jurnalisme profesional dengan jurnalisme warga di bawah satu atap. Media massa yang memuat berita dari wartawan profesional dan menerima pula tulisan dari penggiat citizen journalism.

13 Wiki Journalism: Where the Readers are Editors “Jurnalisme” ala Wikipedia yang dikembangkan situs Wikipedia. Memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk memberikan informasi baru, atau melengkapi informasi yang sudah ada. Pembaca diberi keleluasaan untuk menyunting berita/tulisan yang sudah dimuat.

14 SELESAI


Download ppt "Pertemuan 5. BENTUK CITIZEN JOURNALISM ( Steve Outing  The 11 Layers of Citizen Journalism)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google